July 10, 2017

Libur Lebaran, XL Sukses Jaga Jaringan yang Dikelolanya

Penulis: Eko Lannueardy
Libur Lebaran, XL Sukses Jaga Jaringan yang Dikelolanya  

MOBITEKNO – Sesuai prediksi, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat kenaikan trafik layanan data di hari Lebaran Idul Fitri 2017 lalu. Dalam periode 20 hingga 27 Juni 2017 atau H-5 hingga H+2 Lebaran, tercatat terjadi kenaikan trafik layanan data hingga 15% dibandingkan hari-hari biasa, serta meningkat 218% dibandingkan trafik di periode yang sama tahun lalu. 

Kenaikan ini didorong dengan meningkatnya aktivitas akses ke layanan data oleh pelanggan dibandingkan hari-hari biasa, serta sebagai dampak positif dari perluasan layanan 4G LTE dan 3G U900 di berbagai daerah di Indonesia. Meski terjadi kenaikan trafik, jaringan XL Axiata sukses melayani pelanggan, tanpa hambatan yang berarti.

"XL Axiata sukses menjaga performa jaringan yang dimilikinya guna melayani kebutuhan pelanggan selama libur Lebaran. Hampir tidak ada gangguan yang berarti terjadi di jaringan kami untuk semua jenis layanan, baik data, SMS, juga voice, meski terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan," ucap Yessie D. Yosetya, Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata.

Lebih jauh, Yessie juga menjelaskan bahwa layanan data kembali mendominasi kenaikan trafik, di mana pelanggan secara lebih aktif mengkases berbagai jenis layanan data, terutama media sosial (medsos) berbagai platform. Kenaikan trafik data di periode Lebaran juga terjadi sesuai dengan trend, yakni berkomunikasi dan berkirim pesan, baik dalam format text, voice, maupun video call.

Tidak mengherankan jika kenaikan trafik data di jaringan XL Axiata juga sangat dominan, menggantikan layanan-layanan telekomunikasi tradisional lainnya. Tercatat, trafik data selama periode H-5 hingga H+2 totalnya mencapai lebih dari 4020 TB, atau meningkat dari rata-rata trafik data di hari-hari biasa, yakni hanya sebesar 3.600 TB.

Trafik akses ke Facebook tertinggi meningkat lebih dari 50%, Instagram lebih dari 20%, serta YouTube lebih dari 17%. Kenaikan dipicu oleh kebutuhan pelanggan untuk berbagi informasi dan pengalaman menjalani aktivitas seputar merayakan Lebaran. Sementara itu, kenaikan trafik juga terjadi pada akses ke layanan Google seperti Google Map yang mencapai 135%.

Aplikasi lainnya yang ikut terdongkrak dengan meningkatnya akses data milik XL Axiata adalah instant messaging. Tercatat, WhatsApp, FB Menssenger dan LINE mencapai lebih dari 46,5%. Ini sekaligus menunjukkan perubahan kebiasaan konsumen yang sebelumnya lebih banyak menggunakan layanan berkirim pesan konvensional alias SMS.

Hal yang sama juga terjadi pada layanan berbasis VoIP Call, seperti WhatsApp Call, BBM, Facebook VoIP dan Skype. Kenaikannya menyentuh angka hingga 9% dan ini menjadi sarana yang bagi konsumen XL Axiata untuk menggantikan layanan voice tradisional atau telepon biasa. 

"Kualitas akses data melalui jaringan 4G-LTE yang kami miliki juga terbukti ikut meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam mengakses banyak aplikasi yang dimiliki, termasuk konten-konten berukuran besar, seperti video dan juga foto-foto dengan resolusi tinggi. Peningkatannya sekitar 6%. Sedangkan untuk akses video call meningkat sekitar 9%," tambah Yessie.

XL Axiata juga mencatat terjadinya pergerakan pelanggan di mana jumlah pelanggan di wilayah Jabodetabek menurun, sedangkan trafik di wilayah Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur meningkat. Hal ini sesuai dengan pergerakan warga Jabodetabek yang melakukan perjalanan pulang kampung. 

Saat hari H Lebaran (25 Juni 2017), jumlah pelanggan di Jabodetabek menurun sebesar 23%. Sebaliknya di beberapa wilayah yang menjadi tujuan mudik utama mengalami peningkatan jumlah pelanggan, seperti di Jawa Barat meningkat 13,5%, Jawa Tengah dan Yogyakarta 22%, serta Jawa Timur 10,5%. 

Kenyamanan pelanggan atas layanan XL Axiata di hari Lebaran juga tercermin dari menurunnya tingkat keluhan pelanggan yang masuk melalui customer service dibandingkan rata-rata keluhan yang masuk di hari biasa. Penurunannya cukup signifikan, yaitu mencapai sekitar 22%, bahkan juga lebih rendah dibandingkan keluhan di hari Lebaran tahun sebelumnya, yaitu sekitar 3% lebih rendah.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS