March 4, 2017

Apple Akhirnya Juga Tawarkan iPhone 6 Model 32 GB

Penulis: Iwan RS
Apple Akhirnya Juga Tawarkan iPhone 6 Model 32 GB  

MOBITEKNO – 

Apple biasanya mengikuti aturan tiga pilihan model (berdasarkan kapasitas storage)  dalam menawarkan produk iPhone-nya selama ini. Misalnya iPhone 5 (model 16 GB, 32 GB, dan 64 GB), iPhone 6 (model 16 GB, 64 GB, dan 128 GB), dan iPhone 7 (model 32 GB, 128 GB, 256 GB).

Namun, bila diperhatikan sejak iPhone 6 dan iPhone 7, pilihan modelnya terlihat tidak mewakili semua kebutuhan konsumennay selama ini. Ini mengingat ada perbedaan mencolok pada model dengan kapasitas storage terkecil (model pertama termurah) dengan model dengan kapasitas storage menengah (model kedua).

Misalnya saja pada iPhone 6 yang tidak tersedia dalam model berkapasitas storage 32 GB atau iPhone 7 yang tidak tersedia dalam model berkapasitas 64 GB. Aturan yang hanya menyediakan tiga model untuk setiap generasi iPhone dianggap banyak pihak merupakan salah satu strategi pemasaran Apple untuk lebih berorientasi pada profit ketimbang jumlah unit terjual.

Menurut asumsi Apple, calon pembeli iPhone 6 tentu akan lebih banyak yang memilih versi 64 GB ketimbang versi 16 GB yang pas-pasan atau versi 128 GB yang dianggap berlebihan. Resep yang kurang lebih sama juga masih diterapkan Apple saat meluncurkan iPhone 7.

""

Namun, pakem tiga model iPhone tampaknya mulai dipertimbangkan oleh Apple ke depan mengingat kompetisi yang semakin ketat beberapa tahun belakangan ini. Kini, perusahaan tersebut 'kedapatan' mulai mencoba menawarkan model iPhone 6 dengan kapasitas baru 32 GB yang sebelumnya belum pernah ada.

Sejak diluncurkan tahun 2014 lalu, iPhone 6 hanya tersedia dalam model 16 GB, 64GB, dan 128GB. Penampakan model atau varian iPhone 6 32 GB ini diketahui telah hadir dalam warna Gold di pasar Cina sejak januari lalu. Seperti diketahui, pasar Cina merupakan pasar iPhone terbesar setelah pasar AS. 

Selain muncul di Cina, iPhone 6 model 32 GB juga sudah dipasarkan di pasar Taiwan melalui kerjasama dengan operator Taiwan Mobile sejak bulan Maret ini. Paket dari Taiwan Mobile ini terbilang menarik karena iPhone 6 model 32 GB ditawarkan gratis dengan kewajiban bayar bulanan sekitar US$ 45 (sekitar Rp 600 ribu) selama 30 bulan.

Menurut rencana, Apple juga berniat memasarkan iPhone 6 model 32GB ke negara Asia lainnya. India yang sudah menjadi salah satu basis produksi iPhone menjadi kandidat kuat negara berikutnya disambangi iPhone 6 model 32GB. 

Bagaimana dengan Indonesia? Apakah salah satu operator akan digandeng Apple dengan paket kontrak yang menarik? Kita tunggu saja dalam beberapa bulan mendatang.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS