February 9, 2017

Sukses di Tahun 2016, LINE Akan Tambah Inovasinya di Tahun 2017

Penulis: Desmal Andi
Sukses di Tahun 2016, LINE Akan Tambah Inovasinya di Tahun 2017  

MOBITEKNO – Tahun 2016 lalu, LINE mengalami berbagai peningkataan untuk bisnisnya. Bahkan, LINE tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi instant messenger saja, tetapi juga berhasil bekerjasama dengan berbagai industri untuk lebih mendekatkan kepada pelanggannya. Sejumlah catatan keberhasilan LINE pada tahun 2016 kemarin duungkapkan langsung oleh Ongki Kurniawan, Managing Director LINE Indonesia, di Jakarta, Rabu Sore 8/2/2017.

Menurut Ongki, tahun 2016, pertumbuhan LINE cukup besar. Dari bisnis model yang dikelolanya, tahun 2016 kemarin LINE bahkan berhasil mencatat pertumbuhan iklan hingga 40 persen, komunikasi 20 persen, konten 30 persen, dan lainnya 10 persen. Kerjasama dengan berbagai perusahaan seperti GOJEK dan berbagai bisnis model seperti LINE AADC2 yang sangat sukses di Indonesia, serta LINE Today yang menampilkan informasi terkini berhasil mengangkat nama LINE ke level yang lebih tinggi.

Tidak hanya itu saja keberhasilan LINE pada tahun lalu. LINE X Scale Stock, LINE Ramadhan, LINE Inspire, LINE Pay e-cash, LINE Sticker, LINE X Alfamart, LINE Creativate, LINE X Uber, hingga LINE Academy, mencatat kesuksesan yang memuaskan. Semuanya itu guna mendorong strategi LINE menjadi Smart Portal di tahun 2019 mendatang.

“Bisnis LINE di tahun lalu mengalami peningkatan yang signifikan. Market kami bahkan tumbuh 2,8 kali di Desember 2016 lalu dibandingkan Juni 2016. Bahkan, untuk penggunaan di kaum millenial, aplikasi kami tumbuh sebesar 4,2 kali dalam jangka waktu enam bulan,” ujar Ongki Kurniawan. “Oleh sebab itu, untuk tahun 2017 ini, kamu akan membuat aktivitas dan inovasi yang lebih besar lagi guna mewujudkan LINE sebagai Smart Portal nomer 1 di Indonesia,” tambah Ongki.

Sejumlah aktivitas yang cukup sukses di tahun 2016 memang akan terus dilanjutkan oleh LINE pada tahun 2017 ini. LINE Creativate dan LINE Shopping contohnya. Aktivitas ini bahkan akan dibuat lebih luas dan besar. Selain itu, LINE juga akan menciptakan inovasi baru untuk kenyamanan pengguna LINE. Salah satunya adalah LINE JOBS sebagai wadah bagi pengguna LINE untuk mencari pekerjaan.

Di LINE Academy, perusahaan ini juga akan menggandeng RuangGuru untuk menggelar Try Out di aplikasi LINE. Sasarannya adalah siswa-siswi SMP, SMA, dan SMK. Sejumlah soal latihan akan dikeluarkan oleh RuangGuru untuk dipecahkan oleh siswa-siswi tersebut secara online.

Line Academy dan LINE Jobs saat ini masih dalam tahap Beta. Pengembangan masih terus dilakukan hingga dalam waktu dekat bisa digunakan oleh pengguna LINE di Indonesia

Tags: , , , , , ,


COMMENTS