March 10, 2017

Ingin Interaksi Lebih Humanis? Ini Caranya Hadirkan Fitur Google Assistant pada Huawei P9

Penulis: Iwan RS
Ingin Interaksi Lebih Humanis? Ini Caranya Hadirkan Fitur Google Assistant pada Huawei P9  

MOBITEKNO – Google Assistant hadir sebagai asisten digital smartphone Android yang menawarkan 'level kecerdasan' yang lebih tinggi dari asisten digital yang sebelumnya hadir, yaitu Google Now.

Berbeda dari Apple (dengan Siri) atau Microsoft (dengan Cortana) yang hanya memiliki masing-masing satu asisten digital, platform Android sejauh ini menyediakan dua perwujudan asisten digital, yaitu Google Now dan Google Assistant.

Apabila Google Now sudah eksis pada berbagai perangkat Android dan iOS, Google Assistant yang hadir belakangan baru diintegrasikan pada aplikasi messaging Google Allo dan perangkat Google, seperti Google Home (smart speaker) dan smartphone Pixel/Pixel XL.

Dalam perjalanan, Google terus menyempurnakan level kecerdasan Google Assistant hingga akhirnya mulai diproyeksikan sebagai suksesor Google Now pada berbagai smartphone Android, termasuk juga nantinya smartphone dual camera Huawei P9.

Selain perangkat Google Home dan Pixel, Google Assistant terbaru juga diperuntukkan untuk smartphone yang sudah menjalankan sistem operasi Android 7.x.x Nougat dan Android 6.x.x Marshmallow.

Hingga kini belum diketahui pasti, apakah Google Assistant juga akan tersedia untuk Android versi sebelumnya (Android 5.x Lollipop atau bahkan Android 4.x.x KitKat). Selain syarat tadi, masih ada satu syarat lain, yaitu dukungan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan Google Assistant.

Hingga kini, Google Assistant bukan hanya mendukung bahasa standar Inggris, tapi juga bahasa lainnya, yakni Jerman, Hindi, Jepang, dan Portugis. Namun, perbedan 

Google sudah mulai menggulirkan Google Assistant untuk berbagai perangkat/smartphone Android dalam beberapa tahapan. Itu artinya, tidak semua pengguna Huawei P9 akan kebagian jatah update Google Assistant secara serentak. Faktor seperti negara pengguna berada atau jenis firmware juga turut mempengaruhi jadwal kehadiran Google Assistant di Huawei P9.

Namun, bagi Anda pengguna Huawei P9 yang tidak sabar ingin berinteraksi dengan asisten digital cerdas yang didukung mesin pelacak Google tidak perlu khawatir. Pasalnya, Anda masih bisa mensiasatinya dengan trik sederhana berikut ini. 

1. Meng-install Google Play services terbaru
Langkah pertama untuk dapat meng-install Google Assistant pada Huawei P9 adalah meng-install Google Play services versi terbaru. Komponen penting dari Android ini menyediakan fungsi-fungsi utama (core functionality), seperti sistem authentication untuk Google services.

2. Meng-install browser Google terbaru
Browser menjadi bagian penting lainnya dari Android yang berkaitan erat dengan search engine Google. Adapun search engine terbaru diperlukan langsung oleh Google Assistant agar bisa bekerja secara optimal. Oleh karena itu, lakukan update browser (stock browser dan Chrome) yang terpasang pada Huawei P9. Tunjukkan jika smartphone  Anda pun sudah menggunakan berbagai aplikasi dan service yang bernafaskan Google.

3. Mengganti standar bahasa (default language) pada sistem Android ke Inggris
Google akan menghadirkan Google Assistant secara bertahap. Agar lebih pasti mendapatkan jatah update di awal, pastikan agar sistem Android pada Huawei 9 sudah diset menggunakan bahasa Inggris.

Apabila ketiga tahap di atas sudah dilakukan tapi sistem Android Huawei P9 masih belum mengindikasikan akan meng-install Google Assistant, periksa dengan langkah berikut ini. Dari bagian Settings, buka "Apps | Google App" dan pilih opsi "Clear Cache and Data". Setelah proses reboot selesai dilakukan, sistem Huawei P9 akan segera menampilkan update Googel Assistant.

(ADV)

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS