February 6, 2017

Mulai Terkuak, Seperti Apa Windows 10 Cloud yang Bakal Menantang Chrome OS

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Mulai Terkuak, Seperti Apa Windows 10 Cloud yang Bakal Menantang Chrome OS  

MOBITEKNO – Informasi tentang Windows 10 Cloud mulai sedikit diketahui setelah file ISO installer-nya bocor minggu lalu. Windows versi 'lightweight' yang dikembangkan khusus untuk notebook entry-level ini diharapkan Microsoft bisa pilihan menarik konsumen dibandingkan sistem operasi cloud lainnya yang mulai populer, yakni Google Chrome OS.

Windows 10 Cloud sebagai anggota baru Windows akan mirip dengan Windows RT dalam hal instalasi aplikasi. Penguna Windows tersebut hanya diberi akses untuk meng-install aplikasi yang berasal dari Windows Store.

Pilihan untuk hanya menerima aplikasi dari satu sumber ini (Windows Store) dijelaskan dalam dokumentasi Microsoft lebih dilandasi faktor keamanan karena malware yang menginfeksi aplikasi berbasis Win32 biasanya sukar menyusup dengan model distribusi aplikasi tertutup seperti ini.

""

Meski hanya menyediakan satu sumber aplikasi (Windows Store), para pengguna Windows 10 Cloud masih diberi pilihan untuk meng-upgrade ke edisi (SKU) Windows 10 lainnya yang lebih fleksibel dan lengkap, seperti Windows Pro.

Perlu diketahui jika Windows 10 Cloud yang bocor ini (bulid 15025) masih dalam tahap pengembangan awal.  Dengan demikian, beberapa fungsi dan fitur baru masih mungkin akan hadir atau disempurnakan pada upate Windows 10 Cloud berikutnya.

Seperti halnya Windows RT yang sempat digunakan pada tablet Surface RT, Windows 10 Cloud juga memiliki user interface yang sama dengan Windows 10 versi lainnya, termasuk aplikasi internal (pre-installed app) seperti browser Edge (dengan dukungan extension), Notepad, dan lain-lain.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS