April 5, 2017

Mendorong Ekonomi Digital dengan Perusahaan Telekomunikasi di Pusat Rantai Nilai

Penulis: Rully Moulany
Mendorong Ekonomi Digital dengan Perusahaan Telekomunikasi di Pusat Rantai Nilai  

MOBITEKNO – Bisnis kini semakin bergeser ke arah digital. Layanan-layanan yang sebelumnya terlalu mahal atau tidak menguntungkan sekarang dapat dilakukan berkat suatu gelombang baru dari teknologi-teknologi software-defined yang intensif dari segi komunikasi.

Penyedia layanan komunikasi (communications service provider/CSP) berada di pusat rantai nilai digital, di mana perusahaan-perusahaan lintas industri mengandalkan jaringan komunikasi dan daya komputasi untuk menjalankan elemen-elemen penting dari layanan mereka.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, jaringan komunikasi harus dapat diandalkan, elastis, lebih aman, dan dapat membedakan lokasi (location-sensitive). Jaringan tersebut juga harus lincah untuk memungkinkan pengenalan akan layanan dan kemampuan baru secara lebih cepat dan ekonomis.

Jaringan kini harus melayani tidak hanya konsumen atau perusahaan enterprise terpusat saja, tetapi juga perangkat-perangkat dan sensor-sensor tersebar yang saling terhubung dan mendistribusikan kapasitas komputasi dan penyimpanan di seluruh jaringan di era Internet of Things (IoT).

Perubahan-perubahan ini telah terjadi. Perusahaan digital pure-play (yang murni melakukan transaksi hanya di dunia maya) tengah mendisrupsi pasar, dengan menggunakan teknologi-teknologi open source guna membantu meningkatkan daya saing dan mempercepat modernisasi.

Software open source dapat menawarkan inovasi yang lebih cepat dan layanan siklus hidup yang bebas dari vendor lock-in (ketergantungan terhadap vendor/produk pihak ketiga). Inti dari teknologi open source adalah lebih banyak pihak yang bersatu dalam suatu komunitas yang terbuka guna membantu menemukan solusi dengan lebih cepat dan meningkatkan kecepatan inovasi. Software open source dapat bersifat hardware agnostic (tidak bergantung pada hardware atau platform tertentu), yang memungkinkan decoupling (keterlepasan) software dari hardware, sehingga menghadirkan kebebasan memilih, kelincahan, serta efisiensi biaya.

Red Hat memainkan peran penting sebagai kontributor terkemuka di banyak komunitas-komunitas open source utama, dan bekerja sama untuk membantu menentukan solusi-solusi generasi berikutnya bagi perusahaan-perusahaan telekomunikasi dan secara lebih luas bagi industri informasi dan komunikasi.

Selain memberikan kontribusi kode dan pekerjaan-pekerjaan teknis dengan komunitas-komunitas open source, Red Hat berinvestasi untuk menguji, melakukan sertifikasi, mendokumentasi, mendukung dan menyediakan layanan-layanan terkait sebagai bagian dari penawaran Red Hat kepada pelanggan.

Red Hat telah melakukan hal-hal tersebut selama lebih dari dua dekade, dengan keberhasilan di banyak industri (termasuk industri telekomunikasi) di lingkungan-lingkungan datacenter, dan memberikan keuntungan efisiensi dan peluang-peluang inovasi.

Bahkan, 100% perusahaan-perusahaan telekomunikasi dalam daftar Fortune Global 500 telah mengandalkan Red Hat. Kini, dengan fokus pada OpenStack, perusahaan-perusahaan seperti Fastweb tengah memodernisasi infrastruktur mereka dengan kemampuan-kemampuan software-defined. Swisscom adalah contoh inovasi besar lainnya. Perusahaan ini telah membangun platform cloud yang lebih aman, terpadu dan fleksibel yang menawarkan layanan-layanan on-demand bagi klien mereka, yang didasarkan pada teknologi Red Hat.

Melangkah lebih jauh lagi, T-Systems telah menawarkan layanan cloud vertical-ready (bagi industri vertikal), yang akan mencakup teknologi platform aplikasi container dari Red Hat. Sementara itu, Telefonica menggunakan Red Hat Mobile Application Platform untuk membantu para klien enterprise mereka membuat aplikasi mobile dengan cara yang lebih cepat dan terintegrasi dalam hal back-office.

Semua hal tersebut sangatlah baik, namun itu tidak cukup. Untuk memungkinkan perusahaan telekomunikasi dan ICT memainkan peranan sentral dalam transformasi digital ekonomi, kami harus membantu mereka berkembang pada tingkat layanan jaringan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Red Hat telah mengembangkan kolaborasi dalam ekosistem industri telekomunikasi, termasuk membentuk aliansi dengan para pemimpin industri, seperti Ericsson, Nokia, Telefonica dan Intel, guna memenuhi kebutuhan industri melalui solusi-solusi dan tingkat layanan dari aliansi tersebut.

Dengan demikian, Red Hat dan ekosistem mitranya kini mampu menghadirkan solusi-solusi infrastruktur NFV pra-terpadu berkelas produksi, seperti yang ditawarkan Cisco.

Bagi Red Hat, pemimpin solusi open source, ini adalah era yang sangat menarik. Rekan-rekan kami di seluruh dunia tengah membantu berbagai perusahaan dari beragam industri dalam perjalanan mereka untuk menjadi lebih digital. Kami berada dalam posisi yang tepat untuk membantu mendukung backbone yang perusahaan-perusahaan tersebut butuhkan, yaitu konektivitas yang disediakan perusahaan-perusahaan telekomunikasi.

Secara pribadi, saya merasa terhormat untuk menjadi bagian dari transformasi ini bersama-sama dengan keluarga besar Red Hat, mitra kami dan para pelanggan kami.

Tags: , , , ,


COMMENTS