June 9, 2017

LineageOS 14.1: Titisan CyanogenMod Ini Tambah Dukungan untuk Berbagai Smartphone dan Tablet

Penulis: Iwan RS
LineageOS 14.1: Titisan CyanogenMod Ini Tambah Dukungan untuk Berbagai Smartphone dan Tablet  

MOBITEKNO – Sejak pengembangan CyanogenMod sebagai custom ROM paling populer untuk smartphone dihentikan oleh Cyanogen Inc. Banyak pengguna yang gemar otak-atik sistem operasi (ROM) smartphone banyak berharap kepada kandidat berikutnya, yaitu LineageOS.

Harapan ini tidak bukan tanpa alasan. ROM yang dikembangkan oleh komunitas LineageOS yang dibentuk para punggawa CyanogenMod yang masih tersisa kembali meneruskan pengembangkan ROM untuk mendukung berbagai perangkat/smartphone yang sebelumnya berbasis pada CM (CyanogenMod) library.

Versi terbaru LineageOS 14.1 dikabarkan telah siap mendukung beberapa smartphone populer Xiaomi, seperti Xiaomi Mi 5s (capricorn), Mi 4c (libra), dan samrtphne tanpa bezel Mi MIX (lithium). Selain itu, update dari CyanogenMod 13 ke LineageOS 14.1 juga telah disediakan oleh komunitas tersebut untuk tablet Google yang diliris tahun 2014, Nexus 9 (Wi-Fi).

Sebelumnya, LineageOS 14.1 juga telah medukung berbagai smartphone, seperti OnePlus 3T, Galaxy S7/Edge, Moto Z, Moto Z Play, LG G5, ZTE Axon 7, HTC 10, HTC One M7. Daftar perangkat lengkap yang didukung LineageOS bisa dilihat di URL ini.

Seperti halnya, CyanogenMod, LineageOS merupakan bloat free ROM yang bebas aplikasi 'sampah' yang biasa sudah terpasang sebelumnya (software preinstalled) oleh produsen smartphone atau operator. Meski demikian, LineageOS juga menyertakan aplikasi buiatan sendiri, seperti browser, tool audio AudioFX, audio player Music, launcher Trebuchet, dan lain-lain.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS