January 6, 2017

Honda Manfaatkan UNI-CAB Untuk Kembangkan Sepeda Motor yang Dapat Berdiri Sendiri

Penulis: Desmal Andi
Honda Manfaatkan UNI-CAB Untuk Kembangkan Sepeda Motor yang Dapat Berdiri Sendiri  

MOBITEKNO – Menyeimbangkan sepeda motor dalam situasi kecepatan yang sangat renah tentunya merupakan pekerjaan yang sulit dibandingkan jika sedang dalam situasi kecepatan tinggi. Dengan hanya mengandalkan dua roda keseimbangan menjadi hal yang penting bagi sepeda motor, apalagi untuk sepeda motor berbodi besar. Honda ingin memecahkan masalah tersebut dengan mengembangkan teknologi yang diterapkan pada UNI-CAB, kendaraan untuk single user, yang memiliki tingat kestabilan tinggi saat digunakan.

Honda tidak ingin seperti perusahaan sepeda motor lainnya yang memanfaatkan teknologi gyroscope sebagai penyeimbang sepeda motor. Gyroscope memang dapat menyeimbangkan sepeda motor di situasi diam sekalipun. Namun, penggunaaan Gyrsocope menambah beban total sepeda motor dan tentunya bisa menghambat pengalaman pengendara dalam menunggangi sepeda motor miliknya. Inilah yang membuat Honda lebih berfokus untuk memanfaatkan teknologinya sendiri yang pernah diterapkan pada kendaraan personal, UNI-CAB.

UNI-CAB sendiri diperkenalkan Honda sekitar tahun 2013 sebagai moda transportasi personal. Kendaraan yang hanya memuat satu orang ini dapat membantu masyarakat saat sedang berjalan-jalan di taman atau area sekitar rumah. Dengan UNI-CAB, perjalanan menjadi lebih praktis.

Melihat kepraktisan pada UNI-CAB dan mampu menopang beban di atasnya dengan tetap pada posisi stabil, tidak membuat unit rebah atau jatuh, Honda pun akhirnya berpikir untuk menggunakan teknologinya untuk sepeda motor masa kini. Belum diketahui secara pasti kapan Honda akan menerapkan teknologi ini untuk sepeda motor yang benar-benar berada di jalan raya. Namun, jika dilihat dari video yang disuguhkan Honda, sepeda motor ini bisa membantu banyak orang untuk menggali pengalaman yang lebih baik dalam menggunakan sepeda motor.

Sumber: Uber Gizmo

Tags: , , , , , ,


COMMENTS