April 8, 2017

XL Axiata Bangun 4.5G Xperience Zone di 20 lokasi XPLOR dan XL Center

Penulis: Eko Lannueardy
XL Axiata Bangun 4.5G Xperience Zone di 20 lokasi XPLOR dan XL Center  

MOBITEKNO – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat ekosistem layanan data berbasis 4G LTE. Langkah ini menjadi salah satu fokus XL Axiata di tahun 2017, sesuai dengan upaya untuk menjadi penyedia layanan data pita lebar terdepan di Indonesia dan menjadi “Digital Focus Company”. 

Sesuai dengan perluasan infrastruktur 4G LTE di berbagai daerah, termasuk perluasan layanan 4.5G di kota-kota dengan jumlah pelanggan 4G LTE yang terus meningkat, XL Axiata mengembangkan “4.5G Xperience Zone”. Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi ke pelanggan tentang teknologi dan layanan lanjutan dari 4G LTE, sekaligus membentuk ekosistem pendukungnya.

Sr. Advisor XL Center & Postpaid XL Axiata, Rashad Javier Sanchez mengatakan, "Di sejumlah negara, pasar 4.5G sudah terbentuk dengan pesat seiring dengan pesatnya pertumbuhan kebutuhan layanan data pita lebar kecepatan tinggi. Kami pun yakin, tidak lama lagi kebutuhan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan layanan internet dengan kualitas yang lebih baik lagi akan terus meningkat."

Rashad menambahkan, saat ini sudah terlihat indikasi yang menunjukkan masyarakat Indonesia akan segera membutuhkan 4.5G. Hal ini di tandai dengan pesatnya pertumbuhan pemakaian data dan semakin meningkatnya jumlah pengguna smartphone di XL menjadi 63% di tahun 2016, naik dari 42% di tahun sebelumnya. 

4.5G Xperience Zone yang disediakan oleh XL Axiata bertempat di gerai XPLOR dan XL Center yang berada di sejumlah kota di berbagai daerah di Indonesia. Di tempat-tempat tersebut telah dilengkapi dengan 4.5G Ready BTS sehingga masyarakat bisa datang untuk mengetahui dan merasakan pengalaman berada di jaringan 4.5G.

Menggunakan sarana 4.5G Xperience Zone tersebut, XL Axiata juga menyediakan layanan edukasi tentang 4.5G kepada masyarakat luas. Terdapat display beberapa gadget yang sudah mulai mendukung teknologi 4.5G ini. Masyarakat juga bisa mencoba layanan 4.5G bila smartphone-nya sudah mendukung salah satu atau beberapa teknologi 4.5G ini.

XL 4.5G Xperience Zone pada tahap awal tersedia di 20 lokasi yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Sebanyak 8 lokasi ada di wilayah Jabotabek dan lainnya tersebar di Bandung, Cirebon, Yogyakarta, dan Surabaya. Di luar Jawa, XL 4.5G Xperience ini ada di Denpasar, Mataram, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Manado, dan Banjarmasin.

"Untuk membangun ekosistem 4.5G di Indonesia, kami perlu menggandeng penyedia perangkat, baik pabrikan ataupun principal. Hal ini sangat perlu untuk bisa melakukan testing perangkat yang akan di luncurkan di Indonesia. Tentunya, tes ini perlu dilakukan di XL 4.5G Xperience Zone untuk memastikan dukungan layanan teknologi pendukung 4.5G di perangkat yang di uji," tambah Rashad.

Tak hanya itu, Rashad juga memaparkan hal lainnya yang perlu dilakukan adalah memperkenalkan arah perkembangan teknologi 4G ke masyarakat, baik pelanggan XL maupan masyarakat pada umumnya. Pengenalan ini antara lain meliputi pengetahuan mengenai teknologi 4.5G, selain juga memberikan pengalaman langsung kecanggihan teknologi mendatang di XL 4.5G Xperience Zone. 

Tak kalah penting adalah kesiapan pengetahuan masyarakat tentang 4.5G dan ekosistem pendukungnya, XL Axiata juga mendukung visi pemerintah untuk menggelar layanan 4.5G di Asian Games 2018. Seperti sudah diketahui, Menkominfo beberapa waktu yang lalu menyatakan harapannya agar layanan 4.5G sudah bisa dioperasikan secara maksimal untuk mendukung hajatan olahraga terbesar di Asia tersebut.

Tahun 2017 ini, managemen XL Axiata juga telah menganggarkan dana belanja modal (capex) sekitar Rp 7 triliun. Alokasi belanja modal tersebut sesuai dengan fokus perusahaan di tahun 2017 ini, yaitu memperluas dan meningkatkan jaringan 4G. Pada tahun ini XL Axiata akan membangun sekitar 17 ribu BTS 4G di berbagai daerah.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS