March 3, 2017

Ini Argumen Sony Xperia XZ Premium Layak Raih Gelar Smartphone Baru Terbaik di MWC 2017

Penulis: Iwan RS
Ini Argumen Sony Xperia XZ Premium Layak Raih Gelar Smartphone Baru Terbaik di MWC 2017  

MOBITEKNO – Seperti tradisi sebelumnya, GSMA (GSM Association) selaku penyelenggara perhelatan akbar Mobile World Congress (MWC) 2017 selalu memberikan penghargaan berupa '2017 Glomo Awards' kepada para individu, lembaga, atau perusahaan yang dianggap berkontribusi dalam industri mobile secara umum.

Pada MWC 2017 kali ini, Sony patut berbangga karena produk flagship terbarunya Xperia XZ Premium mendapat penghargaan sebagai 'Best New Smartphone 2017'. Penghargaan ini menjadi angin segar di tengah geliat bisnis Sony di pasar smartphone yang telah didominasi Samsung, Apple, dan beberapa vendor besar tiongkok lainnya.

Terlepas dari pro-kontra smartphone apa yang pantas mendapatkan gelar, terpilihnya Xperia XZ Premium sebagai 'Best New Smartphone 2017' menjadi bukti bahwa Sony masih memiliki sentuhan berkelas dan kecapakan tinggi dalam membuat produk smartphone yang inovatif.

Tentu ada pertanyaan, argumen apa yang melandasi GSMA memilih Xperia XZ Premium menjadi 'Best New Smartphone 2017' pada ajang WMC 2017 kali ini. Terlebih masih ada smartphone premium lain yang tidak kalah canggih, seperti LG G6 atau Huawei P10.

""

""

Meski masih setia dengan desain minimalis kotak yang dianutnya sekitar lima tahun ini, Sony Xperia XZ Premium berlayar 5,5 inci dan diproteksi Gorilla Glass 5 (depan dan belakang) punya beberapa keunggulan yang hingga kini belum diusung smartphone lain di pasar. 

Utamanya adalah resolusi layar IPS LCD 5,5 ini yang datang dengan resolusi sangat tinggi 3840 x 2160 pixel atau kerennya disebut layar 4K. Dengan resolusi sangat tinggi pada layar IPS LCD 'hanya' 5,5 inci, Xperia XZ Premium berarti memiliki densitas pixel hingga 807 ppi.

Layar super tajam Xperia XZ Premium berteknologi dsiplay Triluminos dan engine X-Reality ini bahkan sudah menyertakan fitur HDR10 yang masih jarang disematkan pada layar smartphone. Di samping Xperia XZ, LG G6 merupakan satu dari sedikit smartphone yang mendukung fitur HDR10 tersebut.

Argumen kedua Xperia XZ Premium layak diganjar penghargaan adalah sektor kameranya. Mengingat saat ini Sony juga merupakan produsen sensor kamera smartphone nomor wahid, Xperia XZ Premium juga membawa sensor kamera utama/belakang canggih berkualitas 19 MP (laser autofocus, PDAF, EIS).

Sensor Exmor RS IMX300 dengan fitur Motion Eye (Super slow motion playback) yang dipakainya sanggup merekam video 720p pada frame rate 960 fps. Asal tahu saja, umumnya smartphone masih terbatas kemampuan merekam videonya pada 240 fps. 

""

""

Apakah kedua faktor (layar 4K dan video 240 fps) lantas membuat Xperia XZ Premium layak menjadi smartphone terbaik di MWC 2017? Tentu saja tidak. Mengingat Xperia XZ Premium merupakan segelintir smartphone yang sudah diperkuat dengan chipset Snapdragon 835 (selain Galaxy S8/S8+), berbagai keunggulan chipset terbaru Qualcomm ini pun termuat pada Xperia XZ Premium.

Salah satu fitur yang dianggap inovatif pada Xperia XZ Premium adalah Qnovo adaptive charging. Dengan fitur yang baru mendukung Snapdragon 835 ini, proses charging cepat (Quick Charge 4.0) bukan hanya mempercepat proses pengisian baterai tapi juga bisa memperlama usia baterai hingga dua kali lipat.

Fitur Qnovo adaptive charging dapat mendeteksi perubahan formasi Lithium metal plating saat proses charging. Sistem monitor baterai real-time ini akan mengetahui adanya anomali sel baterai yang berpotensi membua hubungan pendek dalam baterai (short circuit). Seperti diketahui, hubungan pendek menjadi salah satu biang keladi terbakarnya baterai pada Galaxy Note 7.

Dari ketiga argumen tadi rasanya cukup berasalan jika Xperia XZ Premium akhirnya pantas mendapat gelar sebagai 'Best New Smartphone 2017' dari GSMA.

Sayangnya, Sony belum menentukan kapan jadwal pasti tahun ini Xperia XZ Premium hadir di pasar global. Di sampin G6 dan P10, Xperia XZ yang dibanderol sekitar US$ 800 ini akan berhadapan dengan tiga smartphone menarik lainnya yang bakal dirilis tahun ini, yaitu Samsung Galaxy S8, iPhone 8, dan Oneplus 5.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS