January 6, 2017

BlackBerry Perkenalkan Sistem Operasi Terbaru yang Aman untuk Kendaraan Otonom

Penulis: Eko Lannueardy
BlackBerry Perkenalkan Sistem Operasi Terbaru yang Aman untuk Kendaraan Otonom  

MOBITEKNO – BlackBerry disela-sela gelaran CES 2017 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat kembali membuat gebrakan. Kali ini, perusahaan asal Kanada tersebut memperkenalkan QNX Software Development Platform 7.0 (QNX SDP 7.0), sistem operasi yang aman dan bisa dimanfaatkan secara embedded untuk industri otomotif.

Lewat paparan rilisnya yang dikirim ke Mobitekno.com, QNX SDP 7.0 merupakan sistem operasi 64-bit yang dibangun atas teknologi QNX yang telah terbukti dapat diandalkan serta meningkatkan standar keamanan dan performa pada sebuah mobil. Di CES 2017, QNX SDP 7.0 akan didemontrasikan dengan  BlackBerry QNX’s 2016 Jaguar XJ dan mobil konsep 2017 Lincoln MKZ.

"Munculnya kendaraan yang saling terkoneksi dan kendaraan otonom, arsitektur elektronik mobil terus berkembang. Mulai dari sekian banyak prosesor yang lebih kecil dimana masing-masing melaksanakan fungsi tertentu, sampai satu set pengendali domain berkinerja tinggi, ditenagai oleh prosesor 64-bit OS dan unit-unit pemrosesan grafik", ujar John Wall, Senior Vice President and Head of BlackBerry QNX.

Ditambahkan oleh Wall, QNX SDP 7.0 tidak hanya sesuai untuk mobil, tetapi juga hampir semua aplikasi keamanan atau aplikasi mission-critical yang membutuhkan performa 64-bit dan keamanan canggih. Hal ini mencakup robot bedah, pengendali di pabrik dan kereta kecepatan tinggi. 

QNX SDP 7.0 menyediakan performa tinggi dan peningkatan keamanan pada tingkat kernel melalui beberapa fitur, termasuk arsitektur microkernel, enkripsi berkas, adaptive time partitioning, framework dengan ketersediaan yang tinggi, deteksi anomali, dan akses kendali bertingkat berdasarkan kebijakan. 

Dilengkapi dengan QNX Neutrino Realtime OS and QNX Momentics Tool Suite generasi terbaru, sistem operasi yang dapat diandalkan ini membantu menjaga dari kerusakan sistem, malware dan serangan dunia maya dengan mengimplementasikan model keamanan bertingkat yang diatur oleh kebijakan, yang menggabungkan teknologi keamanan terbaik pada kelasnya dari BlackBerry. 

Tak hanya itu, BlackBerry mengembangkan sistem operasi ini juga menawarkan safety pedigree yang telah terbukti oleh sertifikat ISO 26262 ASIL D ( tingkat tertinggi yang dapat dicapai) untuk otomobil dan IEC 61508 SIL 3 untuk otomatisasi sistem industri dan IEC 62304 untuk alat kesehatan life-critical Kelas III.

Saat produsen mobil ingin menggabungkan fungsi domain seperti infotainment, telematika dan instrumen digital kedalam sebuah virtual cockpit controller, QNX SDP 7.0 menyediakan OS yang dapat mendukung 64-bit untuk ARMv8 dan Intel x86-64, bersama dengan kemampuan virtual. 

Tags: , , , ,


COMMENTS