March 6, 2017

Huawei P9 Dalam Pangujian Antutu dan Geekbench

Penulis: Desmal Andi
Huawei P9 Dalam Pangujian Antutu dan Geekbench  

MOBITEKNO – Sudah hal yang umum untuk mengukur kinerja smartphone Android, banyak yang mengandalkan aplikasi Antutu dan Geekbench yang bisa di-download secara gratis melalui Android Play Store. Aplikasi ini memiliki beberapa mode pengujian yang dijalankan secara otomatis saat menekan tombol “Start”. Tidak hanya kinerja prosesor, memori hingga grafis yang ada pun diuji dengan cermat.

Hasil yang diperoleh dari pengujian ini bisa menjadi indikator kemampuan sebuah smartphone. Apalagi, poin bisa disandingkan dengan poin-poin lain hasil dari pengujian yang sama pada brand lainnya. Dengan demikian, bisa diukur kemampuan smartphone yang diuji dengan smartphone lainnya.

Lalu, bagaimana kemampuan Huawei P9 jika diukur melalui dua aplikasi benchmark ini? Setelah melakukan proses hard reset agar pengukuran bisa lebih optimal karena tidak terganggu oleh beban dari aplikasi yang ter-install, aplikasi Antutu dan Geekbanch pun dipasang di Huawei P9. Selanjutnya, kami mulai proses pengujian ini dengan Antutu menjadi aplikasi benchmark pertama yang dijalankan.

Hasilnya cukup memuaskan. Huawei P9 yang menggunakan prosesor Hisilicon Kirin 955 dengan RAM 3 GB dengen sistem operasi Android 6.0 Marshmallow ini mencatat skor 81850. Skor yang cukup tinggi untuk smartphone yang mengutamakan fitur kamera ini.

""

Lalu bagaimana dengan hasil pengukuran aplikasi Geekbench 4.0? Sama seperti Antutu, hasilnya juga cukup baik. Geekbench mencatat skor 1675 untuk proses single-core dan 2823 untuk proses yang menggunakan multi-core. Bahkan, untuk single core hasilnya tidak jauh dengan Samsung Galaxy S7 Edge.

""

Jadi, dari pengukuran dua aplikasi benchmark ini sudah menunjukkan smartphone Huawei P9 tidak hanya mumpuni di urusan kamera tetapi juga untuk memproses apapun di dalamnya, termasuk office dan mengedit gambar, serta sosial media. (ADV)

Tags: , , , ,


COMMENTS