November 8, 2017

Review Cover Fire: Game Action Untuk Fans Militer Modern

Penulis: David Novan
Review Cover Fire: Game Action Untuk Fans Militer Modern  

MOBITEKNO – Seru dan butuh konsentrasi tinggi. Dua hal inilah yang bisa kamu temui ketika memainkan Cover Fire. Game shooter dengan sudut pandang orang ketiga, atau biasa disebut Third Person Shooter seperti Cover Fire biasanya ditemui pada platform selain Android, seperti Console dan PC. Namun, perkembangan teknologi visual pada Android akhirnya memberi jalan bagi game TPS untuk masuk ke platform ini.

Sedangkan untuk Cover Fire sendiri, kesan pertama yang kami dapatkan ketika memainkannya adalah luar biasa seru! Bukan hanya selalu ditekan oleh kebutuhan membidik musuh dengan cepat dan akurat, game ini juga memiliki tantangan yang cukup tinggi. Bila kamu tidak terbiasa memainkan game bergenre TPS, maka kamu akan butuh waktu untuk membiasakan diri memainkannya.

Membidik musuh di game berjenis action seperti ini tentunya memiliki kesulitan tersendiri di platform Android. Bila dibandingkan dengan platform lain, maka membidik jauh lebih mudah menggunakan mouse pada PC, kemudian agak sulit pada controller console, dan layar sentuh Android jauh lebih sulit. Itu sebabnya sebaiknya kamu menyiapkan controller khusus Android untuk memainkan Cover Fire.

Dari sisi tampilan visualnya, Cover Fire memperlihatkan grafik 3D yang sangat bagus. Mulai dari tampilan tokoh yang kamu mainkan, sampai detail lingkungan bermain dan efek visualnya, semua dirancang dengan baik dan mantap. Berkat itu, kamu bisa dengan mudah melihat musuh yang ada di kejauhan sekalipun.

Namun demikian, keindahan tersebut membuat game ini menjadi cukup berat untuk dimainkan, bila dilihat dari sisi teknis. Untuk memainkan game ini, setidaknya siapkan platform Android dengan kemampuan cukup besar, ditambah memory yang besar pula. Akan tetapi tidak ada salahnya pula untuk memainkannya di kualitas grafis rendah. Karena game ini masih bisa menampilkan tampilan yang jelas meskipun ada di setting terendahnya.

 

Seperti yang mungkin bisa kamu simpulkan, Cover Fire merupakan game dengan tema perang modern. Jadi untuk gamer yang antusias dengan militer, rasanya game ini bisa menjadi favorit baru untukmu. Beragam perangkat tempur serta persenjataan modern dapat kamu temui di sini, dan pastinya bisa kamu gunakan.

Untuk permainannya sendiri, selain bertempur dengan sudut pandang kamera orang ketiga, kamu juga akan merasakan bertempur dari beberapa sudut pandang karakter. Pertama, kamu bisa merasakan keseruan dari jarak dekat melalui karakter dengan kelas Assault. Kelas ini adalah prajurit garis depan yang langsung berhadapan dengan musuh. Ketika memainkannya, kamu dituntut untuk bisa membidik cepat dan akurat.

Sedangkan untuk kelas lain, kamu bisa menemukan Sniper. Kemampuan untuk membidik musuh dengan akurat biasanya dijadikan penilaian untuk kelas ini. Misi seperti menembak kepala musuh atau menghabisi dua musuh sekaligus dengan satu peluru sering ditemui di kelas ini. Kelas lainnya yang tidak kalah menarik adalah Demolition dengan senjata Rocket Launcher atau Hacker dengan senjata komputer portabel; semuanya tentu saja dengan bentuk permainan yang unik.

Untuk memainkan semua kelas tersebut, kamu hanya perlu mengikuti jalannya permainan. Ketika bermain, kamu akan menemukan mode campaign, yang diatur sedemikian rupa sambil menceritakan kisah di dalam game. Setiap kali kamu menyelesaikan satu stage di campaign, maka stage baru akan terbuka, dan musuh yang akan kamu hadapi menjadi semakin sulit. Sebagai catatan, setiap kali kamu memainkan satu stage, maka poin bernama energi akan digunakan. Energi tersebut bisa habis, dan mereka akan terisi dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Setiap stage akan memainkan kelas tertentu. Pada satu stage, bisa jadi kamu memainkan Assault, sedangkan pada stage berikutnya kamu menjadi Sniper yang membantu Assault dari jarak jauh. Bentuk permainan yang tidak monoton semacam ini ternyata mampu membuat game ini lebih seru dan tidak membosankan.

 

Pertempuran yang terjadi di dalam Cover Fire dirangkum oleh stage. Pada stage tersebut, kamu nantinya akan menemukan tiga misi, yang masing-masing mewakili sebuah bintang. Misi seperti menyelesaikan stage dalam waktu 30 detik, menjaga akurasi di atas 70%, menyelesaikan stage hanya dengan 30 peluru, atau membunuh dua musuh dengan satu peluru merupakan sebagian kecil yang bisa kamu temui di sana.

Semua misi tersebut jelas membutuhkan ketrampilan membidik, dan juga bermain; serta cukup sulit untuk dipenuhi oleh gamer pemula. Namun, hadiah yang diberikannya ternyata cukup sebanding dengan sulitnya. Setiap bintang yang kamu dapatkan akan memberimu kesempatan untuk memilih hadiah setelah stage tersebut selesai. Mendapat dua bintang akan memberimu kesempatan untuk memilih dua hadiah acak, sedangkan tiga bintang yang merupakan penilaian sempurna akan memberimu empat hadiah.

Hadiah yang bisa didapat sendiri beragam isinya. Kamu bisa menemukan hadiah berupa uang, energi tambahan, bahkan sampai hadiah langka seperti kartu skill, senjata, dan karakter baru. Semua itu tentunya untuk memperkuat dirimu demi menghadapi stage yang semakin sulit. Itu pula sebabnya seringkali kamu perlu mengulang stage demi mendapatkan hadiah tertentu, terutama skill yang akan kami jelaskan lebih lanjut nanti.

Untuk pertarungannya sendiri, kamu tidak perlu khawatir menggerakkan karaktermu seperti halnya game shooter di console dan PC. Karaktermu akan otomatis bergerak ke belakang perlindungan atau cover, dan kamu hanya perlu membidik serta menembak. Musuh akan menembaki covermu, dan bila kamu menembak ketika musuh juga menembak maka ada kemungkinan kamu terluka. Namun, perlu diperhatikan pula bahwa cover juga bisa hancur bila terus ditembaki musuh!

Itu sebabnya kamu perlu dengan cerdik menentukan saat untuk menembak. Untungnya, kamu juga dibantu oleh Perks, yang berisi kemampuan hebat seperti memperlambat waktu, membunuh musuh secara instant, dan menyembuhkan diri. Semua Perks dapat digunakan ketika bertempur dan kamu butuh mengumpulkan energi (charge) sebelum bisa menggunakannya. Sayangnya, mengumpulkan charge terbilang sulit, karena mereka bisa terisi dari hadiah setelah menyelesaikan stage.

 

Semakin meningkatnya kekuatan musuh seiring bertambahnya stage, membuat karaktermu juga harus semakin kuat. Untuk itu, kamu juga bisa menemukan sistem upgrade di dalam game ini. Caranya sebenarnya cukup sederhana, yaitu dengan modal rajin bermain!

Mengapa kamu harus rajin bermain? Karena kamu perlu mengumpulkan kartu skill, karakter, dan senjata yang didapatkan setelah menyelesaikan stage. Melalui pengulangan memainkan stage yang telah dilalui demi mendapatkan hadiah dari stage tersebut, maka kamu bisa menjadi kuat.

Skill sendiri merupakan kekuatan pasif yang bisa kamu beli dengan uang game, tentunya setelah kamu berhasil mengumpulkan sejumlah kartu skill. Jenisnya cukup banyak dan fungsinya beragam, mulai dari mempercepat reload atau mengisi peluru, meningkatkan jumlah peluru dalam magasin, sampai membuat pelurumu bisa menembus tembok. Semakin tinggi level skill, maka semakin besar pula kemampuan tempurmu.

Kemudian hal lain yang juga memengaruhi kekuatanmu adalah senjata yang digunakan. Pada layar Character, kamu bisa memilih senjata yang digunakan oleh tiap kelas. Semakin kuat senjata yang kamu gunakan, maka sudah pasti musuh akan mudah dikalahkan. Namun untuk mendapatkan senjata baru tidak semudah yang dibayangkan. Karena sama seperti skill, kamu perlu mengumpulkan sejumlah kartu senjata yang sama. Melihat sifat semua hadiah yang diberikan secara acak, maka semua kartu yang kamu dapatkan tergantung keberuntunganmu.

Kartu terakhir yang cukup menarik adalah kartu karakter. Mirip seperti skill dan senjata, kartu karakter harus dikumpulkan sampai jumlah tertentu terlebih dahulu baru bisa digunakan. Karakter yang berbeda tentu saja kemampuannya juga beda, terutama dari Perks yang bisa digunakannya. Selain itu, setiap karakter juga memiliki keuntungan berbeda, misalnya memiliki kekuatan serangan lebih besar atau mampu membuat cover tahan lebih lama ketika dihantam peluru musuh.

 

Selain mode campaign, Cover Fire juga memiliki bentuk permainan lain yang menarik. Hingga kini, kamu bisa memainkan mode Skirmish dan mode event. Kedua mode tersebut bukan hanya lebih sulit daripada mode campaign, tetapi juga memberikan hadiah yang lebih menarik.

Mode Skirmish merupakan mode permainan yang menguji kemampuanmu sampai titik tertinggi. Ketika kami memainkan game ini, Skirmish yang ditemui adalah time attack. Jadi pada tantangan tersebut, kamu akan diminta untuk menyelesaikan stage dalam waktu tertentu. Bila kamu berhasil membunuh musuh, maka waktunya akan bertambah sedikit. Sedangkan bila kamu berhasil membunuh musuh dengan menembak kepalanya, maka waktu yang diberikan akan lebih banyak.

Bila kamu mati atau waktu habis, maka stage akan berakhir dengan kekalahanmu. Selain tidak berhasil mendapatkan medali yang perlu dikumpulkan untuk ditukar dengan hadiah, kamu juga akan kehilangan satu tiket untuk bermain Skirmish. Untungnya, tiket tersebut dapat terisi kembali keesokan harinya. Sebagai tambahan, Skirmish juga punya tiga tingkat kesulitan yang bisa kamu pilih sendiri.

Harus diakui, Skirmish sangat sulit untuk diselesaikan, bahkan untuk tingkat kesulitan termudah sekalipun. Untungnya tidak demikian dengan mode event. Seperti namanya, event akan selalu berubah kontennya. Saat kami mainkan, kami beruntung mendapatkan mode zombie yang sangat seru. Dengan tujuan membunuh semua zombie yang berlari ke arahmu di daerah yang cukup gelap, ketelitian dan ketajaman matamu akan diuji di sini.

Mode event biasanya terbagi menjadi beberapa stage. Menariknya, stage tersebut akan terbuka setelah beberapa waktu, antara beberapa jam sampai beberapa hari. Hadiahnya juga sangat menarik, karena pada mode zombie kamu bisa mendapatkan karakter baru dan senjata baru! Sama seperti mode Skirmish, mode event juga dibatasi oleh tiket yang akan terisi kembali esok hari.

 

Transaksi premium bisa dikatakan merupakan penghasilan utama untuk memberi makan keluarga developer game, terutama untuk game gratis seperti Cover Fire. Selain itu, berbelanja dengan uang asli di Shop juga memberikan keuntungan tersendiri bagi pembelinya. Lalu, apa saja keistimewaan yang diberikan oleh transaksi premium pada game ini?

Pada dasarnya, game ini memberikan tiga jenis transaksi premium, yaitu berbelanja Gold, member VIP, dan Advanced User. Gold merupakan mata uang premium yang digunakan untuk berbelanja beragam hal di toko bernama Black Market, misalnya untuk membeli kartu skill, senjata, dan karakter. Kamu juga bisa menggunakannya untuk membeli Epic Crate, kotak dengan isi acak yang biasanya memberi kartu karakter.

Untuk besaran transaksinya, kamu bisa membeli Gold mulai dari sekitar 60 ribuan sampai 1,2 jutaan. Untuk melihat apakah nilai ini mahal atau tidak, guna membeli Epic Crate kamu butuh 150 Gold. Sedangkan kamu bisa membeli 50 Gold dengan Rp 60 ribuan. Artinya kamu butuh sekitar 150 ribuan untuk membeli peti dengan isi kartu karakter acak, yang bisa dipastikan masih belum cukup untuk mendapatkan karakter baru.

Advanced User merupakan paket pembelian yang memberikan keuntungan di dalam game. Setelah membeli paket tersebut, kamu akan mendapatkan energi tanpa batas mulai dari 1 jam hingga 48 jam. Jadi, kamu bisa main tanpa henti sampai efeknya berakhir dan apa yang kamu dapatkan juga lebih banyak. Untuk mendapatkannya, kamu harus rela mengeluarkan uang mulai dari 18 ribuan sampai 460 ribuan.

Hampis sama dengan Advanced User, VIP juga memberikan keuntungan ketika bermain. Namun, efeknya tidak sehebat Advanced User karena kamu tidak perlu membayar khusus untuk mendapatkan VIP. Ternyata, VIP berasal dari poin yang dikumpulkan setiap kali kamu melakukan transaksi premium. Keuntungan yang diberikan oleh VIP juga tidak memengaruhi terlalu banyak keseimbangan permainan.

 

Sebenarnya hal terpenting untuk memainkan game ini adalah kemampuanmu membidik musuh. Hal ini pula yang dapat menjaminmu untuk mendapatkan penilaian bintang tiga di setiap stage. Hanya dengan mendapatkan penilaian sempurna tersebut, kamu bisa lebih cepat mendapatkan tim yang kuat.

Meskipun energi yang diberikan oleh game ini sebenarnya sangat sedikit, yaitu 10 poin, dan sekali main di stage biasanya mengambil 1 poin energi, tetapi kamu bisa mendapatkan tambahan energi dari kenaikan level tim dan hadiah dari stage tertentu. Habiskan energi tersebut untuk mengulang stage yang misinya mudah, dan hadiah skillnya banyak. Setelah alokasi mengulang stage tersebut habis, temukan stage yang juga memberi skill tersebut pada layar keterangan skill.

Kamu juga sebaiknya masuk ke dalam game setidaknya sekali per harinya. Dengan demikian, kamu bisa membuka peti yang diberikan pada waktu tertentu, dan kamu bisa membukanya walaupun tidak bermain sama sekali. Selain itu, jenis petinya juga acak, jadi selain peti biasa yang isinya kartu skill, bisa jadi kamu mendapatkan peti Big Crate dengan isi kartu karakter atau senjata.

Cara untuk mendapatkan Gold tanpa belanja premium di Shop juga sebenarnya cukup mudah. Bila kamu menyelesaikan misi harian atau Daily tiap harinya, maka kamu bisa mendapatkan cukup banyak Gold. Sebagai tambahan, sebaiknya kamu menyimpan Gold untuk membeli kartu karakter atau senjata di Black Market, bukan membeli Epic Crate. Walaupun cukup menggoda, tetapi crate memberikan konten acak yang bisa jadi tidak cocok dengan kemauanmu. Selain itu, kamu juga akan mendapat crate gratis bila kamu cukup sabar.

Sebagai tambahan, jangan ketinggalan untuk mengikuti event tiap harinya. Setidaknya kamu dapat memainkannya sebanyak 5 kali per harinya. Hadiahnya juga sangat menarik bila kamu cukup rajin di sana, termasuk hadiah Gold. Bila kamu merasa cukup andal menggerakkan jarimu, maka cobalah memainkan game yang seru ini!

Tags: , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES