January 5, 2017

Toyota Perkenalkan Concept-i untuk Model Mobil Otonom

Penulis: Desmal Andi
Toyota Perkenalkan Concept-i untuk Model Mobil Otonom  

MOBITEKNO – Gelaran Consumer Electronic Show 2017 memang ramai diisi oleh produk-produk berteknologi canggih yang bisa digunakan dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Tidak hanya teknologi di dunia IT, teknologi di industri otomotif pun dihadirkan pada acara yang berlangsung di Las Vegas ini. Salah satunya adalah Toyota yang memperkenalkan mobil konsep untuk masa depan dengan nama Concept-i yang memiliki user interface berkemampuan Artificial Intelligence (AI).

Teknologi yang dibawa Toyota ini terinspirasi oleh teknologi Siri yang dimiliki Apple. Toyota memberikan nama ‘YUI” untuk virtual ‘AI Agent’ yang digunakan oleh Concept-i. Yui sendiri berasa dari bahasa Jepang dan memiliki banyak arti, mulai dari berpikir, mempertimbangkan, mencerminkan, atau mendukung.

Para desainer Toyota mengembangkan Yui sejak lama dan kemudian menambahkan fitur ini ke mobil Toyota. Dengan Yui, interaksi tidak lagi mengandalkan layar di tengah dashboard, head up display, lampu berwarna menarik, proyeksi, hingga teknologi lainnya untuk menyampaikan informasi ke pengemudi. Yui bisa berinteraksi dua arah dan bisa menyapa pengemudi di dalam kabin kendaraan.

Konsep Yui ini juga bisa berinteraksi dengan pengendara lain di jalan raya. Bahkan, faktor keselamatan untuk penumpang dikedepankan oleh Concept-i ini. Mobil dengan teknologi ini bisa menunjukkan jalur putar di depan, memperingatkan tentang potensi bahaya di jalan raya yang sedang dillaluinya, hingga menunjukkan keadaan cuaca, baik dalam mode manual maupun otonom.

Saat digunakan ode manual, AI system di Concept-i akan memonitor fokus pengemudi di kondisi jalan raya yang sedang dilaluinya. Dengan demikian, walaupun dalam mode manual, sistem masih dapat memperingatan pengemudi, terutama saat menghadapi situasi darurat.

Saat ini, Toyota sendiri belum menginformasikan kapan konsep ini akan digunakan secara umum. Namun, Artificial Inntelligence akan terus berkembang dan menjadi teknologi penting dalam sebuah mobil otonom.

Sumber: Leftlane

Tags: , , , , , ,


COMMENTS