May 11, 2017

Gandeng PT BAK, F-Secure Hadirkan Teknologi untuk Hadang Serangan Ransomware

Penulis: Karyo
Gandeng PT BAK, F-Secure Hadirkan Teknologi untuk Hadang Serangan Ransomware  

MOBITEKNO – Indonesia  menjadi satu-satunya negara  yang menjadi target  utama dari serangan kejahatan Cyber di dunia. Data yang dirilis oleh Menkominfo sendiri menunjukan bahwa  dalam kurun waktu tiga tahun terakhir setidaknya telah terjadi  36 juta kali serangan cyber  yang ditujukan ke Indonesia. 

Sementara itu laporan dari State of Cyber Security Report 2017 yang dirilis oleh F-Secure, salah satu vendor security di dunia asal Finlandia ini menyebutkan bahwa Ransomware kini menjadi ancaman malware paling serius bagi korporasi. Terlebih lagi pertumbuhan dan  jumlah ransomeware  kian hari semakin menggila.  Pada tahun lalu saja keluarga dari Ransomware ini meningkat dari hanya 1 di 2012 menjadi 193 keluarga Ransomware di 2016, dan akan terus bertambah pada tahun  berikutnya.

Berbagai kerugianpun telah ditimbulkan akibat dari serangan cyber khususnya kategori Ransomware tersebut. Baik kerugian secara materi ( bernilai ekonomi ) maupun kerugian yang bersifat non ekonomi.

"Kerugian akibat ransomware cukup besar. Kami mencatat kerugian yang timbul akibat ransomware bisa mencapai 1,5 bitcoin dalam setiap serangannya," ujar Managing Director PT PT Bintang Anugrah Kencana (PT BAK), Eko Widianto, saat penadatangan kerjasama F-Secure dan PT BAK  yang  ditunjuk sebagai distributor F-Secure di Indonesia, di Jakarta, Selasa (09/05/2017)

Atas dasar itulah, F-Secure, perusahaan anti virus, konten cloud dan security  yang berbasis di Helsingki ini,  akhirnya melirik Indonesia sebagai pasar potensial untuk berbagai produknya. Untuk memasarkan produknya di Indonesia, Fe-Secure menggandeng mitra bisnisnya PT. BAK.

Dengan pengalaman lebih dari 28 tahun, F-Secure sebagai penyedia layanan security global terkemuka di dunia yang telah hadir dengan lebih dari 25 negara  di seluruh dunia dan memiliki puluhan juta pelanggan individu serta 100.000 pelanggan korporat yang tersebar di berbagai negara ini F-Secure berkomitmen untuk selalu hadir terdepan dengan solusi keamanan yang handal dalam menghadapi berbagai serangan cyber, khususnya Ransomeware.

Melalui kemitraannya dengan PT BAK, F-Secure berharap dapat melawan kejahatan cyber yang sedang terjadi di Indonesia, yang menjadi target utama para hacker terbut.  Dengan melalui penyediaan solusi terbaik dan produk yang tepat dan terintegrasi serta ditunjang oleh dukungan terbaik PT BAK diharapkan dapat mendukung F-Secure dalam melindungi aset bisnis para mitra secara efektif di cloud  dan ekosistem fisiknya.  Salah satu produk yang akan F-Secure pasarkan bersama PT BAK  adalah produk  solusi Entire Endpoint Protection ( EPP).

“Dengan kerjasama strategis ini kami berharap dapat menjadi solusi security utama bagi sistem komputasi berbagai korporasi dan UKM di seluruh wilayah  Indonesia melalui jaringan distribusi yang dimiliki oleh PT BAK. Kami akan berupaya menjadi solusi terdepan sistem komputasi di Indonesia,” ujar Yong Meng Hong, F-Secure Country Manager for Southeast Asia, di Jakarta, saat penadatangan kerjasama tersebut.

Sementara itu menurut Eko, sebagai reliable partner, melalui kerjasama dengan F-Secure tersebut pihaknya berkomitmen untuk melindungi segala aset bisnis mitra F-Secure dan menjadikan produk-produk F-Secure sebagai yang terdepan dalam solusi TI di Indonesia.

PT BAK, menurut Eko, akan berfokus menyasar kliennya pada sektor-sektor pemerintahan dan sektor pendidikan, meski demikian  PT BAK tidak melupakan sektor korporasi dan bisnis.

Tags: , , ,


COMMENTS