March 4, 2017

Survei IDC: Selama 2016 Asus Kuasai 47,07 Persen Pasar Notebook Konsumer

Penulis: Desmal Andi
Survei IDC: Selama 2016 Asus Kuasai 47,07 Persen Pasar Notebook Konsumer  

MOBITEKNO – Tahun 2016 ternyata menjadi tahun yang menggembirakan bagi pasar notebook konsumen Asus. Pasalnya, IDC telah mengeluarkan hasil analisis mereka untuk pasar perangkat komputasi mobile di Indonesia. Dan, dari laporan per kuartal, berdasarkan data yang berakhir pada bulan Desember 2016, Asus berada di posisi puncak dengan raihan 51,7 persen. Secara keseluruhan, selama 2016, pasar notebook konsumer Asus mencapai 47,07 persen. Tahun  2016 sendiri, IDC mencatat ada sekitar 2,2 juta unit notebook dari berbagai segmen yang terjual di Indonesia.

Hasil ini tentu menggembirakan bagi brand aasal Taiwan tersebut. Apalagi, di kurun waktu tersebut (kuartal keempat), selisih dengan posisi kedua mencapai 33 persen. Bahkan, jika total market share posisi kedua dan ketiga digabungkan, hasilnya masih kecil dibandingan pasar Asus.

 “Angka-angka yang dirilis ini menegaskan bahwa upaya Asus untuk meraih simpati pengguna khususnya perangkat mobile computing mulai membuahkan hasil yang baik,” kata Galip Fu, Country Marketing Manager Asus Indonesia. “Tetapi tentunya kami tidak akan berpuas diri. Ke depannya Asus akan menghadirkan semakin banyak varian produk yang dapat menyentuh hati pengguna di Indonesia,” tambah Galip Fu.

Hasil yang sama juga diperlihatkan oleh  lembaga riset GFK yang menyebutkan pasar Asus di Indonesia untuk perangkat mobile computing terus menguat. Jika di akhir kuartal 3 tahun 2016 pangsa pasar Asus mencapai 35 persen, di kuartal 4 meningkat menjadi 35,9 persen. Dibandingkan dengan kuartal 4 tahun 2015, hasil yang diperoleh ini meningkat sebesar 2,3 persen.

Tags: , , , ,


COMMENTS