January 8, 2017

CES 2017: Yi Technology Pamerkan Drone Yi Erida Berkecepatan 120 km/jam

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
CES 2017: Yi Technology Pamerkan Drone Yi Erida Berkecepatan 120 km/jam  

MOBITEKNO – Xiaomi sudah memuaskan rasa ingin tahu pengunjung CES 2017 dengan menggelar tiga produknya sekaligus (Mi Mix varian putih, Mi TV 4, dan Mi Router HD). Namun, produsen asal Tiongkok ini masih punya kejutan lain lewat anak perusahaannya, Yi Technologies (Xiaoyi) dengan produk drone terbarunya Yi Erida.

Pada Mei tahun lalu, Xiaomi sebenarnya sudah meluncurkan drone pertamanya dengan harga terjangkau, yakni Mi Drone. Kini, mengambil momen ajang besar CES 2017, drone yang membawa brand Yi diperkenalkan oleh Yi Technologies.

Apabila Mi Drone lebih diposisikan sebagai drone quadcopter terjangkau (di bawah US$ 500), Yi Erida lebih diarahkan sebagai drone tricopter di segmen lebih tinggi yang siap bersaing dengan drone-drone dari DJI.

Selain berbaling-baling tiga (bukan empat seperti kebanyakan drone) Yi Erida juga memiliki memilki ukuran lebih besar dari Mi Drone. Yi Erida yang memiliki ukuran seperti drone DJI Inspire ini dua keunggulan utama dibandingkan drone-drone umumnya, yaitu kecepatan dan jangkauan terbang.

""

Menurut Yi (Xiayi),  meski hanya dilengkapi tiga baling-baling (motor), Yi Erida akan memilki kestabilan setara drone quadcopter karena diameter baling-balingnya yang relatif panjang dan bodinya (dari serat karbon) yang ringan (540 gram). Yi Erida diklaim bisa terbang dengan kecepatan maksimum 120 km/jam selama kurang lebih 40-45 menit.

Dikembangkan bersama Atlas Dynamics, drone Yi Erida yang sebelumnya disebut Erida Copter kini dilengkapi dengan action camera Yi 4K (60 FPS, 12 MP dengan sensor Sony IMX377) yang terpasang pada sistem gimbal khusus agar perekaman video menjadi lebih stabil. 

Drone yang sanggup terbang di kondisi bersuhu 15 hingga 40 derajat Celsius ini dapat dikontrol (via koneksi Wi-FI) dengan smartpone/tablet dengan software atau menggunakan joystick-style controller yang sudah disediakan. 

Yi Eirda menyediakan 7 (tujuh) pilihan mode terbang, antara lain, ‘Follow’, ‘Random’, ‘Beam’, ‘Focus’, ‘Orbit’, ‘Freeflight’, dan Mission. Kecepatan hingga 120 km/jam bisa dicapai karena salah satu baling-baling-nya bisa diputar 90 derajat untuk memberikan tenaga pendorong ekstra.

Seperti hanya produk Xiaomi atau Yi lainnya, Yi Erida drone baru akan tersedia di negara asalnya. Harga Yi Erida yang diperkirankan tidak jauh berbeda dengan drone DJI Mavic (antara US$ 750 hingga US$ 1.000) hampir pasti akan menarik, baik bagi pengguna drone amatir ataupun para semi profesional videographer.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS