March 4, 2017

Seperti Apple, Xiaomi Juga Berniat Pasang Sensor Sidik Jari Langsung di Layar

Penulis: Iwan RS
Seperti Apple, Xiaomi Juga Berniat Pasang Sensor Sidik Jari Langsung di Layar  

MOBITEKNO – Xiaomi sudah dipastikan akan meluncurkan generasi kedua Mi Mix tahun ini setelah Lei Jun, CEO Xiaomi, mengindikasikan kemabali bergabungnya Philip Starck, desainer kenamaan Perancis, dalam pengembangan Mi Mix 2.

Beberapa bocoran seputar inovasi baru apa yang dibawa Mi Mix 2 mulai beredar. Salah satunya tentu adalah desain layar yang lebih agresif tanpa bezel (bezel-less) dengan rasio 'screen-to-body' di atas 91.3 persen.

Selain layar bezel-less, ada satu lagi inovasi yang diduga akan disematkan pada Mi Mix 2. Seperti diketahui, perusahaan Goodix belum lama ini mengumumkan teknologi sensor sidik jari terbaru yang disebut sebagai in-display fingerprint di ajang MWC 2017. 

Selama ini, teknologi fingerprint dari Goodix sudah banyak digunakan oleh beberapa vendor smartphone, dinataranya Huawei, Xiaomi, Oppo, LG, Nokia, dan ASUS. Selain Goodix, perusahaan lainnya yang juga menawarkan teknologi sensor fingerprint adalah Synaptics.

Teknologi fingerprint Goodix terbaru ini menarik karena bisa memasang sensor sidik jari langsung pada layar tanpa harus menggunakan tombol sensor terpisah di bawah layar atau di sisi belakang.

Sensor sidik jari di layar sebenarnya sudah pernah dikabarkan akan diterapkan pada Apple pada iPhone 8 yang juga akan diluncurkan tahun ini. Apabila teknologi dari Goodix ini benar-benar digunakan pada Mi Mix 2, berarti selain Apple, Xiaomi pun telah siap mengadopsi teknologi in-display fingerprint di paruh kedua tahun ini.

Apabila iPhone 8 memang ternyata dilengkapi sensor sidik jari di layar, tentu menarik diketahui, apakah kedua vendor akan menggunakan teknologi in-display fingerprint yang sama atau berbeda.

Seperti diketahui, belum lama ini Apple berhasil mendapatkan paten terkait teknologi in-display fingerprint di layar. Ini berarti, peluang Xiaomi Mi Mix 2 untuk dipasarkan di pasar Amerika relatif kecil karena kendala paten tersebut.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS