January 6, 2017

Standar HDMI 2.1 Beri Jalan untuk Format 4K dan 8K Tampil dengan Refresh Rate Tinggi

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Standar HDMI 2.1 Beri Jalan untuk Format 4K dan 8K Tampil dengan Refresh Rate Tinggi  

MOBITEKNO – Tayangan video bukan hanya perlu ditampilkan di layar atau output display device lainnya dalam resolusi tinggi (4K atau 8K). Untuk itulah HDMI Forum yang bertanggung jawab terhadap standar HDMI (High-Definition Multimedia Interface) mengumumkan spesifikasi terbarunya, HDMI 2.1.

Dengan spesifikasi teranyar ini, HDMI 2,1 akan memiliki bandwidth yang lebih tinggi sehingga bisa mendukung lewatnya sinyal video 4K dan 8K berturut-turut pada refresh rate tinggi 120 Hz dan 60 Hz. Spesifikasi HDMI 2.1 juga disebut telah mendukung tayangan Dynamic HDR.

Kabel HDMI 2.1 nantinya akan menyediakan bandwidth 48 Gbps, meningkat secara siginifikan dari HDMI sebelumnya (18 Gbps). Adanya penambahan bandwitdh ekstra ini akan diikuti oleh munculnya bebagai monitor 8K baru, disamping monitor 4K dengan refresh tinggi, dalam beberapa tahun mendatang.

""

Saat di ajang CES 2107 ini saja, satu per satu produsen monitor sudah mulai meluncurkan monitor dengan refresh rate tinggi. Contohnya, Asus yang merilis monitor 4K gaming pertama di dunia yang mendukung refresh rate hingga 144 Hz.

Dynamic HDR juga merupakan fitur menarik yang dibawa HDMI 2.1. Dengan Dynamic HDR, pengguna bisa menikmati tampilan gambar dengan gamut warna (colour gamut) yang lebih kuas di layar monitor.

Selain itu, layar pun bisa beradaptasi dengan konten (frame demi frame) agar gamabr terlihat tajam, bisa diatur level contract, detail, dan brightness secara langsung (on the fly) berdasarkan apa yang ditampilkannya di layar.

HDMI 2.1 yang juga kompatibel dengan versi terdahulu akan diadopsi oleh produsen monitor untuk jajaran monitornya yang akan dirilis pada paruh kedua tahun ini.
 

Tags: , , ,


COMMENTS