August 8, 2017

Bawa Peningkatan Performa Hingga 30 Persen, Prosesor Intel Core Generasi ke-8 Siap Tantang Ryzen

Penulis: Iwan RS
Bawa Peningkatan Performa Hingga 30 Persen, Prosesor Intel Core Generasi ke-8 Siap Tantang Ryzen  

MOBITEKNO – Intel baru saja memberikan keterangan resmi mengenai jadwal peluncuran prosesor terbarunya, Intel Core generasi ke-8 (8th Generation Intel Core). Rencananya, chip bersandi Coffee Lake ini akan diluncurkan Intel pada 21 Agustus nanti.

Pengumuman ini menjadi konfirmasi atas berbagai bocoran yang beredar selama satu dua bulan ini mengenai prosesor terbaru yang dijagokan Intel untuk dapat bersaing dengan rivalnya di pasar prosesor, AMD Ryzen.

Prosesor Core generasi ke-8 ini akan diproduksi oleh Intel sendiri menggunakan teknologi proses 14 nm revisi terbaru. Perlu diketahui, teknologi proses 14 nm ini sudah digunakan Intel sebanyak empat kali untuk memproduksi prosesornya.

Intel telah menggunakan proses produksi 14 nm ini untuk membuat prosesor Broadwell (5th Gen. Intel Core), Skylake (6th Gen. Intel Core), dan Kaby Lake (7th Gen. Intel Core).

Kabarnya, pengguna yang ingin memakai prosesor baru ini pun harus menggunakan motherboard baru. Namu, hal ini mungkin cukup sepadan memngingat Intel menjanjikan perfoma Coffee Lake yang lebih tinggi 30% (pada beberapa aplikasi) dari prosesor terdahulu (Kaby Lake).

""

Peningkatan performa ini mungkin akan menarik bagi konsumen. Ini mengingat dalam beberapa tahun belakangan ini, Intel lebih berfokus pada peningkatan efisiensi daya ketimbang peningkatan performa.

Selain Core i7-8700K (6 core, boost clock 4.3 GHz – 4,7 GHz) yang akan menjadi chip primadona Coffee Lake, Intel pun akan merilis seri lainnya, seperti Core i3-8100, Core i3-8300, Core i3-8350K, Core i5-8400, Core i5-8600K, dan Core i7-8700.

Kemunculan resmi Coffee Lake sebagai prosesor Intel Core generasi ke-8 juga akan disertai dengan informasi beberapa sistem yang akan diperkuat dengan chip baru ini. Bagi Anda yang ingin melihat langsung acara di tanggal 21 Agustus ini, Intel pun akan menyiarkan langsung melalui layanan live streaming Facebook Live di URL ini.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS