April 5, 2017

Pasar Laptop Gaming Kian Besar, Dell Tawarkan Inspiron 15 Gaming di Indonesia. Berapa Harganya?

Penulis: Iwan RS
Pasar Laptop Gaming Kian Besar, Dell Tawarkan Inspiron 15 Gaming di Indonesia. Berapa Harganya?  

MOBITEKNO – Menurut banyak lembaga survei, pasar PC/laptop global masih belum menunjukkan peningkatan siginifikan dalam beberapa tahun ini. Apakah nantinya industri PC/laptop akan tergerus oleh industri smartphone belum ada yang bisa memastikannya. Pasalnya, ada satu faktor yang membuat PC/laptop akan terus eksis ke depan yaitu game.

Hingga kini, game masih menjadi salah satu 'magnet' terkuat konsumen untuk membeli atau meng-upgrade PC atau laptop. Menurut laporan JPR (Jon Peddie Research), pasar hardware PC gaming global sudah menembus angka US$ 30 miliar untuk pertama kalinya di tahun 2016 lalu. Di mana Asia Pasifik menjadi wilayah dengan pertumbuhan dan besar pasar terbesarnya di dunia.

Industri PC gaming di Indonesia, seperti juga negara Asia Pasifik lainnya, sangat potensial untuk terus bertumbuh. Kultur PC gaming yang sudah terbentuk, populasi penduduk yang besar, dan kurangnya penetrasi konsol game merupakan faktor-faktor pendukungnya.

""

""

 

""

Tidak mengherankan jika Dell yang selama ini lebih dikenal dengan laptop gaming premiumnya, yaitu Alienware akhirnya juga tertarik menawarkan laptop gaming di segmen lebih mainstream dan terjangkau di pasar Tanah Air. Selama ini, laptop gaming dengan harga di bawah 20 juta umumnya ditawarkan oleh beberapa vendor Taiwan, seperti Asus dan MSI.

Laptop gaming Dell dengan harga kompetitif ini diwakili oleh seri Inspiron 15 Gaming (7567) yang ditawarkan mulai harga Rp 12.599.000,-. Laptop Windows 10 yang mengusung komponen dan desain yang memprioritaskan performa tinggi ini diperkuat prosesor Intel Core i7 H-series, discrete graphics Nvidia GTX (Pascal based), RAM hingga 16 GB (DDR4)

Bagi game yang mobile, Dell Inspiron 15 Gaming (7567) juga telah mengusung baterai berdaya tahan lama (74 WHr 6 cell) yang diklaim mampu digunakan selama 8 jam 39 menit (bergantung game dan aplikasi yang dijalankan).

Menurut Catherine Lian, Managing Director Dell EMC Indonesia, "Tidak semua orang bermain game dengan cara yang sama. Karenanya Dell kini menawarkan kepada para gamer pilihan harga dan sistem laptop yang lebih baik dengan lini Inspiron gaming yang siap dimainkan begitu keluar dari kemasannya."

""

""

Laptop Inspiron 15 Gaming terbaru juga dilengkapi dengan sistem ventilasi khusus di sisi depan dan belakang. Selain itu, sistem pertukaran panas (heat exchanger) berkapasitas besar menghubungkan pipa berukuran besar ke dua kipas pendingin dengan baling-baling yang bekerja efisien.

Menurut William Hartoyo, Brand Manager Consumer EUC Dell Indonesia, desain dan mekanisme ventilasi udara pada Inspiron 15 Gaming ini, para gamer tidak perlu harus khawatir laptop-nya kepanasan (overheat) dan performanya menurun (CPU dan GPU throttling) karena suhu di dalam otebook akan selalu dijaga agar tetap 'cool'. Ini dibuktikan saat Inspiron 15 Gaming menjalankan beberapa game terbaru yang lumayan 'berat', seperti Overwatch atau Battlefield 1.

Laptop Inspiron 15 Gaming baru ini menyediakan pilhan resolusi layar yang sesuai kebuituhan para gamer, baik layar Truelife Ultra HD (resolusi 4K) atau Full-HD anti-glare dengan opsi fitur layar sentuh.
 

Tags: , , , , ,


COMMENTS