October 3, 2017

Review Warlords Heroes Return: Pertempuran Antar-Pasukan Tiga Kerajaan

Penulis: David Novan
Review Warlords Heroes Return: Pertempuran Antar-Pasukan Tiga Kerajaan  

MOBITEKNO – Kisah tiga kerajaan China kuno rasanya tidak pernah habis digerus zaman. Penggemar kisahnya selalu terus bertambah, baik di kalangan tua maupun muda. Memang, kisah seru dan penuh muslihat yang terjadi di dalamnya begitu mengundang perhatian penikmatnya, sehingga tidak heran bila selalu ada saja yang mengadaptasinya kembali.

Bukan hanya laris dibuat menjadi buku, kisah tiga kerajaan juga menyusup ke ranah film serta game. Salah satu contohnya adalah Warlords Heroes Return, yang menyadap madu dari kisah epik tersebut ke dalam permainannya. Namun, game ini ternyata memiliki unsur yang mampu membedakannya dengan game adaptasi sejenis.

Warlords ternyata tidak serta merta menelan bulat-bulat kisah tiga kerajaan, yang kaya dengan intrik. Pada game ini, kamu hanya akan menemukan segelintir saja elemen tiga kerajaan. Bahkan, bisa pula dikatakan game ini adalah versi sederhana dari kisah tiga kerajaan.

Apa yang membuatnya demikian? Ternyata game ini hanya mengambil tokoh dari tiga kerajaan saja. Beragam nama besar yang telah menggetarkan sejarah China kuno, seperti Liu Bei, Sun Jian, Cao Cao, Guan Yu, atau Lu Bu ikut serta meramaikan game ini. Sayangnya, cerita dari kisah tiga kerajaan, yang seharusnya menjadi elemen terpentingnya, tidak diikutsertakan ke dalam game ini.

Sedangkan untuk permainannya sendiri, game ini mengusung bentuk action yang berbeda dan harus diakui menarik untuk dimainkan. Selain itu, feature di dalam permainan juga lumayan kaya, sehingga kamu akan terus menemukan unsur permainan baru ketika semakin lama bermain. Rasanya hal inilah yang menjadi kekuatan besar di balik game ini.

Gameplay

Permainan dari Warlords sendiri berputar pada peningkatan kemampuan avatar milikmu. Pada game ini, kamu akan lebih lama berusaha mendapatkan avatar terbaik, karena apa yang kamu gunakan memang sangat memengaruhi prestasimu. Misalnya, ketika timmu memiliki avatar kelas atas, yaitu tokoh terkemuka di tiga kerajaan, seperti Cao Cao, Liu Bei, atau Lu Bu, maka kamu akan sangat sulit untuk dikalahkan.

Namun, jalan menuju jajaran avatar kelas satu seperti itu tidaklah mudah. Mulanya kamu harus puas dengan avatar standar dan merangkak naik, demi mendapatkan modal untuk membeli avatar kelas kakap. Bila kamu ingin memainkan game ini secara serius, disarankan untuk meluangkan waktu banyak, supaya kamu bisa mengumpulkan avatar terbaik.

Selain modal untuk membeli avatar, kamu juga harus siap untuk menaikkan level dari avatar milikmu. Pada mode Campaign, kamu dapat mengikuti serangkaian misi yang didominasi oleh pertarungan. Melalui pertarungan itulah avatarmu dapat menaikkan levelnya. Keuntungan level tentu saja banyak ragamnya, mulai dari memperkuat avatarmu sampai memperluas pilihan serangan ketika bertarung dan membuka kemungkinan upgrade avatar.

Jadi, tujuan utama dari game ini adalah mengoleksi avatar dan memperkuatnya sampai setinggi-tingginya. Setelah kamu sudah cukup kuat, barulah mulai terbuka pintu baru untuk membuktikan kekuatanmu, melalui pertarungan melawan pemain lain sampai melawan boss yang begitu kuat bersama pemain lain. Sekali lagi, hadiah dari arah baru permainan itu adalah mendapatkan benda untuk semakin memperkuat dirimu.

Untungnya, game ini masih memberikan sedikit variasi permainan yang tidak terlalu monoton. Melalui feature baru yang terbuka setelah kamu mencapai level tertentu, permainan seakan mendapatkan angin segar, dan tentunya hal baru untuk kamu ikuti. Untuk itu, ada baiknya bila kamu secepatnya meningkatkan level melalui mode campaign!

Battle

Warlords memiliki keunikan bila dibandingkan dengan game sejenis, yaitu pertarungan yang melibatkan pasukan. Meskipun tidak semasif ratusan atau ribuan pasukan, seperti yang bisa ditemui pada game console bertemakan tiga kerajaan, tetapi tetap sangat menarik. Sebab, kamu jadi perlu memperhitungkan kekuatan pasukanmu selain avatar saja.

Ketika ingin memulai satu stage, yang diwakili oleh satu node di peta, kamu perlu memilih kekuatan tempur yang akan diturunkan untuk berperang. Dengan memilih avatar yang dipilah menjadi empat jenis unit, yaitu Warrior, Shooter, Advisor, dan Minister, maka kamu juga akan menentukan jenis pasukan seperti apa yang ikut berperang. Ya, hanya pasukan dengan jenis sama seperti avatar saja yang bisa ikut perang!

Setiap jenis avatar memiliki kelebihan dan kelemahan. Bahkan, setiap jenis avatar juga bisa dikatakan kuat melawan satu jenis avatar lain, serta lemah terhadap jenis lainnya. Misalnya, Warrior dengan senjata melee kuat melawan Shooter bersenjatakan panah, tetapi lemah melawan Advisor dengan serangan sihirnya.

Melalui sistem lingkaran kekuatan tersebut, pertempuran menjadi seimbang. Itu sebabnya sangat penting bagimu untuk memperhatikan komposisi musuh yang akan dilawan. Bila kamu menurunkan pasukan Warrior semua padahal lawanmu didominasi oleh Advisor, maka jangan kaget bila kamu kalah nantinya.

Pertempuran berjalan secara otomatis, artinya kamu tidak perlu mengatur gerakan pasukanmu di medan perang. Cukup atur serangan skill apa yang dilancarkan avatarmu dan target serangannya. Namun, kamu juga bisa membiarkan pasukan bergerak full auto, dan terus terang jauh lebih efisien ketika melepaskan skill, terutama penyembuhan, dibandingkan ketika ditekan secara manual.

Hero

Inti dari permainan ini adalah bagaimana kamu mengembangkan avatarmu. Semakin baik avatar milikmu, maka semakin sulit dikalahkan pula nantinya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih avatar yang tepat, atau dengan kata lain, lebih mahal harganya dibandingkan avatar standar.

Untuk mendapatkan avatar yang berkualitas tinggi, kamu harus mampu membelinya. Namun, membeli avatar tidak semudah ketika kamu membeli majalah misalnya. Kamu harus membeli kepingan atau shard di toko, atau mendapatkannya dari hadiah penyelesaian misi/quest, mengumpulkannya sampai jumlah tertentu, dan setelah lengkap barulah ia dapat digunakan. Persiapkan dirimu, sebab inilah hal yang membutuhkan banyak modal dan waktu.

Semakin tinggi kekuatan avatarnya, maka shard yang perlu dikumpulkan juga semakin banyak. Setelah itu, kamu juga memerlukan lebih banyak shard tersebut untuk meningkatkan kekuatannya melalui upgrade bintang. Setiap avatar mampu memiliki hingga enam bintang, yang selain memengaruhi kekuatannya juga memperbesar kemampuan memimpinnya.

Semakin banyak bintangnya, maka pasukan yang bisa dipimpin di medan perang juga semakin besar. Pada satu bintang, avatar hanya mampu memimpin satu orang prajurit saja. Sedangkan pada bintang enam, avatar mampu membawa hingga sepuluh prajurit! Belum lagi bila menghitung prajurit tersebut juga bisa ditingkatkan kemampuannya seperti avatar!

Setiap jenis prajurit mampu ditingkatkan kekuatannya melalui beberapa cara. Misalnya, kamu bisa meningkatkan levelnya dengan menggunakan benda spesial, atau menaikkan grade-nya. Selain itu, avatar dengan jenis Minister, yang biasanya diwakili oleh tokoh pemimpin di tiga kerajaan, seperti Sun Jian, Cao Cao, dan Liu Bei juga mampu meningkatkan kemampuan prajurit, serta memperkuat kemampuan avatar dari kerajaan yang sama dengannya (Wei, Shu, atau Wu).

Fitur

Salah satu kelebihan dari game ini, yang bisa digolongkan sebagai sangat menarik, adalah begitu banyaknya feature permainan. Semakin tinggi levelmu, maka semakin banyak pula feature yang bisa kamu mainkan. Bahkan, ada pula feature untuk memperkuat avatar dan pasukan yang hanya bisa digunakan setelah kamu mencapai level tertentu.

Mulai dari feature yang penting untuk memperkuat tim sampai hal lain, misalnya untuk mengumpulkan pil penambah level melalui mengawal kereta kuda, atau melawan pemain lain guna memperebutkan pangkat di dalam pasukan juga ada. Meskipun terlihat remeh, tetapi harus diakui bahwa hal inilah yang mampu membuat pemainnya lebih lama menghabiskan waktunya. Selain itu, feature tersebut juga mampu menghilangkan sedikit kebosanan atas kegiatan monoton ketika memperkuat avatar.

Beberapa feature yang menarik untuk diperhatikan adalah adanya kesempatan untuk mengatur kota jajahan. Pertempuran yang terjadi di dalam mode campaign ternyata diterjemahkan sebagai perebutan kota dari tangan kerajaan lain. Meskipun pengaturannya cukup sederhana saja, misalnya mengumpulkan kayu untuk kemudian digunakan sebagai bahan upgrade pertahanan kota.

Pada layar pengaturan kota juga ditemui perintah lain yang cukup menarik. Melalui layar tersebut kamu bisa memerintahkan survei, dan hasilnya adalah benda acak yang berguna untuk pasukanmu. Kamu bisa melakukan hal yang menguntungkan tersebut sebanyak sepuluh kali per harinya, dan keesokan harinya kembali melakukan hal yang sama. Selain itu, kamu juga bisa menyerang kota lain, bertahan dari serangan, atau melakukan penelitian.

Bagaimana, cukup menarik bukan? Walaupun permainan intinya bisa dikatakan monoton, tetapi justru feature tambahannya mampu menambal kekurangannya. Memang, pada akhirnya semua feature tambahan tersebut hanya berguna sebagai bahan bakar peningkatan kekuatan pasukan juga, setidaknya kamu masih bisa menemukan variasi permainan. Seandainya manajemen perkotaannya dibuat lebih kompleks, tentu akan membuat game ini lebih menarik.

Shop

Konsentrasi terbesar dalam usahamu mendapatkan avatar terbaik berada pada berbelanja di Shop. Pertokoan online ini sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, dan masing-masing memberikan cara berbeda untuk membayar. Namun, pada akhirnya konten dari toko tersebut adalah sama, yaitu membeli avatar shard dan benda untuk upgrade avatar.

Untuk toko dengan basis uang asli atau Rupiah, game ini hanya menawarkan pembelian Diamond saja. Harganya sendiri berkisar dari sekitar 15 ribuan sampai sejutaan. Sedangkan untuk pembelian benda yang mampu merusak keseimbangan permainan, seperti misalnya avatar langsung jadi, game ini tidak menawarkannya. Apakah game ini tidak Pay to Win? Tunggu dulu, game ini ternyata memiliki cara lain untuk itu.

Cara tersebut berada pada penggunaan fasilitas VIP, yang terbagi hingga 15 kelas. Semakin tinggi kelas yang kamu miliki, maka keistimewaannya akan semakin besar. Memang, kamu tidak perlu membayar langsung dengan uang asli untuk member VIP. Namun, kamu perlu membelinya tidak langsung dengan penghitungan total belanja Diamond dengan Rupiah.

Keistimewaan VIP dalam permainan sangat terasa, terutama ketika kamu berusaha memperkuat pasukanmu. Pada stage yang telah kamu selesaikan dengan sempurna, dan mendapat penilaian tiga bintang, kamu dapat kembali mengulang stage tersebut otomatis dan instan melalui feature Sweep. Gunanya untuk mengumpulkan hadiah penyelesaian stage, yang biasanya berupa avatar shard, pil penambah level, uang, poin experience untuk kenaikan level, serta bahan untuk upgrade avatar dan pasukan. Berapa kali kamu bisa mengulang Sweep ternyata ditentukan oleh kelas VIP milikmu!

Jadi, pemilik VIP kelas atas jelas akan lebih cepat kuat dibanding pemilik VIP rendahan dan juga pemain gratisan. Keuntungan lainnya yang cukup besar pengaruhnya adalah anggota VIP dapat membeli prajurit dengan kekuatan beberapa kali lebih kuat dibandingkan pemain gratisan. Bila kamu berhadapan dengan pemain yang menggunakan prajurit super tersebut di arena misalnya, jangan harap bisa menang!

Tips Bermain

Pada dasarnya, cara utama untuk bisa kuat di Warlords adalah rajin bermain, atau berbelanja Diamonds yang banyak. Sebab, Diamonds memiliki peran sentral dalam peningkatan kekuatanmu. Sayangnya, serajin apapun kamu bermain, tetap akan terbentur oleh dinding bernama energi. Energi tersebut digunakan untuk bertempur dan Sweep, dan akan terisi otomatis seiring berjalannya waktu.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kejar beragam hadiah dari quest dan achievement. Biasanya, hadiah tersebut memberikan benda untuk menambah uang, benda untuk upgrade, menambah energi, bahkan Diamonds. Selalu gunakan Diamonds untuk membeli avatar shards dari toko, bukan untuk membeli avatar gacha di Terrace pada istanamu. Dengan demikian, avatar yang kamu dapatkan lebih pasti, bukan acak seperti pada gacha.

Sedangkan untuk memperkuat grade bintang dari avatarmu, lakukan Sweep harian pada semua stage yang telah mendapatkan tiga bintang. Karena keterbatasan jumlah Sweep pada pemain gratisan, maka kamu harus rela bersabar menunggu hari esok. Hampir semua avatar dapat ditemui shard-nya sebagai hadiah Sweep. Ingat, semakin banyak bintangnya, semakin banyak pula prajurit yang bisa dibawanya plus avatarnya jauh lebih kuat.

Perhatikan pula sinergi atau bond antara avatar yang kamu bawa ke medan pertempuran. Pada halaman statistik avatar, selain bisa melihat kekuatannya dan meningkatkan skill, kamu juga dapat melihat tab bond. Biasanya satu avatar memiliki hubungan erat dengan satu avatar lain. Bika kamu membawa pasangan yang tepat, kekuatan salah satunya akan meningkat besar, seperti pertahanan atau serangannya. Hal ini bisa memengaruhi kemenangan atau kekalahan ketika melawan musuh yang kuat!

Tips terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah selalu perhatikan komposisi jenis avatar yang digunakan oleh lawan, yang bisa dilihat ketika memilih stage. Bila lawanmu tidak jauh level dan power rating-nya, maka komposisi tersebut menjadi sangat penting. Namun, bila level dan power timmu jauh di atasnya, kamu tidak perlu pusing memikirkan komposisi penyerangnya! Karena sudah pasti menang. Selamat bermain!

Tags: , ,


COMMENTS