March 5, 2017

Microsoft Jelaskan Bagaimana ‘Game Mode’ Mendongkrak Performa Game di Windows 10

Penulis: Iwan RS
Microsoft Jelaskan Bagaimana ‘Game Mode’ Mendongkrak Performa Game di Windows 10  

MOBITEKNO – Microsoft sempat menunjukkan hadirnya fitur baru 'Game Mode' yaang bisa meningkatkan performa game di Windows 10 Creators Edition. Namun, Microsoft belum menjelaskan bagaimana fitur ini bekerja dan apa syaratnya agar fitur bisa optimal bekerja di PC. 

Baca juga: 'Benarkah 'Game Mode' Bisa Mendongkrak Performa Windows 10? Ini Penjelasannya!'

Menjelang dirilisnya Windows 10 Creators Edition pada April nanti, Microsoft sedikit memberikan 'pencerahan' terkait fitur 'Game Mode' tersebut di ajang Game Developers Conference (GDC) 2017 di San Francisco yang baru kelar digelar.

Menurut Microsfot, tujuan utama 'Game Mode' adalah memberikan prioritas khusus CPU dan GPU untuk menjalankan software gaming. Itu artinya, Windows akan mengalokasikan sumber daya (resources) CPU/prosesor sebanyak mungkin untuk game dan memberikan prioritas yang lebih rendah untuk proses Windows (Windows processes) lain yang tidak membutuhkan performa tinggi saat game sedang berjalan.

""

Microsoft menargetkan fitur ini untuk pengguna yang seringkali mengotak-atik Windows agar game berjalan dengan performa maksimum. Cukup dengan mengaktfkan fitur 'Game Mode' ini, Microsoft berharap pengguna tidak perlu lagi repot-repot mencoba satu persatu tweak Windows agar game berjalan optimal.

Pada CPU atau prosesor muli-core, fitur ini bisa mengalokasikan beberapa core khusus untuk menjalankan game sehingga tidak ada proses lainnya yang mengambil jatah core yang berlebihan. Misalnya, jika pengguna menggunakan proses delapan (8) core, Windows 10 bisa menyediakan 6 core untuk proses gaming dan menyisakan 2 core untuk proses lainnya.

Optimalisasi yang sama juga berlaku untuk GPU. Meski Windows biasa otomatis memberikan prioritas proses pada jendela (window) yang aktif, fitur 'Game Mode' akan memberikan prioritasnya lebih jauh lagi. Prioritas resource di sini juga berlaku untuk alokasi memori (RAM) di PC.

Sayangnya, fitur 'Game Mode' ini hanya berlaku untuk aplikasi game Win32 dan belum optimal untuk aplikasi game berbasis UWP (Universal Windows Platform). Microsoft berjanji akan memperluas dukungan 'Game Mode' pada game berbasis UWP di masa mendatang.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS