April 10, 2017

Review GP Portable PowerBank 3C20A: Powerbank Jumbo dari Pemain Ternama

Penulis: Maulana
Review GP Portable PowerBank 3C20A: Powerbank Jumbo dari Pemain Ternama  

MOBITEKNO – Powerbank berkapasitas besar sebenarnya sudah bisa ditemukan dengan begitu mudah di pasaran. Namun powerbank 20.000 mAh ini nampak memiliki keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan berbagai produk serupa yang sudah hadir di Indonesia. Bagaimana tidak, merk GP yang selama ini sudah dikenal sebagai produsen baterai rechargable konvensional akhirnya ikut ambil andil dalam meramaikan pasar powerbank di Indonesia.

Salah satu produk powerbank milik GP yang kini sudah hadir di tanah air adalah Portable PowerBank 3C20A. Mengandalkan baterai berjenis lithium-ion berkapasitas 20.000 mAh membuat bodinya bongsor dan bobotnya cukup berat.

Apakah kapasitas baterai besar yang dimilikinya bisa digunakan untuk mengisi baterai gadget berkali-kali Fitur apalagi yang menarik dari powerbank yang satu ini. Berikut review GP Portable PowerBank 3C20A selengkapnya!

Kelengkapan

Pada paket penjualannya, GP juga menyertakan dokumentasi yang terbilang cukup lengkap seperti user manual. Ini bisa membantu pengguna untuk dapat memanfaatkan seluruh fiturnya dengan optimal serta mengoperasikannya dengan baik dan benar, meskipun pada umumnya pengguna sudah mengerti bagaimana menggunakan powerbank.

Berikut paket penjualan GP Portable PowerBank 3C20A selengkapnya.

  • Unit GP Portable PowerBank 3C20A
  • Kabel microUSB
  • Instruction Manual
  • Warranty Card

Desain

GP Portable PowerBank 3C20A datang dengan bodi berbentuk persegi panjang. Dikarenakan memiliki kapasitas baterai 20.000 mAh, powerbank ini datang dengan bodi yang cukup tebal, yakni 22 mm dengan bobot 356 gram. Secara keseluruhan, GP Portable PowerBank 3C20A sendiri memiliki dimensi 146 x 74 mm.

Untuk melindungi lapisan luarnya, powerbank ini dibalut material plastik tebal dengan finishing semi doff. Sayangnya cat tersebut membuat bodinya sedikit mudah kotor dan menyeplak sidik jari. Catnya pun bisa mengelupas jika sering bergesekan dengan benda lainnya saat diletakkan di dalam tas.

Untuk mengalirkan arus dari powerbank ke perangkat lainnya, sisi depan GP Portable PowerBank 3C20A dibekali dengan dua buah port USB. Masing-masing port USB tersebut bisa mengalirkan arus 1 Ampere dan 2,1 Ampere sehingga total output arus dari powerbank ini adalah 3,1 Ampere. Keduanya sendiri bisa mengalirkan arus secara bersamaan sehingga Anda bisa melakukan pengisian baterai pada dua perangkat sekaligus.

Selain mempunyai dua buah port USB, ada juga port microUSB pada sisi depannya. Seperti powerbank pada umumnya, port ini difungsikan sebagai port input untuk melakukan pengisian baterai dari charger ke powerbank. Agar bisa terisi penuh dengan cepat, GP sengaja merancang port tersebut untuk bisa menerima arus sebanyak 2 Ampere.

Tak ketinggalan, tombol power beserta empat buah lampu LED juga tersedia pada sisi atasnya. Lampu tersebut difungsikan sebagai indikator dari sisa kapasitas baterai yang tersedia. Untuk melihat sisa baterai, Anda cukup menekan tombol power, setelah itu lampu LED pun akan menyala.

Hasil Pengujian

Pengujian dilakukan dengan cara menggunakan sebuah iPad Mini generasi pertama (A1455) yang memiliki kapasitas baterai 4.490 mAh dan layar 7,9 inci dengan resolusi 1.024 x 786. Pengujian dilakukan dengan kondisi iPad sedang idle, tak disisipi kartu SIM namun koneksi Wi-Fi masih aktif.

Ketika baterai powerbank masih penuh, GP Portable PowerBank 3C20A mampu mengisi baterai iPad Mini hingga penuh dari 0 persen ke 100 persen. Berkat memanfaatkan port output 2,1 Ampere, waktu pengisian bisa dilakukan kurang lebih selama 2 jam setengah. Setelah itu, baterai powerbank masih tersisa sekitar 75 persen. Ini terlihat dari indikatornya yang menyala 3 dari 4 lampu.

Sebelum diisi kembali dengan powerbank, baterai iPad Mini pun dikuras terlebih dahulu baterainya dengan cara memutar video beresolusi 4K secara berulang-ulang hingga baterai habis.

Setelah baterai benar-benar habis, perangkat tersebut kembali dicas dengan powerbank melalui port output 2,1 Ampere. Dengan kapasitas 20.000 mAh dan sisa sekitar 75 persen, GP Portable PowerBank 3C20A masih bisa mengisi baterai iPad Mini hingga penuh dari 0 persen sampai 100 persen. Sementara baterai powerbank kini kurang lebih tinggal 50 persen sehingga lampu indikator yang menyala hanya 2 dari 4.

Pengisian ketiga pun dilakukan kembali setelah menguras baterai iPad Mini. Kali ini, powerbank tak mampu mengisi baterainya hingga penuh. Dari 0 persen, baterai hanya terisi sampai sekitar 95 persen. Ini menandakan bahwa kurang lebih GP Portable PowerBank 3C20A bisa mengisi baterai iPad Mini sekitar 2,8 kali.

Selama pengujian dilakukan, Mobitekno juga sengaja menyisipkan sebuah powermeter sebagai perantara dari powerbank dan iPad Mini. Ini dilakukan untuk mengukur berapa arus dan voltase yang dialirkan selama pengisian baterai berlangsung. Hasilnya, melalui port output 2,1 Ampere, GP Portable PowerBank 3C20A bisa mengalirkan arus sebanyak 1,32 Ampere dengan voltase 5 Volt.

Spesifikasi

Jenis baterai  Lithium-ion
Kapasitas baterai  20.000 mAh
Arus input  2 Ampere
Tegangan input  5 Volt
Arus output  1 Ampere + 1 Ampere
Tegangan output  5 Volt
Jumlah port input  1
Jumlah port output  2
Dimensi  146 x 74 x 22 mm
Berat  356 gram
Waktu pengisian baterai +/- 11 Jam

Kesimpulan

Setelah lama tak terdengar, GP mampu menghadirkan produk powerbank berkapasitas besar yang cukup impresif. Walaupun dari sisi desain biasa-biasa saja, Portable PowerBank 3C20A bisa mengisi baterai baterai gadget dengan cukup cepat.

Ketika diuji dengan cara mengisi baterai iPad Mini generasi pertama (A1455) yang memiliki kapasitas baterai 4.490 mAh, melalui port output 2,1 Ampere pada powerbank, GP Portable PowerBank 3C20A bisa melakukan pengisian hingga 2,8 kali. Dikarenakan tak memiliki teknologi pengisian baterai cepat, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian dari 0 hingga 100 persen terbilang cukup baik, yakni 2 setengah jam.

Di sisi lain, beberapa proteksi yang dimilikinya mampu melindungi perangkat agar tetap aman dari panas yang berlebihan (overheat) dan hubungan arus pendek. Dengan begitu, umur baterai pun bisa lebih awet.

Tags: , , ,


COMMENTS