May 9, 2017

OnePlus 5 Dipastikan Hadir Musim Panas Ini. Kapan Pastinya?

Penulis: Iwan RS
OnePlus 5 Dipastikan Hadir Musim Panas Ini. Kapan Pastinya?  

MOBITEKNO – OnePlus sudah memastikan akan meluncurkan smartphone paling pentingnya sepanjang tahun ini, OnePlus 5. Sejauh ini, produsen smartphone asal Tiongkok ini masih belum memberikan jadwal pasti (tanggal) peluncuran flaghsip tersebut.

Namun, pengumuman OnePlus di akun Wiibo resminya belum lama ini setidaknya sudah cukup memberikan gambaran rentang jadwal hadirnya OnePlus 5 secara global. Pengumumannya teretu disampaikan melalui gambar teaser bertuliskan "Hello 5" yang diikuti dengan kalimat "Hey Summer! Give me five!".

Gambar yang baru dipublikasikan ini ingin menyampaikan pesan bahwa OnePlus 5 akan diluncurkan selama musim panas (summer) yang dimulai pada minggu terakhir Juni dan berlangsung hingga tiga bulan ke depan. Ini berarti, OnePlus 5 bisa saja diumumkan secara resmi pada akhir Juni atau pada bulan berikutnya (Juli dan Agustus).

Informasi ini tidak berbeda jauh dengan rumor yang beredar sebelumnya yang menyatakan bahwa smartphone flagship OnePlus generasi kelima tersebut akan diumumkan antara bulan Juni, Juli, atau Agustus.

Daya tarik utama smartphone OnePlus sejak diluncurkan tiga tahun lalu adalah harga jualnya yang lebih rendah dari kebanyakan produk flaghsip lain. Sebut saja samrtphone dari Samsung, Apple, LG, atau HTC. Produk terakhir OnePlus (OnePlus 3 dan 3T) dianggap sudah cukup memberikan gambaran 'kematangan' OnePlus sebagai produsen samrtphone yang masih terbilang hijau.

Hadirnya dua generasi pada seri OnePlus 3 secara tidak langsung bisa dikaitkan dengan strateginya melewatkan peluncuran seri OnePlus 4 dan langsung ke OnePlus 5 untuk menghormati adat istiadat (budaya) Cina selama ini. Seperti diketahui, angka 4 dianggap merupakan angka 'pembawa sial' bagi budaya Cina. 

""

Seperti generasi sebelumnya, OnePlus 5 juga akan mengusung spesifikasi layaknya smartphone flagship yang ada di pasaran saaat ini. Dari spesifikasi yang beredar saat ini, smartphone berjulukan 'Flaghip Killer' ini akan datang dengan layar 5.5 inci (QHD), prosesor Snapdragon 835, RAM 6 GB atau 8 GB, dual camera 16 MP, dan baterai 3.600 mAh.

Harga OnePlus 5 sudah pasti akan lebih murah dari flagship umumnya. Namun seberapa murah masih belum diketahui hingga saat ini. Dari rekam jejak OnePlus sejak merilis seri pertama (OnePlus One) hingga terakhir (OnePlus 3T) terlihat adanya peningkatan harga.

Pemilihan harga yang tepat akan menjadi salah satu faktor penting agar OnePlus 5 direspons positif oleh pasar. Strategi produk flaghsip dengan harga menarik (terjangkau) bukan hanya dilakukan oleh OnePlus. Pesaingnya di negara asal, Xiaomi, juga menempuh strategi serupa dengan membanderol smartphone terbarunya Mi 6 yang seharga US$ 360 hingga US$ 440.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS