June 11, 2017

40 Tahun Toyota Kijang: Jadi Salah satu Ekspor Andalan Toyota ke Pasar Global

Penulis: Desmal Andi
40 Tahun Toyota Kijang: Jadi Salah satu Ekspor Andalan Toyota ke Pasar Global  

MOBITEKNO –  Siapa yang tidak kenal Toyota Kijang? Kendaraan ini turut menjadi saksi sejarah perkembangan indusstri otomotif di Indonesia. Sejak kellahiran pertamakalinya pada tahun 1977, Toyota Kijang terus berkembang menjadi brand lokal terbaik di segmen MPV industri otomotif Indonesia. Bahkan, Toyota Kijang mampu menjadi produk ekspor andalan Toyota untuk masuk ke pasar internasional.

Dari tahun 1977, Toyota Kijang sudah mampu mencapai angka penjualan lebih dari 1.750.000 unit dan sampai saat ini merupakan angka penjualan tertinggi untuk segmen MPV Indonesia. Kijang juga menjadi model pertama Toyota yang memasuki pasar global pada tahun 1987.

Kehadiran Toyota Kijang tidak terlepas dari respon Toyota terhadap kebijakan pemerintah Indonesia dalam mengembangkan industri nasional melalui pengembangan alat angkut serba guna di pertengahan 1970-an. Menindaklanjuti kebijakan pemerintah tersebut, Toyota Indonesia merancang kendaraan yang sesuai dengan karakter spesifik pasar, serta kondisi geografis Indonesia dengan melahirkan generasi pertama Toyota Kijang dalam konsep Basic Utility Vehicle (BUV) yang diluncurkan pada Juni 1977.

“Kami bersyukur bahwa sejak diperkenalkan, Kijang memang telah berhasil membuka segmen baru di pasar otomotif Indonesia, khususnya MPV. Terima kasih atas kepercayaan pasar Indonesia terhadap kehadiran Toyota Kijang yang juga telah mendorong pesatnya perkembangan segmen MPV di Indonesia hingga saat ini,'  kata President Director, PT Toyota-Astra Motor, Yoshihiro Nakata.

Sejak pasar MPV  berkembang pesat di era 1990-an, segmen ini menjadi ceruk pasar yang paling dinamis. Tidak kurang dari 80 model MPV yang pernah masuk ke segmen MPV, dan sampai saat ini hanya 20 model yang bisa terus berlanjut, termasuk Toyota Kijang.

Kemampuan Toyota Kijang menghadapi pasar yang kian dinamis itu, tidak terlepas dari konsep pengembangannya yang selalu mengacu pada perkembangan dinamika kebutuhan dan ekspektasi masyarakat Indonesia terhadap kendaraan keluarga. Ini merupakan karakter kuat Toyota Kijang yang membuat mobil tersebut tidak pernah bisa meninggalkan posisinya sebagai market  leader.

Kini, keberhasilan Toyota Kijang yang kemudian diikuti Toyota Avanza dan Toyota Calya telah menempatkan Toyota sebagai market leader di segmen MPV dan sekaligus berkontribusi besar terhadap ekspor otomotif nasional. Prestasi ini juga telah menempatkan Toyota Indonesia sebagai empat besar dalam tataran penjualan Toyota Global setelah Jepang, Amerika Serikat, dan China.

 

Tags: , , ,


COMMENTS