February 7, 2017

Sambut Satu Dekade, Apple Dikabarkan Majukan Jadwal Produksi iPhone 8

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Sambut Satu Dekade, Apple Dikabarkan Majukan Jadwal Produksi iPhone 8  

MOBITEKNO – Tahun 2017 ini menandai kehadiran iPhone selam satu dekade. Mendiang Steve Jobs pertama kali mengumumkan smartphone pertama Apple tersebut pada tanggal 9 January 2007 untuk kemudian dipasarkan pada Juni 29 pada tahun yang sama.

Satu dekade menjadi salah satu smartphone terlaris di dunia tentulah merupakan prestasi tersendiri bagi Apple. Momen yang penting ini juga ingin diperingati Apple dengan cara tersendiri. Salah satunya dengan rencana mereka memajukan jadwal produksi smartphone terbarunya tahun ini, iPhone 8.

Menurut laporan analis BlueFin Research Partners, Apple akan mematok jadwal yang lebih dini produksi iPhone 8 dari tahun sebelumnya. Produksi iPhone terbaru berdasarkan kebiasaan Apple tahun-tahun sebelumnya biasanya dimulai bulan September. Sayangnya, analis belum dapat memberikan jadwal rilisnya secara detail.

Sebagai konsekuensi majunya jadwal produksi, Apple akan mengurangi tingkat produksi seri iPhone yang telah dirilis, seperti iPhone SE, iPhone 7, dan iPhone 7 Plus. Masih belum diketahui juga berapa persen pengurangan produksi untuk setiap seri tersebut untuk mengantisipasi produksi iPhone 8 nanti.

Tahun ini juga menjadi awal bagi Apple untuk merakit iPhone di luar Tiongkok, setelah baru-baru ini sepakat dengan India untuk membangun pusat perakitan iPhone di kota Bengaluru (Bangalore).

Menurut sumber BlueFin, Apple akan meningkatkan jumlah produksi iPhone 8 hingga 300 dari jumlah 9 juta unit yang ada sebelumnya pada Juni nanti. Dengan demikian, tingkat produksi total iPhone dari 45 juta unit akan meningkat menjadi 48 juta unit. Komposisinya lebih didominasi iPhone dengan penurunan jumlah produksi pada seri iPhone terdahulu.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS