February 9, 2017

Sinar Mas Land Lengkapi Fasilitas Digital Hub dengan Geeks Farm dan WGS Hub

Penulis: Karyo
Sinar Mas Land Lengkapi Fasilitas Digital Hub dengan Geeks Farm dan WGS Hub  

MOBITEKNO – Setelah meresmikan fasilitas Digital Hub BSD City pada tahun lalu, kini BDS City yang dirancang sebagai kota yang sedang bertransformasi menjadi integrated smart digital city atau sebagai Silocon Valley-nya Indonesia, kini semakin melengkapi diri dengan berbagai fasilitas yang mendukung terciptanya ekosistem sebagai smart city yang telah menjadi pionir di Indonesia.

Salah satu pendukung Digital Hub BSD City yang baru saja dihadirkan adalah  Geeks Farm dan WGS Hub. Kehadiran WGS Hub dan GeeksFarm merupakan kolaborasi antara PT Walden Global Services (WGS), salah satu perusahaan terdepan yang bergerak di bidang perangkat lunak (software), dan PT Digital Creative Indonesia, perusahaan game center yang fokus pada komunitas.

WGS Hub  dirancang untuk menghasilkan para apps developer maupun software house berkualitas serta menjadi tempat sekolahnya starup yang ingin berkembang lebih maju. WGS Hub yang hadir sebagai sebuah konsep lokasi retail fisik pertama di Indonesia ini mengusung tagline ‘Software, Services, Startups’ yang akan menyediakan berbagai macam solusi di bidang teknologi dan startup bagi para masyarakat dan juga pebisnis.

WGS Hub memiliki sebuah konsep baru dimana customer bisa bertanya, belajar, serta membeli produk dan jasa teknologi informasi secara langsung layaknya bertransaksi di retail store industri lain dengan ketentuan harga yang sudah ditetapkan. Konsumen tinggal memilih produk atau jasa yang dibutuhkan, bisa merupa produk software, solusi atau jasa konsultasi masalah IT  yang sedang dihadapinya.

Beberapa layanan yang disediakan WGS Hub dan GeeksFarm diantaranya adalah seperti Program akselerasi untuk perusahaan yang mau meluncurkan startup, Pelatihan programming untuk anak berusia 8-15 tahun setiap hari Sabtu, melaksanakan startup school berdurasi 2 bulan, Recruitment programmer untuk in-house karyawan perusahaan, Jasa programming,Website, ecommerce, apps, software berbasis cloud, serta layanan jasa IT lainnya yang dibutuhkan masyarakat.

Menurut Ikin Wirawan, Chairman & Founder PT. WGS, WGS Hub adalah the 1st proper software house. “Mungkin bukan cuma di Indonesia, tapi di dunia baru ada konsep seperti ini,” ujar Ikin, saat peresmian ‘grand opening’ GeeksFarm dan WGS Hub di The Breeze, BSD City, Rabu (08/02/2017). Ikin menganalogikan WGS Hub seperti Salon. “Ibaratnya kalau mau gunting rambut, mewarnai, creambath bisa datang ke salon. Nah  kalau membutuhkan solusi dan inovasi IT silahkan datang ke WGS Hub."

Selain itu, menurut Ikin, sebagai  program CSR nya GeeksFarm melatih gratis  lulusan SMA usia 18 tahun ke atas yang tidak mampu melanjutkan kuliah untuk menjadi  programmer, dan menempatkan mereka bekerja di perusahaan klien.

WGS Hub direncanakan hadir juga di berbagai kota besar di Indonesia, seperti Surabaya, Semarang dan Medan. “Kami berencana mereplikasi WGS Hub di banyak lokasi baik di Indonesia dan di luar negeri, sehingga tidak hanya kita bisa mempercepat perkembangan teknologi informasi di kalangan bisnis di seluruh Indonesia, kita juga menciptakan lapangan kerja dan bisa ekspor kemampuan IT Indonesia ke luar negeri,” tambah  Ikin

Sementara itu, Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land, mengungkapkan bahwa kehadiran WGS Hub dan GeeksFarm di BSD City, merupakan bagian dari ekosistem Digital Hub BSD City, yang akan menjadi  bagian dari ekosistem yang saling dan  saling bekerja dalam suatu kawasan BSD City yang sedang bertransformasi menjadi integrated smart digital city.

“Digital Hub adalah  sebuah kawasan yang khusus dikembangkan bagi para pengembang industri teknologi digital, mulai dari perusahaan start-up, technology leaders, hingga komunitas-komunitas digital. Digital Hub juga diperuntukkan untuk researcher, ilmuwan STEM (Science, Technology, Engineer and Math) serta inovator di bidang Smart System dan Technology,” ujar Dhony pada kesempatan yang sama.

Dengan adanya WGS Hub menurut Dhony,  diaharapkan bisa mendidik anak-anak kita sehingga menjadi pemain global yang bisa menghadapi tantangan ke depan  dan bisa menikmati kehidupan yang sejahtera  melalui  adanya ilmu dan perkembangan  teknologi informasi  yang sedang berkembang  pesat saat ini.

Tags: , , , ,


COMMENTS