October 5, 2017

Review Coolpad Cool Dual: Smartphone Segmen Menengah yang Unggul di Fitur Kamera Ganda

Penulis: Desmal Andi
Review Coolpad Cool Dual: Smartphone Segmen Menengah yang Unggul di Fitur Kamera Ganda  

MOBITEKNO – Kamera ganda, ya fitur dua kamera sedang tren di berbagai smartphone untuk tahun 2017 ini. Mulai dari awal hingga penghujung tahun, banyak produsen smartphone mengeluarkan produk smartphonenya dengan fitur dual camera. Tentunya, efek gambar yang lebih detail dan jelas yang dikejar dalam fitur ini. Tidak terkecuali Coolpad yang juga memiliki produk smartphone kamera ganda, yaitu Coolpad Cool Dual.

Dengan bentang layar sebesar 5,5 inci, Coolpad Cool Dual bermain di ukuran layar yang cocok dengan ukuran telapak tangan kebanyakan orang Indonesia. Ukuran 5 hingga 5,5 inci memang menjadi ukuran layar favorit bagi smartphone yang hadir di tahun 2017 ini. Namun, tidak hanya ukuran layar saja yang menjadi penarik perhatian pengguna smartphone. Coolpad juga menampilkan berbagai fitur menarik di dalamnya.

Smartphone asal pabrikan China ini sebenarnya sudah diperkenalkan sejak bulan April 2017 lalu. Namun,  walaupun sudah masuk bulan Oktober 2017, kemampuan Coolpad Cool Dual masih menjadi pesaing bagi smartphone-smartphone baru yang baru muncul, terutama yang memiliki fitur kamera ganda. Penasaran dengan kemampuannya? Ikuti ulasan Mobitekno berikut ini.

Kelengkapan

Coolpad Cool Dual hadir dengan paket lengkap dalam sebuah boks berwarna putih. Desain boksnya cukup sederhana, namun cukup padat di dalamnya. Apa saja yang didapatkan dalam paket pembelian smartphone ini? Berikut ini informasi detailnya:

  1. Unit smartphone berwarna putih dengan layar 5,5 inci.
  2. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi.
  3. Earphone untuk mendengarkan file multimedia.
  4. Adaptor AC to DC yang untuk proses pengisian daya.
  5. Kabel data dengan port USB-C untuk proses transfer dan pengisian daya.
  6. SIM Card Ejector.

Desain

Saat Mobitekno membuka boksnya yang berwarna putih, tampak di bagian paling atas adalah unit smartphone Coolpad Cool Dual dengan warna putih. Buka plastik pelindung layarnya agar layar smartphone terlihat jelas, lalu nyalakan smartphone dengan menekan tombol power.

Jika smartphone diposisikan dengan layar menghadap ke atas, tampak jelas proporsi antara bagian atas dan bawah layar terlihat seimbang. Tiga tombol utama pada sistem Android, yaitu Back, Home, dan Recent, tampil denga dengan desain soft button sehingga saat layar tidak hidup, tampilan bawah terlihat stylish. Di sekelililng body, tampak balutan metal bezel tipis menambah daya tarik smartphone ini. Di bagian atas, terdapat lubang speaker memanjang simetris diapit oleh kamera depan berkapasitas 8 MP di bagian kanan dan sensor proximity di bagian kiri.

Beralih ke bagian belakang, terdapat kamera ganda yang menjadi fitur unggulan Coolpad Cool Dual. Desain kamera berbentuk vertikal dilengkapi dengan dual flash LED di samping kanannya. Persis di bawah kamera terdapat sensor sidik jari berukuran tidak terlalu besar. Dengan tampilan seperti kaca cermin, sensor sidik jari ini bisa juga berfungsi sebagai cermin untuk Anda yang ingin foto selfie dengan kamera belakang. Logo Coolpad terletak di bagian bawah. Namun, ada yang menarik di bawah logo ini, yaitu tulisan “LeEco inside” yang menandakan smartphone ini pada dasarnya merupakan samrtphone LeEco yang masuk ke Indonesia dengan membawa nama Coolpad.

Sekarang kita lihat di sisi kanan smartphone. Seperti kebanyakan smartphone lainnya. Bagian kanan terdapat tombol volume dan tombol Power. Desain kedua tombol ini begitu tipis sehingga tidak mengganggu saat smartphone diletakkan di dalam saku. Sementara itu, di bagian kiri terdapat slot untuk dual SIM Card. Menariknya, smartphone ini tidak mengadopsi sistem hybrid untuk dual SIM Card.

Di bagian atas terdapat port audio 3,5 mm dan di bagian bawahnya terdapat port USB-C dengan dual speaker di bagian kanan dan kirinya.

Dari sisi desain, tampilan Coolpad Cool Dual ini terlihat stylish dan modern. Dengan metal bezel, setiap di bagian ujungnya tampil melengkung. Walau memiliki kapasitas baterai yang besar, tetapi bobotnya tidak terlalu berat sehingga nyaman untuk digenggam dan dibawa kemanapun pemiliknya pergi.

Fitur & Performa

Sebagai bagian dari Leeco, Coolpad Cool Dual tentunya memiliki fitur yang bagus dan terkini. Dari sisi spesifikasinya, smartphone ini memiliki hardware yang bukan kelas bawah. Prosesornya menggunakan Qualcomm Snapdragon 652, dilengkapi GPU Adreno 510, RAM 3 GB, dan storage 32 GB. Sayangnya, smartphone ini tidak memiliki slot micro SD untuk menambah kapasitas storage yang ada.

Fitur lainnya yang dapat ditemukan dalam smartphone ini diantaranya adalah penggunaan user interface bawaan Coolpad, yaitu EUI 5.8. UI bawaan ini agak berbeda dengan kebanyakan smartphone. Salah satunya adalah penempatan berbagai shortkey yang biasanya bisa ditemukan saat menarik bagian notifikasi, dari bagian atas layar ke bawah. Jika kita tarik, yang terlihat hanya notifikasi aplikasi. Ada satu item di bawahnya yaitu Management di bagian bawah. Namun, saat dibuka yang terlihat adalah Notification management. Lalu, dimana letak shortkey yang mempermudah penggunaan smartphone?

Ternyata, fungsi ini terletak di bagian tombol Recent. Tap saja tombol ini, maka di layar akan terlihat beberapa tombol shortkey untuk berbagai fungsi. Klik tombol recent kembali, tampilan layar akan kembali ke bagian “Home”.

Sebagai smartphone yang dilengkapi dua kamera belakang, tentu saja keunggulan utama smartphone ini ada di bagian kamera. Buka aplikasi kamera lalu Anda akan diberi opsi apakah ingin menggunakan satu lensa atau dua lensa. Jika menggunakan dua lensa, kamera akan memposisikan sebagai SLR. Pilih fokus pada subjek foto lalu atur tingkat kecerahan warnanya. Dengan dual kamera ini, Anda bisa mendapatkan efek bokeh yang cukup menawan.

Karena memadukan dua lensa RGB dan monokrom, untuk keadaan minim cahaya, smartphone ini juga masih dapat menampilkan subjek foto dengan jelas, walau tetap terdapat noise di keadaan yang paling kurang mendapatkan cahaya.

Untuk penggunaan kamera belakang ini, Coolpad menyediakan beberapa efek untuk kemudahan pengguna. Anda tinggal memilih efek foto yang akan Anda gunakan.

Bagaimana dengan kamera depannya? Kamera depan juga dapat menghasilkan foto yang bagus berkat kemampuannya sebesar 8 MP dengan apperture f/2.0.

Coolpad Cool Dual juga dibekali dengan banyak sensor. Mulai dari Accelerometer, proximity, compass, hingga Gyroscope ada dalam smartphone ini. Bahkan, sensor sidik jari juga bisa menjadi pengaman tambahan.

Untuk menunjang aktivitas penggunanya, Coolpad Cool Dual dibekali dengan baterai berkapasitas cukup besar, yaitu 4.000 mAh. Baterai sebesar ini didukung dengan teknologi fast charging sehingga tidak perlu berlama-lama untuk mengisi baterai hingga penuh.

Contoh foto:

Spesifikasi

Coolpad Cool Dual yang memiliki sistem operasi Android 6.0 marshmallow sebagai OS bawaannya, memiliki spesifikasi yang bagus di segmen smartphone kelas menengah. Jadi, spesifikasinya cukup mumpuni untuk berbagai aktivitas penggunanya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini spesifikasi dari Coolpad Cool Dual:

Layar 5,5 inci (1080 x 1920 piksel)
Sistem Operasi Android 6.0.1 Marshmallow
Chipset Qualcomm Snapdragon 652
GPU Adreno 510
Kamera Belakang Dual 13 MP, f/2.0, dual LED Flash
Kamera depan 8 MP, f/2.2
RAM (memori) 3 GB
Media Penyimpanan 32 GB
Jaringan GSM/HSPA/4G LTE
Kartu SIM Dual SIM Card
Komunikasi dan Fitur Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Micro SD Tidak ada
USB Type C
Sensor Fingerprint, Accelerometer, Gyro, Proximity, Compass, Ambient Light Sensor
Baterai 4.000 mAh Lihitum-ion

Kesimpulan

Dengan bentang layar 5,5 inci, secara keseluruhan Coolpad Cool Dual masih terasa enak dipegang oleh ukuran tangan orang Indonesia. Bodinya yang berbahan metal memang membuat smartphone ini terlihat lebih stylish dan elagan. Namun, bodi metal ini juga membuat smartphone sedikit terasa licin. Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan casing tambahan.

Kamera gandanya yang memiliki kemampuan 13 MP dari gabungan RGB dan monokrom membuat hasil jepretan bergitu detail, terutama jika digunakan di keadaan yang memiliki cukup cahaya. Penggunaan efek SLR bisa menciptakan efek bokeh yang menarik. Efek bokeh ini bisa Anda atur sesuai dengan keinginan.

Tiak hanya kamera, baterainya juga memiliki daya tarik dengan kapasitasnya sebesar 4.000 mAh. Kapasitas sebesar ini mampu mendukung aktivitas penggunanya lebih dari 24 jam. Didukung dengan teknologi fast charging, proses pengisian daya pun juga menjadi tidak lama.

Daya tarik lainnya tentu ada di sisi harga. Ya, Coolpad embanderol smartphone ini di rentang harga Rp 3 jutaan. Ada banyak smartphone yang bersaing di rentang harga ini. Jadi, dengan kemampuan kamera ganda miliknya, Coolpad Cool Dual bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda yang gemar melakukan foto-foto.

Tags: , , ,


COMMENTS