February 3, 2017

Konsep Pemkot Bandung Entas Kemiskinan Hadir di Kitabisa.com

Penulis: Eko Lannueardy
Konsep Pemkot Bandung Entas Kemiskinan Hadir di Kitabisa.com  

MOBITEKNO – Pemkot Bandung menggagas konsep "Family for Family" dalam mengentaskan kemiskinan. Family for Family sengaja dipilih agar masyarakat internasional bisa terlibat. Secara sederhana, kampanye ini menerapkan konsep keluarga asuh dimana keluarga mampu akan mengasuh keluarga miskin.

Program ini rencananya akan dijalankan mulai akhir Februari 2017 dengan meluncurkan situs online yang dikerjakan bersama situs galang dana Kitabisa.com. Saat ini kampanye Family for Family telah mulai diujicobakan dan dapat diakses oleh para calon donatur melalui tautan berikut.

Dikutip dari akun Instagram Ridwan Kamil, Walikota Bandung, ia menuturkan bahwa tahun 2017 ini, salah satu fokus Pemkot adalah mengentaskan (masyarakat) miskin dengan jalur cepat. "Kami sedang memulai gerakan sosial sederhana dimana satu keluarga mapan mengasuh satu keluarga tidak mampu."

Selanjutnya, berbagai profil keluarga miskin yang telah mendapatkan keluarga asuh akan ditampilkan secara online di situs kitabisa.com/partners/fff. Lewat situs tersebut, setiap keluarga asuh bisa melihat profil keluarga yang ingin dibantu, menyalurkan bantuan dengan mudah, dan mendapatkan update secara transparan.

"Family for Family merupakan inisiatif yang sangat baik dari Pemkot Bandung dalam menggunakan teknologi guna meningkatkan partisipasi publik. Ini merupakan trobosan yang menarik, karena perkembangan teknologi harus dioptimalkan untuk kepentingan yang jauh lebih bermanfaat bagi masyarakat," ujar Alfatih Timur, CEO Kitabisa.com

Pada program Family for Family keluarga mapan bisa mengetahui latar belakang keluarga yang akan dibantu, melalui profil keluarga miskin yang akan dipublikasikan, mulai dari lokasi tempat tinggal hingga kebutuhan hidup. Bahkan, keluarga pengasuh mungkin bisa membantu mencarikan atau memberikan pekerjaan.  

Masa asuh dan pembinaan sendiri ditetapkan selama satu tahun. Setelah itu, keluarga prasejahtera diharapkan sudah bisa mandiri dan berdikari. Untuk memastikan bantuan dari keluarga mampu sampai kepada ketujuan, Pemkot Bandung juga mengandalkan sukarelawan yang akan menyampaikan bantuan sekaligus mengawasi.

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES