December 3, 2017

Jelang Harbolnas, Bukalapak Berikan Tips Berbelanja Online Aman dan Nyaman

Penulis: Desmal Andi
Jelang Harbolnas, Bukalapak Berikan Tips Berbelanja Online Aman dan Nyaman  

MOBITEKNO – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh pada tanggal 12 Desember setiap tahunnya sering memberikan diskon menarik sehingga menarik banyak orang untuk berbelanja di hari tersebut. Bukalapak sebagai pasar online di Indonesia pun kembali berpartisipasi pada perhelatan akbar Harbolnas 2017 ini.

Namun, bagi sebagian orang, melakukan transaksi keuangan secara online masih menjadi halangan. Masih ada rasa khawatir mengenai transaksi dan jenis barang yang akan mereka beli. Oleh sebab itu, sebagai dukungan terhadap Harbolnas, Bukalapak ingin membantu mereka yang ingin menyemarakkan Harbolnas 2017. Agar masyarakat bisa aman dan nyaman saat melakukan transaksi secara online, Bukalapak memberikan tips untuk aktivitas tersebut.

Beberapa tips tersebut antara lain:

  1. Pastikan website yang diakses diawali Https, bukan http saja.
  2. Pastikan website yang diakses adalah milik Bukalapak, www.bukalapak.com.
  3. Jangan pernah memberikan data yang sifatnya rahasia kepada orang lain. Misalnya data seperti username, password, OTP, dan lain sebagainya. Hal ini untuk menghindari pencurian akun yang bisa saja disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
  4. Abaikan apabila ada modus phising
    • Modus proses transaksi – Modus ini biasanya terjadi saat melakukan transaksi. Oknum mengirimkan link phishing dan meminta Pembeli untuk mengonfirmasi pesanan dengan cara meng-klik link tersebut.
    • Modus mengatasnamakan admin – Oknum mengirimkan pesan yang berisi bahwa Pembeli mendapatkan hadiah, promo, atau tawaran menggiurkan lainnya, dan meminta untuk meng-klik link yang diberikan.
    • Modus informasi palsu – Modus ini ditandai dengan adanya oknum yang mengirimkan informasi palsu dan meminta pembeli meng-klik link yang diberikan.
  5. Gunakan Payment System yang diciptakan oleh Bukalapak. Payment System ini merupakan metode wajib untuk bertransaksi oleh setiap Pembeli dan Pelapak agar aman dari penipuan. Keunggulan Payment System Bukalapak dibanding rekening bersama tradisional:
    • Lebih cepat – karena Pembeli dapat langsung membayar tanpa harus hubungi Pelapak untuk sepakat menggunakan rekening bersama seperti yang dilakukan di forum jual beli.
    • Notifikasi SMS – tiap Pembeli melunasi pembayaran maka secara real-time Pelapak mendapat SMS dari sistem Bukalapak untuk segera kirim barang.
    • E-banking – tak seperti rekening bersama tradisional, lewat Payment System Bukalapak pembeli dapat membayar lewat transfer bank.
    • Tercatat sistem – proses transaksi diatur otomatis oleh komputer sehingga kecil kemungkinan ada kesalahan.
    • Otomatis refund – sistem otomatis deteksi dan mengembalikan (refund) dana ke pembeli jika dalam 3 hari Pelapak tidak mengirim barang.
    • Feedback positif – Pelapak tetap mendapat feedback positif jika tidak ada konfirmasi dari Pembeli.
    • Tim Customer Service (CS) 7 hari 24 jam – walau transaksi telah diatur oleh sistem, Bukalapak tetap memiliki tim CS yang sigap melayani Pembeli dan Pelapak yang belum paham cara bertransaksi dengan payment System Bukalapak.
  6. Aktifkan Two-Factor Authentication (TFA) yaitu fitur yang diperuntukan mencegah jika ada penggunaan atau penyalahgunaan data penting dari device yang tidak dikenali. Kami juga menyarankan menjaga kerahasiaan password anda dan menggunakan security guide yang sudah disediakan Bukalapak (www.bukalapak.com/security_guide).

“Diharapkan melalui tips ini, masyarakat semakin cerdas dalam belanja dan berdagang online. Bukalapak akan selalu berkerja sama dengan para Pelapak dan Pembeli kami, demi kenyamanan mereka selama bertransaksi berjualan dan juga berbelanja. Kami percaya bahwa transparansi penting untuk memastikan kepercayaan pengguna kami di Bukalapak,” ujar Bayu Syerli, VP Marketing Bukalapak.

Selain itu, Bukalapak kembali mengajak para Pelapak untuk turut berpartisipasi dan bersaing sehat lewat perhelatan akbar ini. Bayu Syerli menambahkan, “Bagi para Pelapak, kami mengajak bersama-sama naik kelas, menunjukkan bahwa Pelapak di Bukalapak merupakan pedagang online yang terpercaya. Mari gotong royong dan jadi panutan di Harbolnas.”

Tags: , , ,


COMMENTS