December 5, 2017

Miliki 10 Juta Pelanggan, T-CASH Akan Perluas Layanan Pembayaran Non Tunai di Indonesia

Penulis: Desmal Andi
Miliki 10 Juta Pelanggan, T-CASH Akan Perluas Layanan Pembayaran Non Tunai di Indonesia  

MOBITEKNO – T-CASHh, salah satu produk electronic money keluaran Telkomsel, berencana untuk lebih meluaskan layanan pembayaran non tunai untuk berbagai kebutuhan masyarakat di Indonesia. Hal ini dilakukan T-CASH sekaligus mendukung Gerakan Nasional Non Tunai yang sudah dicanangkan pemerintah untuk mengurangi persentase transaksi tunai di Indonesia.

Pengembangan layanan pembayaran yang direncanakan T-CASH ini karena T-CASH melihat masih banyaknya masyarakat Indonesia yang tidak memiliki akun di bank. Hal inilah yang menyebabkan semakin bertumbuhnya Financial Technology (Fin Tech) dalam dua tahun belakangan ini di Indonesia. Mereka yang dikategorikan sebagai “unbanked” ini jumlahnya cukup besar, yaitu 60 persen. Hanya 40 persen yang memiliki akses ke bank-bank yang ada saat ini. Selain itu, layanan non tunai perlu dikembangkan karena ternyata dari keseluruhan transaksi yang ada di Indonesia, 80 persen diantaranya dilakukan secara tunai.

“Ada banyak keuntungan jika proses pembayaran non tunai semakin banyak digunakan. Selain lebih efisien, cashless dapat mencegah kejahatan perbankan, seperti money laundry dan mencegah aliran dana untuk kejahatan terorisme,” kata Danu Wicaksana, Chief Executive Officer (CEO) T-CASH, di Energy Building, 5/12/2017. “Selain itu, di dunia telko ada 133 subscription dari layanan telko di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa satu orang di Indonesia bisa memiliki lebih dari 1 smartphone. Pemanfaatan perangkat mobile inilah yang bisa menjadi pendorong penggunaan non tunai di Indonesia,” tambah Danu.

""

Danu Wicaksana, Chief Executive Officer (CEO) T-CASH

Melihat kenyataan ini dan mendorong penggunaan cashless, T-CASH akan menghadirkan berbagai layanan dan inovasi untuk menjawab kebutuhan pelanggan di dua segmen utama, yaitu mikro dan lifestyle. Untuk saat ini, T-CASH tidak hanya menghadirkan fitur T-CASH Sticker Tap, tetapi juga Snap QR Code yang bisa digunakan untuk bertransaksi di lebih 50 ribu partner merchant. Tidak hanya itu, T-CASH juga bisa digunakan untuk kebutuhan pengisian saldo di lebih 60 ribu titik layanan di seluruh Indonesia, yang bekerjasama dengan jaringan ATM Bersama, GraPARI, Mobile GraPARI, minimarket, hingga outlet Telkomsel.

“T-CASH memiliki visi untuk menjadi penyedia produk uang elektronik nomor satu di Indonesia. Visi ini kami wujudkan melalui kualitas produk yang baik dan mudah digunakan, keamanan transaksi yang terjamin serta ekosistem outlet partner T-CASH yang lengkap dan beragam. Pelanggan kami tersebar di secara luas di kota-kota besar dan kecil dan kami bersyukur sampai saat ini mampu melayani lebih dari 10 juta pelanggan di Indonesia” pungkas Danu.

Ke depannya, tidak hanya urusan pembayaran yang bisa dilakukan oleh T-CASH. Bekerjasama dengan BPTN, T-CASH berencana untuk menjadi aplikasi yang udah untuk peminjaman uang secara instan. Hal ini tentunya akan membantu masyarakat unbanked yang masih susah untuk mengajukan peminjaman uang guna membantu bisnis mereka.

Tags: , , , ,


COMMENTS