January 10, 2017

Tahun 2017 Ini Canon Rayakan 30 Tahun EOS System

Penulis: Desmal Andi
Tahun 2017 Ini Canon Rayakan 30 Tahun EOS System  

MOBITEKNO – Pada bulan Maret 2017 ini, tepat 30 tahun EOS System hadir meramaikan dunia fotografi dunia. EOS System dari Canon memulai debutnya pada Maret 1987 dengan diluncurkannya kamera single-lens reflex (SLR) EOS 650 dan lensa EF 35-70mm f/3.5-4.5, EF35-105mm f/3.5-4.5 dan EF50mm f/1.8.

EOS sendiri merupakan singkatan dari “Electro Optical System” yang mana dalam mitologi Yunani merupakan Dewi Fajar. EOS System menjadi teknologi pertama di dunia yang secara penuh menggunakan sistem dudukan (mounting) elektrik, menghadirkan generasi terbaru dari kamera SLR dengan Auto Focus (AF).

Selama 30 tahun  perjalanan EOS System, Canon terus mengembangkan teknologi yang mendukung sistem ini, seperti sensor CMOS, prosesor gambar dan lensa lepas-tukar. Bahkan, pada September 2003, Canon berhasil menghadirkan kamera DSLR entry level pertama melalui EOS 300D. Di beberapa negara, kamera ini juga dikenal dengan EOS Kiss Digital atau EOS Digital Rebel.

“Teknologi pencitraan terus berkembang. Canon menjadi pionir sekaligus pemimpin pasar dengan hadirnya EOS System ini. Kepercayaan pelanggan, termasuk di Indonesia, membuktikan kualitas kamera Canon EOS dengan lensa EF-nya menjadi pilihan utama para pecinta fotografi dan videografi, dari kelas pemula hingga profesional,” ujar Merry Harun, Canon Division Director PT Datasrip dalam rilisnya. “Canon akan terus mengembangkan teknologi dengan EOS System-nya dan menghadirkan produk-produk berkualitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam,” tambah Merry.

Guna memperluas dan menembus batasan kreativitas  fotografi,Canon terus menyempurnakan teknologi pencitraan dan mengembangkan EOS System secara konsisten. Tahun 2008, Canon merilis EOS 5D Mark II, kamera DSLR pertama di dunia yang dilengkapi dengan fungsi video Full HD, adopsi kamera DSLR sebagai alat untuk merekam video secara profesional. Tahun 2012, teknologi video diubah untuk lingkup B-to-B dengan hadirnya Cinema EOS System.

Saat ini, total sudah ada 24 model kamera (termasuk kamera sinema, kamera film, dan compact-system camera), dengan 97 model lensa EF untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna yang beragam. Bahkan, berkat dukungan dan kepercayaan pelanggan, kamera seri EOS telah berhasil diproduksi hingga 80 juta unit. Sementara itu, pada Agustus 2016, produksi lensa EF telah melampaui 120 juta unit.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS