October 4, 2017

Cetak Foto Di Mana Saja dan Kapan Saja Jadi Lebih Mudah dengan Canon SELPHY CP1300

Penulis: Iwan RS
Cetak Foto Di Mana Saja dan Kapan Saja Jadi Lebih Mudah dengan Canon SELPHY CP1300  

MOBITEKNO – Selain meluncurkan kamera DSLR full-frame terbaru EOS 6D Mark II, PT. Datascrip, dalam hal ini Canon Division, juga meluncurkan printer foto portabel model terbaru dari keluarga Selphy CP series, yaitu Canon Selphy CP1300. 

Seperti printer foto portabel terdahulu, Selphy CP1200, Canon mengandalkan kualitas cetak foto mumpuni dan beragam fitur menarik dari printer yang bodinya relatif kecil atau compact ini.

Yang lebih penting lagi, Selphy CP1300 sangat cocok bagi pengguna yang sering mencetak foto langsung dari kamera digital atau smartphone dimana saja dan kapan saja. Ini semua karena printer foto ini telah mendukung koneksi nirkabel (WiFi direct).

""

""

Menurut Merry Harun, Canon Division Director, PT. Datascrip, pada acara peluncarannya di Malang, Jawa Timur (28/9/2017), aktivitas fotografi kini bukan semata-mata dilakoni kalangan tertentu saja. Sebut saja mereka yang menggunakan kamera high-end DSLR dan kamera prosumer lain. 

Saat ini hampir semua konsumen tidak lepas dari aktivitas tersebut, termasuk pengguna smartphone atau kamera digital pocket yang ingin mengabadikan berbagai momen penting, seperti liburan, acara keluarga, dan lain sebagainya.

“Canon menghadirkan printer portabel terbaru Selphy CP1300 agar (konsumen) bisa mencetak di mana saja, kapan saja, dan dalam aktivitas apa pun. Dengan menggunakan baterai sebagai sumber dayanya, printer ini sangat praktis untuk dibawa bepergian”, ujar Merry.

""

""

""

Pengguna juga dapat saling berbagi momen ke orang lain yang belum ‘tersentuh’ dunia digital. Misalnya, mencetak dan memberikan foto tersebut ke kakek-nenek atau sanak famili yang kebetulan ingin menyimpannya sebagai foto kenangan.

Menurut Angelie Ivone, Manajer Marketing Canon Image Communication PT Datascrip, mudahnya mencetak foto dengan Selphy CP1300 bakal mengubah kebiasaan pengguna yang selama mencetak foto di studio foto atau stuidio instan di mal. 

Dengan Selphy CP1300, pengguna dapat mencetak foto ukuran postcard (kartu pos) 4 x 6 inci (juga mendukung cetak borderless) hanya dalam waktu sekitar 30 – 40 detik. Penjualan kertas glossy khsus untuk printer ini tersedia dalam tiga pilihan, antara lain 54, 108, dan 1080 lembar. Kertas ini sudah termuat dalam paket penjualan bersama cartrigde tinta SELPHY CP1300. Printer ini juga dapat menggunakan battery pack khusus (optional) untuk mencetak tanpa sumber listrik hingga sebanyak 54 kali proses pencetakan,

Kualitas foto yang dicetak menggunakan teknologi dye-sublimation ini pun diklaim Canon tidak kalah kualitasnya dari cetakan di studio/lab foto. Berbeda dari teknologi cetak tinta inkjet, printer berbasis dye-sublimation melakukan proses cetak dengan memberi lapisan plastik tipis (plastic film) khusus pada kertas yang juga khusus. Selain kualitasnya yang baik, hasil cetak foto juga lebih awet karena dilindungi dengan lapisan yang menjaga warna tetap cemerlang. Lapisan ini dapat melindungi foto dari debu, air, dan sidik jari. Apabila hasil cetak foto Selphy CP1300 disimpan pada kondisi ideal, kualitas fotonya dijamin tetap terjaga selama satu abad (100 tahun).

""

""

Berbeda dari teknologi cetak tinta inkjet, printer berbasis dye-sublimation melakukan proses cetak dengan memberi lapisan plastik tipis (plastic film) khusus pada kertas yang juga khusus. Umumnya, proses cetak printer dye-sublimation dilakukan melalui tiga tahapan (three-pass system), berturut-turut memberi lapisan cyan, magenta, dan yellow dye di atas permukaaan kertas. Inilah yang menjelaskan alasan kertas yang dicetak Selphy CP1300 terlihat keluar dan masuk beberapa kali sebelum proses cetaknya selesai.

Selphy CP1300 menyediakan layar monitor LCD 3,2 inci dan beberapa tombol kontrol untuk fungsi edit, cropping, dan lain-lain. Selain menerima input data dari smartphone, tablet, atau perangkat lainnya via koneksi WiFi, printer ini juga menyediakan slot MicroSD dan USB untuk transfer data. Berkaitan dengan proses cetak nirkabel (WiFi), pengguna smartphone atau tablet berbasis Android atau iOS dapat melakukannya dengan berbagai cara. Misalnya menggunakan aplikasi Canon PRINT, Canon Print Service (print plugin), AirPrint (iOS), atau Mopria Print Service (Android).

PT. Datascrip akan membanderol printer foto portabel Selphy CP1300 yang tersedia dalam tiga warna ini (hitam, putih, dan pink) di pasar Tanah Air seharga Rp 1.999.000. Tertarik mencetak foto ukuran postcard dengan berbagai susunan dimana saja dan kapan saja? Tidak banyak pilihan printer ideal untuk kebutuhan tersebut. Canon Selphy CP1300 dapat menjadi salah satu printer yang patut Anda pertimbangkan.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS