May 11, 2017

Ciptakan Tenaga TIK yang Handal, APKOMINDO Hadirkan Program AXC

Penulis: Eko Lannueardy
Ciptakan Tenaga TIK yang Handal, APKOMINDO Hadirkan Program AXC  

MOBITEKNO – Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah menjalar ke berbagai bidang. Hampir disemua lini usaha dan industri telah memanfaatkan TIK dalam menjalankan usahanya. 

Penggunaan TIK ini juga mampu menumbuhkan perekonomian bangsa. Sayangnya pertumbuhan ekonomi digital ini tidak dibarengi dengan ketersediaan SDM bidang TIK yang handal.

Untuk memenuhi kebutuhan akan SDM TIK yang mumpuni, Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO) menjalankan satu program yang diberi nama APKOMINDO EXCELLENT CENTER (AXC).

Program AXC merupakan kontribusi nyata terhadap peningkatan kapasitas masyarakat agar semua orang dapat meningkatkan mutu kehidupannya melalui pemanfaatan TIK yang baik dan terarah.

Peluncuran program ini juga dihadiri langsung Hidayat Tjokrodjojo, Ketua Yayasan APKOMINDO, Septriana Tangkary, Direktur Pemberdayaan Informatika, seluruh pengurus APKOMINDO, para guru SMK, Relawan TIK serta berbagai komunitas TIK dari Jabodetabek.

Dalam paparannya, Septriana Tangkary menekankan pentingnya pembelajaran TIK bagi siswa sekolah. Selain itu, ia juga mengingatkan agar tidak terpengaruh dengan berita-berita hoax, apalagi sampai ikut menyebarkannya. 

"Maraknya kejahatan siber juga dikarenakan minimnya pengetahuan akan TIK, sehingga tanpa disadari kita sering memposting data pribadi ke media sosial," ungkap Septriana.

Adapun aktivitas awal yang dilakukan pada program AXC ini dalam waktu dekat adalah menyelenggarakan pelatihan bagi 60 guru SMP dari Kota Depok dan sekitarnya dengan tema Membangun Infrastruktur E-Learning di Sekolah pada tanggal 9 hingga 18 Mei 2017. 

Program pelatihan akan diisi dengan pengenalan dan pembuatan konten e-learning bagi guru mata pelajaran non TIK serta Pelatihan Pembangunan dan Optimalisasi infrastruktur e-learning di Sekolah bagi guru yang bertanggung jawab di bidang TIK dan sarana pendidikan.

Program regular yang disusun rencananya akan bergulir dilaksanakan dan dipublikasikan pada Juli 2017, setelah perayaan Idul Fitri tahun ini. 

Saat ini program AXC selain dilaksanakan di Jakarta juga parallel dilaksanakan di Bogor dengan target peserta siswa dan siswi pilihan lulusan tahun ini untuk dimantapkan kompetensinya sebelum masuk ke dunia kerja sesungguhnya.

Dengan program-program kerja yang telah disusun, APKOMINDO berharap nantinya SDM TIK memiliki kompetensi untuk membantu terwujudnya pemerataan teknologi diseluruh wilayah.

 

Tags: , , ,


COMMENTS