June 9, 2017

Layanan 4G Milik XL Axiata Sambangi Kota Tasikmalaya dan Sekitarnya

Penulis: Eko Lannueardy
Layanan 4G Milik XL Axiata Sambangi Kota Tasikmalaya dan Sekitarnya  

MOBITEKNO – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperluas layanan 4G LTE di berbagai wilayah Indonesia. Di Jawa Barat (Jabar), XL Axiata meresmikan layanan internet cepat 4G LTE di Tasikmalaya (Kota dan Kabupaten), Ciamis, Garut, Sumedang, dan Banjar. Dengan peresmian terbaru ini, mulai Juni 2017, layanan XL 4G LTE telah masuk ke hampir semua kabupaten/kota yang ada di provinsi tersebut. 

Peresmian layanan 4G LTE di keenam Kabupaten/Kota tersebut dilaksanakan di Tasikmalaya, Rabu (7/6) lalu, dengan dihadiri oleh GM Sales XL West Java R. Tommy Candra Dirgantara, GM LTE Execution Assurance Ronhugo Verry Leonard Tambunan dan Vice President Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti.

"XL Axiata kini sudah memiliki 31,2 juta pelanggan smartphone hingga akhir kuartal pertama 2017, meningkat 52% dari periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan pelanggan smartphone ini sangat berarti karena rata-rata konsumsi data pengguna smartphone juga meningkat secara signifikan, lebih dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya," ungkap Yessie D Yosetya, Chief Service Management Officer XL Axiata.

Ditambahkan oleh Yessie, hal tersebut tentu saja tidak terlepas dari meningkatnya kesadaran pelanggan smartphone XL Axiata untuk menggunakan jaringan 4G-LTE. Hingga saat ini, tingkat konsumsi pelanggan 4G-LTE kini mencapai lebih dari 1,5x dari rata-rata konsumsi smartphone.

Untuk wilayah Jabar, selama satu tahun terakhir tercatat adanya pertumbuhan akses ke layanan data digital hingga sekitar 55%. Sementara untuk jumlah pelanggan XL Axiata di provinsi ini yang sudah menggunakan smartphone mengalami peningkatan hingga 168 %. Peningkatan tersebut terjadi di semua Kabupaten/Kota di Jabar. 

"Seiring dengan terus meningkatnya permintaan atas akses layanan data yang berkualitas oleh pelanggan di semua wilayah layanan, XL Axiata akan terus meningkatkan jangkauan di setiap kabupaten/kota ketingkat kecamatan sehingga warga di pinggiran bahkan di pedesaan pun akan bisa menikmati 4G LTE," tambah Yessie.

Saat ini total di Jabar telah beroperasi lebih dari 2000 BTS 4G LTE. Sementara untuk wilayah Tasikmalaya (Kota/Kabupaten), Ciamis, Garut, Sumedang, dan Banjar layanan 4G LTE pada tahap awal diperkuat dengan lebih dari 300 BTS 4G yang akan terus ditingkatkan. Diharapkan, fasilitas koneksi XL 4G LTE akan bisa semakin meningkatan produktivitas masyarakat setempat.

Secara nasional, XL Axiata akan terus melakukan investasi untuk transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan upgrade jaringan untuk mendukung meningkatnya trafik data dan menjaga stabilitas layanan, meningkatkan kapasitas jaringan serta meningkatkan kualitas layanan data. 

Rencana pengembangan jaringan 4G LTE oleh XL Axiata akan terus dilakukan di kota-kota yang telah memiliki kesiapan ekosistem layanan 4G. Saat ini, XL Axiata telah menyediakan layanan 4G LTE di 245 Kota/Kbupaten di berbagai wilayah Indonesia. Sampai akhir tahun 2017, XL Axiata mentargetkan mampu menjangkau 330 Kota/Kabupaten dengan layanan 4G LTE yang ditopang dengan total lebih dari 17 ribu BTS 4G.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS