September 9, 2017

Review ASUS ZenFone 4 Max Pro: Paduan Fotografi dan Kekuatan Baterai

Penulis: Desmal Andi
Review ASUS ZenFone 4 Max Pro: Paduan Fotografi dan Kekuatan Baterai  

MOBITEKNO – Varian ASUS ZenFone 4 sudah resmi meluncur di pasar Asia Pasifik sejak pertengahan Agustus lalu. Dari enam model ZenFone 4 yang sudah dikeluarkan ASUS, ZenFone 4 Max Pro ZC554KL yang baru asuk ke Indonesia secara resmi. ASUS ZenFone 4 Max Pro ini tampaknya menjadi pembuka jalan bagi model ZenFone 4 lainnya yang juga akan dimasukkan ASUS Indonesia ke pasar smartphone tanah air.

Seperti model ZenFone Max sebelumnya, ASUS ZenFone 4 Max Pro ini juga membawa baterai yang besar. Bahkan, dibandingkan dengan model sebelumnya, ASUS mengupgrade kapasitas baterai pada ZenFone 4 Max Pro ini dengan daya yang lebih besar, yaitu 5.000 mAh. Kapasitas ini tentunya bisa menambah keyakinan penggunanya agar tidak usah khawatir lagi kehabisan daya baterai smartphonenya di saat sedang melakukan aktivitas penting.

Selain Fitur energi baterai yang cukup besar, ASIS ZenFone 4 Max Pro ini juga memiliki dual camera di bagian belakang. Perlu diketahui bersama, seluruh model pada ZenFone 4 memang sudah memiliki dual camera, termasuk model ASUS ZenFone 4 Max Pro ZC554KL ini. Namun, apakah hanya itu saja fitur yang bisa dirasakan penggunanya? Tentu saja tidak. Masih banyak fitur dan kelebihan lainnya yang bisa dirasakan dari ASUS ZenFone 4 Max Pro ini. Untuk itu, ada baiknya baca hasil review Mobitekno, setelah merasakan ASUS ZenFone 4 Max Pro sebelum dirilis resmi ASUS Indonesia pada Kamis 7 September 2017.

Kelengkapan

Seperti paket smartphone ASUS sebelumnya, kemasan ASUS ZenFone 4 Max Pro ZC554KL ini dibuat begitu kompak. Saat Mobitekno mendapatkan smartphone ini dari ASUS Indonesa, kami buka kemasanna di meja redaksi untuk melihat apa saja yang disediakan ASUS dalam paket penjualannya.

Ada yang sedikit berbeda pada kemasan ZenFone 4 Max Pro ini dibandingkan kemasan sebelumnya. Jika pada paket-paket sebelumnya, saat dibuka, langsung terlihat unit smartphonenya, kini tidak lagi. ASUS mengubah susunan penempatannya sehingga unit smartphone berada di bagian tengah. DI bagian atas diletakkan kotak kecil yang berisi buku panduan singkat, kartu garansi, dan SIM Card Ejector.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini isi dalam kemasan paket penjualan ASUS ZenFone 4 Max Pro ZC554KL:

  1. Unit smartphone ZenFone 4 Max Pro berwarna hitam dengan layar 5,5 inci
  2. Buku panduan dan kartu garansi.
  3. SIM Card Ejector yang menempel pada kotak kecil dalam kemasan.
  4. Soft Case untuk melindungi perangkat smartphone.
  5. Kabel data berwarna putih untuk proses transfer data dan pengisian daya.
  6. Adaptor untuk mengubah arus AC menjadi DC.
  7. Kabel USB On The Go (OTG) untuk berbagai kebutuhan.

Anda juga bisa melihat video Unboxing yang dibuat Mobitekno untuk smartphone ZenFone 4 Max Pro ZC554KL ini. Berikut ini videonya:

Desain

Saat unit smartphone dibuka dari plastik pembungkusnya, ukuran 5,5 inci masih terasa cukup nyaman dipegang oleh satu tangan. Desain keseluruhannya sudah unibody sehingga semua tampak menyatu. Baik sisi belakang, samping kiri dan kanan, serta bodi atas dan bawah, dibangun dengan konstruksi aluminium alloy sehingga menambah elegan tampilan smartphone ini. Sudut-sudutnya juga didesain membulat sehingga lebih nyaman untuk digenggam.

Beralih ke bagian layar. Layarnya yang berukuran 5,5 inci didesain dengan kontur 2.5D sehingga sedikit membulat di bagian tepinya. Kontur seperti in juga menambah kenyamanan saat memegang smartphone. Bagian atas dan bawah layar tersisa ruang yang sama besar hingga ke bagian tepi. DI bagian atas terdapat kamera depan yang sudah dilengkapi LED Flash untuk menambah cahaya saat melakukan selfie. Kamera ini berkemampuan 16 MP dengan apperture f/2.0. Selain kamera, terdapat juga proximity sensor.

Sementara itu di bagian bawahnya terdapat tombol home yang juga berfungsi sebagai emindai sidik jari (fingerprint). ASUS menempatkan sensor ini tidak lagi di belakang, tetapi di depan. Fungsi pemindai sidik jari ini juga sudah disempurnakan ASUS sehingga dapt mendeteksi sidik jari hanya dalam waktu 0,3 detik saja. Keberadaan tombol ini juga menambah daya tarik tampilan depannya. Disampin kanan dan kirinya terdapat tombol virtual “back”dan “application”. Sayangnya, kedua tombol ini tidak dilengkapi dengan backlite sehingga di kondisi gelap tidak bisa terlihat.

Kini beralih ke bagian samping kiri dan kanan. Jika smartphone dihadapkan ke atas, di bagian samping kanan terdapat tombol volume dan power yang diposisikan berdampingan. Kedua tombol ini memiliki kontur khas ASUS, dengan guratan-guratan halus di permukaannya sehingga tidak licin saat digunakan. Sementara di bagian kirinya, terdapat slot SIM Card yang hanya bisa dikeluarkan dengan bantuan SIM Card Ejector. Berbeda dengan model sebelumnya, pada slot SIM Card ini, ASUS mendesainnya tidak lagi dengan model hybrid. Jadi, ada tiga ruang dalam slot ini, yaitu untuk SIM1, SIM2, dan Micro SD yang bisa menampung Micro SD Card hingga 256 GB. Dengan desain seperti ini, ASUS memberikan keleluasaan untuk menggunakan dua SIM Card sekaligus, tetapi tanpa harus mengorbankan storage tambahan dalam Micro SD.

Kini ke bagian bawah. Persis di tengah-tengah terdapat slot Micro USB untuk koneksi kabel data atau proses pengisian daya. Di samping kanan dan kirinya terdapat lubang-lubang speaker. Lubang mikrofon juga ada di sisi ini.

Di bagian atas, terdapat port audio 3,5 mm untuk memanjakan telinga melalui tambahan perangkat headset. DI sampingnya juga terdapat lubang mikrofon. ASUS memang menempatkan lubang mikrofon di bagian atas dan bawah untuk keleluasaan dalam memanfaatkan mikrofon saat melakukan komunikasi. Kedua kamera perpaduan kamera 16 MP  PixelMaster dengan kamera 5 MP Wide Angle 120 derajat, mampu menghasilkan kualitas foto yang baik.

Satu kelebihan lagi dalam paket ASUS ZenFone 4 Max Pro adalah disediakannya soft case untuk melindungi samrtphone. Dengan tambahan item ini, pengguna tidak perlu lagi mencari case lagi. Bentuknya yang menyatu dengan smartphone dan warnanya yang transparan, tidak membuat daya tarik smartphone menjadi turun.

Fitur & Performa

Selain fitur dual camera dan baterai di sisi hardware, ASUS ZenFone 4 Max Pro ZC554KL ini juga memiliki beragam fitur di sisi aplikasi. Bahkan, dengan fitur berbasis aplikasi ini, performa smartphone bisa lebih ditingkatkan dari keadaan standar.

Namun, Mobitekno akan bercerita terlebih dahulu untuk kemampuan dual camera karena ZenFone 4 membawa pesan baru dalam promosinya, yaitu We Love Photo. Kamera belakangnya yang memadukan kemampuan 16 MP PixelMaster dan 5 MP Wide Angle, mampu menangkap foto dengan area lebih luas hingga 120 derajat. Penggunaan opsi wide bisa dilakukan dengan cara yang mudah, yaitu hanya menekan tombol wide yang ada di atas tombol shutter. Dari sisi aplikasinya, kamera 16 MP PixelMaster memilikiberbagai efek untuk melakukan proses foto. Mulai dari Auto, Pro, Beauty, Super Resolution, panorama, hingga pembuatan Time Lapse bisa dililih untuk pembuatan video dan gambar yang lebih menarik. Bahkan, mode Auto nya pun kini sudah dilengkapi fitur HDR Pro yang memungkinkan kamera menangkap subjek foto dengan terang,  walaupun di kondisi kurang cahaya.

Untuk kamera depannya, ASUS juga meningkatkan kualitas kameranya dari model ZenFone Max sebelumnya, dari 8 MP menjadi 16 MP. Kemampuan ini masih ditambah dengan lampu LED flash untuk menambah tingkat cahaya di suasana temaram. Khusus untuk kamera depan, ditambah dengan fitur beauty yang dapat memperhalus tampilan kulit dan wajah. Pilihan untuk menghaluskan kulit disediakan dari level 1 hingga 10. Masih untuk kamera depan, di ZenFone 4 Max Pro ini, ASUS juga menambahkan fitur yang sebelumnya ada di ZenFone Live, yaitu BeautyLive.  Dengan fitur ini, proses penghalusan kulit juga bis diterapkan untuk pengambilan video. Namun, fitur ini hanya aktif jika dibarengi dengan pengoperasian media sosial, seperti Instagram.

Masih mengenai kamera, ASUS juga membekali dengan fitur Pro untuk pengguna yang lebih advance. Di fitur Pro ini, semua kontrol kamera bisa di setting secara manual, mengikuti kemauan dari pengguna.

Satu hal yang menarik dari fitur kamera ini adalah adanya efek Time lapse. Ya,fitur ini kini tersedia di ZenFone 4 Max Pro. Anda bisa memanfaatkannya untuk merekam kejadian dengan menggabungkan frame-frame foto dalam beberapa sekali.

Fitur selanjutnya adalah baterai dan manajemennya. Kapasitas baterai yang besar, yaitu 5.000 mAh ternyata mampu membawa berbagai fitur lainnya. Salah satunya adalah aplikasi manajemen baterai untuk penggunaan baterai yang lebih awet. Melalui aplikasi Mobile Manager, Anda bisa mengatur konsumsi baterai dalam lima pilihan mode, yaitu Performance, Normal, Power Saving, Super Saving, dan Customized. Pilihan-pilihan ini sangat bergantung kepada keperluan Anda terhadap aktivitas smartphone yang diinginkan. Keadaan paling hemat daya baterai tentu ada di pilihan Super Saving karena seluruh fungsi jaringan ditutup. Hanya SMS, telpon, dan alarm yang dihidupkan oleh aplikasi tersebut. Sementara pilihan Performance bisa mendongkrak kinerja smartphone karena sistem akan mengatur prosesor bekerja pada performa paling tinggi.

Oya, jika Anda tidak ingin repot menentukan pilihan mode baterai, Anda bisa memanfaatkan fitur Switch secara otomatis. Dengan pilihan ini, Anda bisa mengatur perpindahan mode baterai ke pilihan yang lebih hemat, saat kondisi baterai menyentuh angka persentase yang diinginkan, misal 10% atau 15%. Perpindahan ini juga bisa dilakukan dengan jadwal yang ditentukan terlebih dahulu.

Nah, karena kapasitas baterai yang besar, ZenFone 4 Max Pro juga bisa berbaik hari kepada perangkat lainnya yang membutuhkan daya tambahan. Melalui kabel USB OTG, Anda bisa menjadikan ASUS ZenFone 4 Max Pro sebagai Power Bank. Colokkan kabel USB OTG dengan ujung micro USB ke ZenFone 4 Max pro dan satunya lagi ke perangkat lain yang ingin diisi daya baterainya. Namun, proses pengisian daya ini bisa dilakukan jika kapasitas baterai di ZenFone 4 Max Pro masih di atas 30%.

Kemampuan lain dari proses charging ke perangkat lain ini adalah Reverse Charging yang leboh cepat. Mangapa? Karena pada ZenFone 4 Max pro ini sudah mendukung pengisian dengan arus 1 Ampere. Sebelumnya, pada varian ZenFone 3, arus hanya tersedia 500 mA.

Fitur pemindai sidik jarinya bisa digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari pembukaan smartphone hingga sebagai akses untuk mengaktifkan aplikasi-aplikasi mobile bisa dilakukan dengan hanya memindai sidik jari. Proses setting sidik jari pun cukup cepat. Scannernya bisa membaca sidik jari dari segala arah.

Performa

Untuk membuktikan kemampuan dan kinerja ASUS ZenFone 4 Max Pro ini, Mobitekno melakukan pengujian melalui aplikasi Antutu, PC Mark, 3DMArks, dan GeekBench 4.0. Berikut ini hasil pengukurannya:

Hasil foto

Mobitekno juga menguji kemampuan kamera dari ZenFOne 4 Max Pro ini, dan inilah hasilnya.

Spesifikasi

Dengan kemampuan yang sudah diceritakan pada bagian sebelumnya, tentunya hal ini tidak akan terjadi jika ASUS ZenFone 4 Max Pro tidak dibekali dengan spesifikasi hardware yang mumpuni. Penggunaan CPU Snapdragon 430, RAM 3 GB, storage 32 GB yang masih bisa diperluas lagi, serta jaringan 4G membuat aktivitas sehari-hari bisa dilakukan dengan lancar dan nyaman.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini spesifikasi dari ZenFone 4 MaxPro

Model ASUS ZenFone 4 Max Pro ZC554KL
CPU Qualcomm Snapdragon 430 64-bit octa-core processor (1,4GHz)
GPU Adreno 505 450MHz
RAM 3GB RAM
Penyimpanan 32GB + 5GB ASUS Webstorage +  Google Drive 100GB free (2 years)
MicroSD Yes (up to 256GB)
Konektivitas WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, Wi-Fi direct
Jaringan WW version: FDD-LTE (Bands 1, 3, 5, 7, 8, 20), TD-LTE (Band 40)

Data rate: LTE Cat4: UL/DL 50Mbps/150Mbps, DC-HSPA+: UL/DL 5.76Mbps/42Mbps

SIM Card Triple Slots:

Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot 3: Supports up to 256GB MicroSD card

Dual SIM dual standby

Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. Only one SIM card can connect to 3G WCDMA / 4G LTE service at a time

Navigasi GPS, AGPS, GLONASS, BDS
Display 5.5-inch IPS display, Bluelight filter for eye care, 10-finger capacitive touch
Video Full HD at 30fps video recording, Electronic Image Stabilization for shake-free videos, Take still photo while recording video, 120Ëš wide angle video
Baterai 5000mAh (non-removable), 2x faster reverse charging (1A)

Up to 46 days 4G standby

Up to 40 hours 3G talk time

Up to 22 hours video playback

Up to 26 hours Wi-Fi web browsing

Kamera Belakang 16 megapixels, F2.0 aperture, Focal length 26mm, 79° field of view, Electronic Image Stabilization for shake-free videos, LED flash, Up to 0.03 seconds phase detection auto-focus

5 megapixels, 120Ëš wide angle fits more scenery and people in the frame

Focal length 12mm

Kamera Depan 16 megapixels, F2.0 aperture, Focal length 26mm, 76° field of view, Softlight LED flash
Sensor Fingerprint, Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor
OS Android™ 7 with new ASUS ZenUI 4.0
Dimensi 154mm x 76.9mm x 8.9mm
Bobot 181g
Warna Deepsea Black, Sunlight Gold, Rose Pink
Harga Rp2.999.000

Kesimpulan

Walaupun ASUS ZenFone 4 Max Pro bukan kelas tertinggi dari jajaran ZenFone 4, tetapi kemampuannya bisa memuaskan kebanyakan pengguna smartphone di Indonesia. Kapasitas baterainya yang mencapai 5.000 mAh tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Banyaknya aktivitas media sosial ditambah dengan aplikasi-aplikasi lainnya yang Anda butuhkan setiap hari tentunya bisa menguras baterai dengan cepat. Melalui ZenFone 4 Max Pro, kekhawatiran mengenai hal tersebut ridak akan terjadi.

Selain baterai, sesuai dengan tema yang dibawa ZenFone 4 yaitu We Love Photo, kemampuan dual camera belakang juga layak diperhitungkan. Sudut pengambilan gambar yang luas, mencapai 120 derajat, hingga kemampuan selfie yang lebih bersahabat menjadi salah satu daya tarik dari sisi kamera. Keberadaan dua buah lensa di bagian belakang juga bisa mendorong penggunanay lebih berkreasi dalam menangkap momen-momen penting atau tak terduga di sekitar Anda.

Dengan harga Rp 2.999.000, tampaknya ZenFone 4 Max Pro bisa menjadi pilihan smartphone bagi kebanyakan masyarakat Indonesia yang tidak ingin direpotkan dengan masalah pengisian baterai. Anda tidak perlu membawa-bawa Power Bank lagi jika menggunakan ZenFone 4 Max pro ini.

Tags: , , , , ,


COMMENTS