December 8, 2017

Manfaaatkan Cloudera Altus Analytic DB, Cloudera Transformasi Gudang Data Berbaais Cloud

Penulis: Desmal Andi
Manfaaatkan Cloudera Altus Analytic DB, Cloudera Transformasi Gudang Data Berbaais Cloud  

MOBITEKNO – Cloudera belum lama ini mengumumkan ketersediaan Cloudera Altus Alalytic DB versi beta, sebuah layanan cloud gudang data yang bisa mengatur gudang data melalui arsitektur cloud yang unik. Berbasis Cloudera Altus Platform-as-a-service (PaaS), Altus Analytic DB menyediakan layanan mandiri untuk analitik BI dan SQL. Selain itu, Cloudera juga memanfaatkan Shared Data Experiences (SDX), kumpulan data dan katalog yang dapat diakses oleh para analis, ilmuwan data, dan teknisi melalui tool yang bisa dipilih, seperti SQL dan Python.

“Dengan arsitektur unik dari Cloudera, kami telah membantu para pelanggan kami dalam memodernisasi gudang data mereka, baik on-premise maupun dalam lingkungan cloud,” ungkap Charles Zedlewski, Senior Vice President of Product, Cloudera. “Cloudera Altus Analytic DB melanjutkan jalur pengembangan itu, sehingga memudahkan para analis untuk memperoleh akses layanan mandiri khusus untuk analitik BI dan SQL, yang semuanya dilakukan dengan fokus enterprise. Tanpa perlu memindahkan data ke platform Cloudera Altus, para pengguna dapat dengan cepat melakukan spin-up kluster bagi pelaporan bisnis, eksplorasi, dan bahkan menggunakan Altus Data Engineering untuk menerapkan jaringan lini data, di seluruh data yang sama dan Shared Data Experience tanpa mempengaruhi kinerja atau SLA.”

Bagi perusahaan, ada beberapa kelebihan yang bisa dirasakan mereka, terutama tim TI dengan menggunakan Altus Analytic DB ini. Berbagai keterbatasan yang biasa terjadi di cloud bisa ditanggulangi. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan diantaranya adalah”

  • Tim TI memperoleh manfaat dari operasi PaaS yang sederhana untuk menyediakan sumber daya terisolasi yang tidak terbatas dengan mudah dan elastis sesuai permintaan, dengan manajemen multi-tenant yang sederhana, serta kebijakan keamanan dan tata kelola yang konsisten.
  • Para analis bisnis memperoleh akses layanan mandiri langsung ke semua data tanpa mengorbankan SLA penting, dan dengan kinerja yang dapat diprediksi berapa pun banyaknya laporan atau pencarian lainnya yang sedang berjalan. Selain itu, mereka dapat terus memanfaatkan tool dan keterampilan yang ada, termasuk integrasi dengan BI dan tool integrasi terkemuka seperti Arcadia Data, Informatica, Qlik, Tableau, Zoomdata, dan lain-lain.
  • Tanpa perlu memindahkan data ke dalam database, data gabungan dan skema serta katalog data terkait selalu dapat diakses secara berkelanjutan tidak hanya sebatas SQL saja, sehingga para pakar data, teknisi data, dan pihak lainnya dapat berkolaborasi dengan baik.

Semua hal tadi tentunya tidak lepas dari kemampuan utama yang dimiliki Cloudera Altus Analytic DB. Dengan fitur yang ada di dalamnya, layanan ini menghadirkan kekuatan dan fleksibilitas penuh dari database analitik modern berbasis cloud bagi perusahaan yang menggunakan. Sementara itu, kemampuan-kemampuan utama yang bisa ditemukan dalam Altus Analytic DB ini adalah:

  • Mendekatkan gudang data ke data: Tanpa perlu memindahkan data ke dalam database – menghemat waktu dan menyederhanakan manajemen dan keamanan TI.
  • Menghadirkan analitik instan: Tanpa pemrosesan sebelumnya atau pemindahan data, para pengguna dapat mengoperasikan data dengan cepat dan melakukannya berulang kali guna memperoleh wawasan dengan lebih cepat.
  • Memastikan konsistensi data: Setiap pengguna bekerja dengan data, skema, dan struktur yang sama, baik para analis bisnis, analis keuangan, ilmuwan data, teknisi data, atau siapa pun.
  • Melampaui SQL: Akses layanan mandiri yang fleksibel memungkinkan para pengguna berkolaborasi pada data bersama dengan menggunakan bahasa dan tool yang mereka ingin jalankan – SQL, Python, R, dan lain-lain.
  • Dikembangan dengan penyesuaian cloud: Elastisitas dan kinerja yang mudah guna memperoleh analitik yang cepat, dapat disesuaikan, serta hemat biaya.

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS