September 4, 2017

Review Final Fantasy Awakening: Game Seru Dengan Cerita Apik dan Grafik Mantap

Penulis: David Novan
Review Final Fantasy Awakening: Game Seru Dengan Cerita Apik dan Grafik Mantap  

MOBITEKNO – Bagi gamer di seantero dunia, nama Final Fantasy bukan sekadar judul kacangan biasa. Nama besar tersebut telah lama disandingkan dengan game berkualitas tinggi. Itu sebabnya tidak perlu kaget bila setiap gamer yang akan memainkan game bertema Final Fantasy langsung berharap banyak darinya.

Lalu, bagaimana dengan Final Fantasy Awakening? Game yang dirilis tidak lama berselang setelah Final Fantasy XV tersebut ternyata sempat menarik perhatian gamer, bahkan lama sebelum gamenya dirilis. Menjanjikan permainan yang seru dan memiliki nuansa khas Final Fantasy, game tersebut juga memperkuat keseriusan seri tersebut di kancah gamer mobile.

Bila dilihat sekilas, Final Fantasy Awakening berhasil memberikan permainan yang seru, apik, cerita mantap, dan nuansa kental Final Fantasy. Ditambah lagi dengan kualitas grafis nan keren serta dibalut oleh efek visual menakjubkan. Hal ini jelas membuat setiap pertarungan terlihat mewah, seperti memainkannya di sistem home console Playstation.

Apakah hanya sampai segitu saja kelebihan yang diberikan oleh Final Fantasy Awakening? Ternyata game ini juga menyimpan begitu banyak kejutan. Ketika kamu memainkannya, bersiaplah untuk menemui segudang fitur baru. Semakin lama kamu memainkannya, semakin kamu disibukkan dengan fitur baru yang begitu menarik. Dijamin kamu tidak akan bosan memainkannya untuk waktu lama!

Bagaimana? Apakah kamu mulai tertarik dengan beragam premise yang ditawarkan game ini? Kalau begitu temukan lebih banyak lagi informasi detailnya di dalam review ini. Apalagi bila kamu memang fans dari Final Fantasy, maka sudah sewajibnya memainkan game ini!

Gameplay

Permainan yang diusung oleh Final Fantasy Awakening adalah action berbalut manajemen karakter yang dimainkan. Kamu akan diminta untuk mengumpulkan tim berisi beberapa karakter, dalam game ini biasanya disebut Hero, untuk digunakan bertarung melawan musuh. Semakin jauh permainan berlangsung, semakin kuat pula musuh yang akan dihadapi.

Namun jangan takut, sebab dengan adanya sistem manajemen Hero maka kamu akan dapat memperkuat Hero tersebut. Seiring perjalanan, tim Hero kamu akan mendapatkan kesempatan untuk memperkuat dirinya, misalnya melalui peningkatan level Hero, melengkapi diri dengan persenjataan yang lebih kuat, atau bahkan mengganti Hero di dalam tim dengan yang lebih kuat. Bila musuh yang kamu temui tidak dapat dikalahkan, artinya kamu perlu memperkuat tim Hero lebih jauh lagi.

Setelah siap dengan tim yang kuat, maka pertarungan dapat dimulai. Untuk itu kamu hanya perlu memilih stage atau lokasi yang ada di peta dunia. Melalui lokasi itu, kamu dapat menemukan beragam tantangan yang kebanyakan adalah mengalahkan musuh dan berakhir dengan melawan boss musuh. Setelah lokasi tersebut berhasil kamu taklukan, maka lokasi baru yang lebih sulit akan muncul dan dapat ditantang kembali.

Pertarungannya sendiri berbentuk action yang dapat kamu kendalikan melalui tombol gerakan dan serangan. Serangan terbagi menjadi tiga macam, yaitu serangan biasa yang hanya memberikan kerusakan atau damage ke musuh, serangan skill yang memiliki efek tambahan seperti mampu membekukan musuh serta damage besar, dan terakhir serangan bernama Limit Break. Serangan terakhir hanya dapat dilancarkan setelah Hero mengumpulkan energi melalui serangan dan ketika terkena serangan.

Lalu bagaimana bila kamu tidak ingin mengendalikan langsung Hero tersebut? Untungnya game ini menyertakan fitur bertempur otomatis! Cukup menekan satu tombol di layar dan tim Hero akan bertempur tanpa campur tangan kamu. Cara ini sangat tepat digunakan ketika melawan musuh yang lebih lemah dan tidak membutuhkan strategi khusus.

Story

Salah satu pesona terkuat dari Final Fantasy Awakening adalah ceritanya yang mengadaptasi dari Final Fantasy Type-0. Bagi gamer yang belum pernah menyentuh game tersebut mungkin bertanya-tanya mengenai kelebihannya. Namun harus diakui bahwa Final Fantasy Type-0 merupakan salah satu Final Fantasy yang paling laku di dunia!

Pada Awakening, cerita Type-0 masih menggunakan dunia, tema, bahkan plot yang sama. Bedanya, Awakening menyisipkan tokoh utama baru di sana, yaitu karakter yang kamu mainkan. Alhasil, game ini menghasilkan cerita yang baru. Seakan dilihat dari sudut pandang dunia alternatif dan terus terang sangat menarik untuk diikuti, bahkan bagi gamer yang telah memainkan Type-0 sekalipun.

Pembawaan ceritanya juga dikemas menarik. Mulai dari beragam adegan grafis 3D dengan gerakan luwes sampai pengisi suara andalan yang sama dengan Type-0. Otomatis penampilan tersebut mampu membawa kembali memori bagi gamer yang sempat memainkan Type-0.

Bila kamu tidak terlalu lihai memahami bahasa Inggris, tidak perlu khawatir ketika memainkan game ini. Sebab, game ini telah diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia! Melalui tombol yang dapat ditemui pada layar awal permainan, kamu dapat mengubah bahasanya. Sedangkan untuk suara karakter ketika adegan cerita berlangsung masih tetap berbahasa Jepang.

Interaksi

Meskipun tidak sepenuhnya berbasis gameplay online, tetapi Awakening jelas adalah game online. Ketika kamu tidak bertarung, karakter yang dimainkan dapat bergerak menjelajahi akademi tempat tokoh dalam cerita bersekolah. Melalui tempat ini pula kamu dapat mengikuti cerita dan menemui tokoh game lain yang meminta bantuanmu.

Pada tempat ini pula kamu dapat melihat karakter yang digerakkan oleh pemain lain. Meskipun tidak berinteraksi langsung dengan mereka layaknya game online konvensional, tetapi kamu dapat mengobrol bebas melalui fitur chat. Selain berguna untuk mencari teman baru, kamu juga dapat menggunakan fitur chat untuk mengundang pemain lain membantu menyelesaikan tantangan khusus tim.

Selain mampu berinteraksi langsung melalui chat, kamu juga dapat bersaing dengan pemain lain melalui prestasi dan rangking. Mulai dari peringkat arena yang mengadu tim kamu dengan pemain lain, sampai peringkat kekuatan total timmu dapat ditemui di sini. Tim dengan peringkat tinggi selain dapat berbangga juga diberikan hadiah menarik.

Lalu, bagaimana dengan konsumsi bandwidth internet ketika memainkan game ini? Seperti yang kita tahu, internet di perangkat mobile didominasi oleh paket kuota dari operator telekomunikasi. Ketika diukur, game ini ternyata menghabiskan sekitar 2 MB untuk durasi permainan selama tiga jam nonstop. Apakah jumlah tersebut berat atau tidak untuk kamu, silakan tentukan sendiri.

Fitur

Kelebihan yang mencolok lain dari Awakening adalah jumlah konten di dalamnya. Ketika kamu merasa puas dengan konten dan fitur yang ada, tiba-tiba game ini membuka konten baru yang tidak kalah menariknya. Menariknya, semua itu diberikan gratis. Untuk mendapatkannya kamu hanya perlu terus memainkannya dan mengikuti jalannya cerita.

Mulanya, konten yang dibuka berkaitan dengan mode permainan baru, seperti arena untuk melawan tim asuhan pemain lain, dan Daily Dungeon yang hanya bisa dimainkan beberapa kali per harinya dan memiliki hadiah yang mantap. Namun, setelah itu konten yang berhubungan langsung dengan peningkatan kekuatan Hero dibuka. Dari sini waktu bermain kamu akan menjadi semakin lama, karena kamu perlu mengulang stage tertentu demi mencari bahan untuk memperkuat Hero!

Bahkan ketika memperhitungkan keterbatasan yang diberikan game ini, seperti sistem energy dan Vigor yang dibutuhkan untuk memainkan stage serta konten dungeon, kamu akan tetap menghabiskan waktu cukup lama. Seringkali di titik inilah kamu sudah tergolong ketagihan dan mulai berbelanja dengan menggunakan uang asli!

Meskipun game ini gratis untuk dimainkan, adanya akses untuk melakukan pembelian menggunakan uang asli adalah hal yang perlu kamu waspadai. Benda yang dapat kamu belanjakan adalah Crystal, mata uang khusus yang dapat digunakan untuk mengatasi semua masalah di dalam game. Contohnya, untuk membeli uang gold, persenjataan, bahkan sampai Hero baru.

Transaksi dengan menggunakan uang asli juga dapat digunakan untuk membeli status VIP. Status tersebut mampu memberikan keuntungan besar bagi pemiliknya. Apakah artinya pemain yang bermodal besar akan lebih baik dari pemain gratisan? Secara jangka panjang ya, karena pemain gratis akan lebih lama meningkat kekuatannya dibandingkan pemain berbayar.

Hero

Kunci utama untuk memenangkan game ini terletak pada tim Hero milikmu. Semakin kuat mereka, yang biasanya diwakili oleh peringkat kekuatan berupa angka, maka tantangan yang dihadapinya akan semakin mudah diatasi. Peringkat kekuatan tersebut dihitung berdasarkan akumulasi level Hero, komposisi Hero yang digunakan, level skill serangan yang telah dipelajari, sampai kekuatan persenjataan dan grade dari Hero itu sendiri.

Untuk mendapatkan Hero yang lebih baik, kamu akam dihadapkan dengan fitur membeli Hero. Sayangnya, kamu harus siap menggunakan mata uang Crystal untuk membeli Hero. Ketika membelinya, Hero yang didapat adalah acak. Jadi kamu tidak akan tahu siapa yang akan muncul dan menjadi milikmu! Apakah kamu beruntung mendapat Hero kuat atau mungkin sebaliknya!

Untungnya, mata uang Crystal tidak hanya dapat ditemui pada transaksi menggunakan uang asli saja. Biasanya Crystal bisa didapat dari stage berbentuk dungeon dengan tingkat kesulitan tinggi, atau melalui pencapaian (achievement) ketika kamu memenuhi persyaratan khusus. Misalnya, ketika berhasil mencapai level tertentu atau berhasil mengalahkan sejumlah musuh. Intinya, kamu tetap bisa membeli Hero, tetapi dengan frekuensi lebih rendah dibanding pemain berbayar.

Cara lain untuk memperkuat tim adalah dengan memasangkan Hero dengan Hero lain yang berteman akrab di dalam ceritanya. Sistem bernama Bond ini hanya akan aktif bila kamu membawa susunan Hero yang tepat, baik untuk Hero garis depan yang bertarung, Hero cadangan, atau Hero pendukung. Efeknya sangat besar, mulai dari memperkuat serangan Limit Break sampai memperkuat pertahanan sampai serangan.

Bukan hanya Hero saja yang dapat menikmati efek Bond. Persenjataan yang digunakan Hero juga dapat menimbulkan efek Bond. Fungsinya jelas dapat memperkuat Hero tersebut. Semakin banyak perlengkapan yang berhasil melakukan Bond, maka semakin kuat pula Hero tersebut. Semua Hero dan perlengkapan yang dapat melakukan Bond terhadap Hero dapat dilihat jelas pada layar informasi Hero tersebut. Jadi kamu tidak perlu menebak tanpa petunjuk mengenai sistem Bond ini.

Trik Bermain

Memainkan Final Fantasy Awakening sebenarnya tidak terlalu sulit, selama kamu memiliki tujuan pasti ketika bermain. Akibat adanya batasan energy dan vigor, kamu hanya dapat memainkan stage beberapa kali saja. Setelah itu menunggu sampai energy dan vigor tersebut terisi otomatis seiring jalannya waktu. Itu sebabnya kamu perlu menentukan untuk apa energy tersebut digunakan.

Biasanya tujuan tersebut terbagi menjadi beberapa arah, misalnya untuk mengumpulkan bahan untuk memperkuat senjata, aksesoris, atau meningkatkan rating dari Hero yang otomatis ikut memperbesar kekuatannya. Untuk mempermudah pengumpulan bahan, terdapat fitur Blitz yang secara instan mensimulasi pertempuran di stage tertentu. Syaratnya, kamu harus mendapatkan penilaian tiga bintang (penilaian terbaik) di stage tersebut. Biasanya penilaian berasal dari waktu penyelesaian dan berapa banyak anggota tim yang masih hidup.

Untuk memastikan tim Hero berhasil melewati stage, perhatikan kolom bertuliskan Recommended Power ketika memilih stage. Bandingkan dengan peringkat kekuatanmu di bagian atas layar permainan, bertuliskan Power. Bila angka di Recommended Power berwarna hijau, artinya stage ini mudah diselesaikan. Bila putih, artinya seimbang dan ada kesempatan kamu tidak mendapat penilaian tiga bintang. Sedangkan bila merah, maka kamu masih belum kuat menantangnya.

Sedangkan untuk penggunaan crystal yang terbaik adalah untuk membeli Hero Shards atau Equipment Shards. Shards adalah pecahan dari Hero atau perlengkapan, dan kamu perlu mengumpulkannya hingga jumlah tertentu supaya dapat digunakan. Cara ini jauh lebih pasti dibandingkan membeli Hero secara acak, karena kamu bisa melihat Hero apa yang nantinya akan muncul dari pembelian Shards. Ingat, Bond membutuhkan komposisi Hero yang sudah pasti.

Walaupun masih sangat banyak konten fitur yang ada dalam Final Fantasy Awakening, tetapi akan lebih menarik bila kamu sendiri yang mengalaminya sambil bermain! Namun hal penting yang perlu kamu ingat; persiapkan minimal sistem dengan Android 4.1 serta memori RAM minimal 1 GB dan storage minimal 1 GB!

Tags: , , ,


COMMENTS