January 5, 2017

Bekerjasama dengan DreamWorks, Honda Hadirkan Teknologi VR untuk Penumpang

Penulis: Desmal Andi
Bekerjasama dengan DreamWorks, Honda Hadirkan Teknologi VR untuk Penumpang  

MOBITEKNO – Virtual Reality merupakan teknologi yang banyak digunakan untuk menggambarkan keadaan sekitar dalam sebuah headet VR. Teknologi ini tidak hanya diperkenalkan untuk smartphone saja, tetapi juga di dunia otomotif. Honda sebagai brand otomotif besar turut mengadopsi Virtual Reality untuk menggambarkan situasi yang dihadapi penumpang saat berkunjung ke sebuah tempat. Teknologi yang mereka namakan Honda Dream Drive ini diperkenalkan pada acara CES 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat.

 Untuk mengembangkan teknologi ini, Honda bekerjasama dengan DreamWorks. Bersama, mereka membangun sebuah sistem berbasis VR sehingga dapat membawa penumpang ke dalam situasi virtual untuk keadaan di sekitarnya yang dipicu oleh berbagai gerakan dari kendaraan.

Honda Dream Drive bekerja berdaasarkan data telematika yang dapat digambaran secara jelas melalu perangkat headset VR. Contohnya, jika penumpang melihat sebuah tempat makan yang menarik, mereka dapat mengatur perangkat VR-nya untuk menampilkan tempat makan tersebut. Dengan data yang sudah dikumpulkan, sistem dapat menyajikan keadaan tempat makan, review dari pengunjung lainnya, hingga mampu menammpilkan lembar registrasi pemesanan tempat. Hal ini tentunya dapat menghemat waktu saat berkunjung ke tempat makan tersebut.

“Hiburan di dalam mobil saat ini cepat sekali mengalami perubahan. Konsumen pun kini lebih mengandalkan kepada perangkat pribadi sehingga Honda melihat peluang baru untuk menciptakan pengalaman uni bagi pelanggan,” ujar John Moon, Developer relation Lead Honda Developer Studio, seperti dikutip dari Leftlane. “Kolaborasi dengan DreamWorks memungkinkan Honda untuk meningkatkan level pengalaman di dalam kendaraan dengan menghadirkan teknologi baru untuk informasi dan hiburan,” tambah John.

Mengingat teknologi Honda Dream Drive membutuhkan perangkat headset VR, secara teori tentunya teknologi ini tidak diperuntukkan untuk pengemudi. Namun, jika disambungkan dengan perangkat lain, bisa saja pengemudi merasakan apa yang dihadirkan oleh Honda Dream Drive. Misalnya, bisa saja dari perangkat headset VR ditransformasikan ke head up display yang ada di depan pengemudi. Diluar hal tadi, Honda sudah merencanakan untuk mengaplikasikan teknologi Honda Dream Drive hanya ke mobil otonom.

Sumber: Leftlane

Tags: , , , , , ,


COMMENTS