January 5, 2017

AMD FreeSync 2 Tampilkan Gaming HDR Lebih Mulus dan Detail

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
AMD FreeSync 2 Tampilkan Gaming HDR Lebih Mulus dan Detail  

MOBITEKNO – Visi AMD untuk menghadirkan pengalaman gameplay terbaik kembali berlanjut dengan hadirnya iterasi kedua dari teknologi display-syncing monitor gaming, Radeon FreeSync 2. 

Menurut AMD, teknologi FreeSync 2 akan membuat monitor yang mendukungnya dapat menampilkan output konten HDR (High Dynamic Range) lebih mulus dan tampilan warna nyata tanpa perlu melakukan proses tuning monitor lebih lanjut.

Monitor dan TV yang mendukung HDR sebenarnya sudah ada di pasaran, Namun, sayangnya kebanyakan masih menampilkan output konten HDR dengan latency tinggi. Meskipun latency tinggi masih ‘layak’ untuk menonton film dan acara TV, efeknya untuk gaming di PC cukup signifikan menggangu kenyamanan para gamer.

Disinilah keunggulan teknologi FreeSync 2 berperan untuk menghadirkan fitur low latency (mengalihkan beban output HDR ke GPU) pada tampilan gambar di monitor secara mudah tanpa perlu utak-atik.

""

Bukan itu saja keunggulan yang dibawa teknologi ini. AMD FreeSync 2 juga mengatasi masalah awal yang dihadapi teknologi FreeSync sebelumnya. Teknologi FreeSync terdahulu diketahui punya sedikit masalah karena kurang konsisten mendukung LFC (low framerate compensation) pada beberapa monitor yang mendukung FreeSync. Dengan FreeSync 2, AMD kini mensyaratkan para produsen untuk juga mendukung fitur LFC pada produk monitornya.

Menurut Scott Herkelman, VP & GM of Gaming Radeon Technologies Group, AMD, Radeon Technologies Group, AMD "Gamer telah berbicara dan mereka telah menjadikan FreeSync pilihan yang luar biasa dan standar industri definitif untuk permainan yang halus, bebas stutter.”

""

“Radeon FreeSync 2 adalah teknologi pertama menggabungkan dukungan HDR dan teknologi refresh rate dinamis dan lancar (mulus), serta plug-and-play untuk peningkatan kualitas game otomatis jika menggunakan konten yang tepat, tambah Scott"

Perlu diketahui, FreeSync 2 bukanlah suksesor teknologi AMD FreeSync sebelumnya. Keduanya akan saling eksis untuk menjamin para gamer bisa mendapatkan experience terbaik dari graphics card Radeon dan monitor saat bermain game. Hadirnya FreeSync 2 juga tidak mewajibkan para gamer untuk mengganti GPU baru. Pasalnya, graphic card yang mendukung FreeSync juga kompatibel dengan FreeSync 2.

Hingga pengumuman ini, AMD belum menyebutkan monitor FreeSync 2 apa saja yang akan hadir di pasar. AMD hanya menjanjikan kehadiran monitor FreeSync 2 tersebut pada paruh pertama 2017. Produsen monitor Samsung sudah memberi ‘lampu hijau’ akan segera merilis beberapa monitor dengan teknologi FreeSync 2.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS