December 4, 2017

SoftBank Ajukan Penawaran untuk Saham Uber dengan Diskon 30%

Penulis: Rizki Romdoni
SoftBank Ajukan Penawaran untuk Saham Uber dengan Diskon 30%  

MOBITEKNO – Tim investor yang dipimpin oleh SoftBank Group, baru-baru ini melakukan penawaran untuk membeli saham Uber dalam sebuah tender. Penawaran yang dilakukan SoftBank ini meminta diskon harga di valuasi US$ 48 miliar sehingga SoftBank bisa mendapatkan harga saham yang 30 persen lebih murah dari valuasi Uber saat ini, yang sudah mencapai sekitar US$ 69 miliar.

Dikutip dari TechCrunch harga yang diusulkan per saham adalah $ 32,96. Jika tawaran ini disepekati, nilai yang bisa dibeli bisa di bawah US$ 50 miliar.

Selain masalah harga penawaran saham, dalam penawaran tersebut, SoftBank juga menginginkan agar Dewan Direksi Uber ditambah lagi, dari 11 direktur menjadi 17 direktur. Dari 17 direktur tersebut, dua kursi akan ditempati dari pihak SoftBank. Dengen demikian, usaha-usaha yang dilakukan dalam penawaran SoftBank ini bisa membawa bisnis Uber lebih baik lagi, setelah selama satu tahun belakangan ini Uber didera berbagai masalah.

Setelah mengalami beberapa masalah bisnis, para pimpinan Uber sempat melakukan berbagai lobi ke banyak negara untuk meyakinkan bisnis mereka. Uber memang sempat mengalami masalah peretasan data 50 juta pelanggan sehingga menurunka tingkat kepercayaan pelanggan kepada Uber.

Walaupun belum ada kesepakatan antara SoftBank dan Uber, tetapi bagi Uber jika mereka mendapatkan dana segar, mereka akan menggunakannya untuk ekspnsi bisnis dan investasi teknologi di Uber.

Tags: , ,


COMMENTS