July 11, 2017

Pilihan Warna Melimpah, Sharp FS8016 Punya Punuk Kamera Ganda ala iPhone 8

Penulis: Iwan RS
Pilihan Warna Melimpah, Sharp FS8016 Punya Punuk Kamera Ganda ala iPhone 8  

MOBITEKNO – Terlepas dari hadir-tidaknya di Indonesia, Sharp dikabarkan akan merilis smartphone tanpa bezel (bezel-less) yang mulai tren akhir-akhir ini. Perusahaan Jepang yang lebih dikenal dengan produk elektronik dan rumah tangganya ini  siap menghadirkan dua model baru smartphone bezel-less sekaligus, yakni FS8016 dan FS8010.

Baca juga: "Sharp Segera Luncurkan Dua Smartphone Tanpa Bezel"

Kedua model dijadwalkan akan hadir pada 17 Juli 2017. Berdsarkan foto yang beredar, salah satu atau kedua model akan tersedia dalam delapan pilihan warna, yaitu merah (red), putih (white), biru tua (dark blue), biru muda (light blue), hijau muda (light green), merah muda (pink), ungu (purple), dan hitam (black).

Selain opsi warna yang melimpah, pada foto terlihat (kemungkin model FS8016) jika kamera ganda di sisi belakang akan memiliki orientasi vertikal layaknya rumor kamera ganda pada iPhone mendatang (iPhone 8). Selain sensor kamera yang mungkin berbeda, perbedaannya dengan iPhone 8 terdapat pada letak LED flash-nya.

""

Bocoran render foto iPhone yang beredar selama ini menunjukkan posisi LED flash berada diantara lensa kamera, sedangkan posis LED flash Sharp FS8016 berada di bawah lensa ganda. Untuk kamera utama (kamera ganda) disematkan sensor 12 MP. Sejauh ini, belum dikatahui konfigurasi kamera gandanya secara detail. Sedangkan kamera depan (selfie) akan menggunakan sensor 8 MP.

Foto juga menunjukkan tidak adanya sensor sidik jari (fingerprint scanner) di sisi belakang yang berarti Sharp FS8016/FS8010 kemungkinan mengimplan sensor sidik jari di sisi depan alias di bawah layar (in-display fingerprint sensor) atau malah tidak menggunakan sensor sidik jari sama sekali (menggantinya dengan sensor biometric recognition lainnya).

Selain menggunakan port USB terbaru (USB Type-C) di antara kedua speaker stereonya, baik Sharp FS8016 dan FS8010 akan mengusung spesifikasi smartphone kelas menengah (mid-range). Masing-masing diperkuat prosesor Snapdragon 660 (FS8016) dan Snapadragon 630 (FS8010). Adapun smartphone yang bakal mengusung Android 7.1.1 ini akan memiliki kapasitas RAM dalam dua pilihan, yaitu 4 GB dan 6 GB.

Tren layar jenjang atau langsing (seperti Galaxy S8 atau LG G6) juga diadopsi oleh layar 5,5 incinya yang memiliki resolusi 2048 x 1080 pixel. Dengan AR (aspect ratio) sekitar 17:9 ini, berarti layar Sharp FS8016/FS8010 masih sedikit kalah 'langsing' dari layar Galaxy S8/S8 Plus (18,5:9) atau LG G6 (18:9).

Mengingat smartphone flagship Sharp yang sudah diumumkan sebelumnya (Aquao R) juga menggunakan panel layar HDR IGZO, perlu dinantikan apakah keduanya juga akan mengunakan jenis layar dengan teknologi yang sama.

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS