May 6, 2017

Kwartal Pertama 2017 Huawei Sukses Kapalkan 34 Juta Lebih Unit Smartphone

Penulis: Eko Lannueardy
Kwartal Pertama 2017 Huawei Sukses Kapalkan 34 Juta Lebih Unit Smartphone  

MOBITEKNO – Huawei Consumer Business Group mengumumkan bahwa mereka telah mengapalkan sebanyak 34,55 juta unit smartphone sepanjangan kwartal pertama di tahun 2017, jumlah ini meningkat sebesar 21,6% dari tahun sebelumnya. 

Berdasarkan laporan IDC (International Data Corporation), pangsa pasar smartphone Huawei secara global meningkat ke angka 9,8%. Hal ini  mengukuhkan posisi Huawei lebih jauh sebagai satu dari antara tiga vendor smartphone terbesar di dunia.

"Berkat bertumbuhnya pengakuan global terhadap produk dan brand Huawei, posisi Huawei Consumer Business Group sebagai merek premium terus menguat di akhir kwartal pertama tahun 2017 ini," ujar Richard Yu, selaku CEO dari Huawei Consumer Business Group.

Di kwartal pertama tahun 2017, Huawei berhasil mencatat pertumbuhan yang signifikan di banyak negara. Pengapalan unit smartphone dari tahun ke tahun meningkat lebih dari 50% di 52 negara, bahkan 32 diantaranya mencatat pertumbuhan melebihi 100%. 

Di Tiongkok dan Eropa, pengapalan smartphone Huawei mempertahankan pertumbuhan yang pesat dengan pertumbuhan 20% untuk Tiongkok dan 15% untuk Eropa. Selain itu, Asia Tenggara dan Asia Pasifik mencatat pertumbuhan pengapalan smartphone lebih dari 70%.

Pertumbuhan pesat yang diraih tidak terlepas pencapaian dari sektor smartphone premium, yang terdongkrak berkat penjualan dari perangkat seri Huawei P9 dan Huawei Mate 9. 

Keberhasilan ini juga menunjukkan pengaruh Huawei sebagai merek premium di dunia. Di kwartal pertama 2017, proporsi perangkat smartphone kelas menengah dan kelas atas dari Huawei (berkisar di atas US$300) meningkat 11% dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Berdasarkan laporan dari GfK, untuk pangsa pasar kelas atas (kisaran diatas US$500), Huawei berhasil menguasai 9,7% dari pangsa pasar global pada bulan Februari 2017, mencapai 10% di 9 negara, termasuk Tiongkok, Spanyol, Italia, Thailand dan pasar penting lainnya.

Jajaran seri smartphone flagship terbaru, Huawei P10 telah tersedia di lebih dari 30 negara sejak resmi diluncurkan pertama kali secara global pada tanggal 26 Februari 2017 di ajang MWC 2017 di Barcelona. 

Jajaran Huawei seri P terbaru ini juga meraih popularitas yang sangat besar dari para konsumen di seluruh dunia berkat pengalaman fotografi yang menakjubkan yang dihadirkan oleh Huawei P10.

Huawei juga mulai menggoyang pasar tablet. Bisnis tablet Huawei telah bertumbuh secara signifikan, dengan pertumbuhan pengapalan unit di tahun ini yang mencapai lebih dari 70% dibandingkan tahun sebelumnya.

"Untuk ke depannya, Huawei Consumer Business Group akan berfokus dalam meningkatkan layanan pelanggan, dan memperkuat kehadirannya di laju penjualan, ritel, branding, pemasaran, layanan dan sektor lainnya," pungkas Richard Yu.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS