February 8, 2017

YouTube Hadirkan Fitur Mobile Live Streaming. Baru untuk Para Vlogger Populer

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
YouTube Hadirkan Fitur Mobile Live Streaming. Baru untuk Para Vlogger Populer  

MOBITEKNO – Pihak YouTube secara bertahap mulai memperkenalkan fitur mobile live streaming di platform video sharing-nya bagi para pembuat konten video (vlogger). Fitur ini belum dihadirkan secara luas karena YouTube baru menghadirkannya untuk para vlogger dengan jumlah pelanggan (subscriber) di atas 10 ribu orang.

Fitur yang termuat langsung dalam aplikasi YouTube di smartphone ini bisa langsung digunakan dengan menekan (men-tap) tombol 'Capture' saat pembuat konten ingin merekam sebuah video yang ingin didokumentasikannya secara langsung.

Menurut YouTube, video pada mobile live streaming ini akan memiliki fitur yang sama seperti video YouTube biasa, termasuk dengan fasilitas perlindungan terhadap penggunaan video secara ilegal (unauthorized).

YouTube bisa dikatakan paling belakangan mengadopsi fitur mobile live streaming/broadcast. Meski tidak sama persis, apliakasi Facebook, Twitter, dan Instagram sudah menghadirkan fitur siaran langsung ini secara luas bagi penggunanya.

Di samping menghadirkan mobile live streaming, platform YouTube yang sudah menjadi milik Google sejak 2006 ini juga memfasilitasi para kreator video untuk dapat meraih keuntungan (pendapatan) melalui apa yang disebutnya sebagai 'Super Chat'. Super Chat' bisa digambarkan sebagai 'pembayaran ekstra untuk mendapatkan kursi terdepan di era digital'.

Dengan 'Super Chat', para penonton video YouTube yang ingin pesannya menjadi 'pusat perhatian' bisa membeli pesan chat khusus yang diberi warna terang dan berada di urutan atas hingga selama lima jam.

Super Chat akan menjadi salah satu cara baru bagi para kreator/vlogger untuk me-monetize konten mereka, di samping tentunya bisa lebih dekat dengan para penonton/pemirsanya.
 

Tags: , , ,


COMMENTS