July 5, 2017

Kamera Lalu Lintas di Australia Terkena WannaCry

Penulis: Redaksi Mobitekno
Kamera Lalu Lintas di Australia Terkena WannaCry  

MOBITEKNO – Malware Petya mungkin bisa mengalahkan pamor ransomware WannaCry yang sempat merebak beberapa pekan lalu. Namun bukan berarti serangan WannaCry sudah berhenti menyerang sistem keamanan dan hilang begitu saja. Baru-baru ini bahkan diberitakan ransomware WannaCry menyerang sistem keamanan pada sebuah kamera lalu lintas yang terpasang di Australia, tepatnya di wilayah Victoria pada KM 55.

Dikarenakan kamera tersebut terinfeksi oleh WannaCry, pihak kepolisian setempat akhirnya terpaksa menonaktifkan kamera yang terpasang selama beberapa minggu ke depan. Ini artinya, pengendara pada wilayah tersebut bisa mengebut dengan kecepatan lebih dari 600 mph tanpa mendapatkan pelanggaran.

Kamera yang berada di wilayah Victoria tersebut sendiri bisa terinfeksi karena terkoneksi dengan jaringan internet. Belum jelas mengapa WannaCry memilih untuk menyerang kamera tersebut, bisa saja disengaja atau tidak.

Hingga saat ini, WannaCry sudah menginfeksi sekitar 300 ribu komputer yang ada pada 150 negara yang berbeda. Tak cuma perusahaan skala menengah hingga besar, pemerintahan pun tak lepas dari serangannya.

Sebuah perusahaan otomotif asal Jepang, Honda pun sempat terkena dampak dari ransomware tersebut. Dampaknya, mereka pun mau tidak mau harus menghentikan kegiatan operasionalnya selama beberapa waktu.

Tags: , , ,


COMMENTS