February 3, 2017

Ini Konsep Desain Idaman Nokia P1 Hasil Karya Concept Creator

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ini Konsep Desain Idaman Nokia P1 Hasil Karya Concept Creator  

MOBITEKNO – Generasi baru smartphone Nokia di bawah payung HMD (HMD Global Oy) mulai menjadi perbincangan konsumen smartphone Android setelah Nokia 6 diumumkan di ajang CES 2017 pada Januari lalu. Meski bukan tergolong smarpthone kelas tinggi (SoC Snapdragon 430, RAM 4 GB, storage 64 GB , kamera 16 megapixel, baterai 3.000 mAh),  Nokia 6 bisa menjadi indikasi seperti apa samrtphone flagship Nokia nanti.

Setelah CES 2017, Nokia juga akan mengumumkan kehadiran Nokia 6 di pasar global dan informasi menyangkut samrtphone Nokia seri lainnya di perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2017 di Barcelona Februari-Maret nanti. Salah satu yang ditunggu konfirmasinya adalah smartphone high-end Nokia 8. Seri Nokia yang satu ini banyak dianggap merupakan perwujudan produk final dari produk prototipe Nokia P1.

Rumor terakhir menyebutkan jika Nokia 8 dengan Android Nougat v7.0 ini akan berlayar di atas 5 inci (5,2, 5,3, atau 5,7 inci) dengan resolusi tinggi (QHD) dan diproteksi oleh Corning Gorilla Glass 5. Seperti Nokia premium generasi sebelumnya, kamera menjadi salah satu andalan dengan pemakaian sensor berkualitas di atas 20 MP (22 MP atau 24 MP dengan fitur OIS, EIS, Carl Zeiss optics).

""

""

Bagian dapur pacunya dikabarkan akan memakai prosesor high-end Snapdragon 821 atau Snapdragon 835 yang didukung RAM 4/6 GB, dan internal storage 64/128 GB. Informasi resmi mengenai smartphone Nokia dengan spesifikasi high-end sempat dilontarkan Nokia China melalui social media Weibo. Mereka mengakui saat ini sedang menggarap smartphone (belum disebutkan serinya) dengan Snapdragon 835 meski pengumuman resminya mungkin belum terjadi dalam waktu dekat ini (MWC 2017).

Jawaban ini cukup masuk akal mengingat smartphone chip/SoC Snapdragon 835 menurut kabar terakhir saat ini masih diborong oleh konsumen nomor satunya, Samsung, untuk digunakan pada smartphone Galaxy S8 yang akan dirilis April nanti. Jadi, kemungkinan yang terjadi adalah seri Nokia yang bakal rilis dalam waktu dekat ini mungkin masih diperkuat dengan prosesor Snapdragon 820 atau 821. Apakah nantinya seri tersebut akan menyandang nama Nokia 8 (Nokia P1) atau seri lain masih belum dapat dipastikan.

Sambil menunggu kepastiannya, salah satu desainer, Concept Creator, mencoba menawarkan konsep desain Nokia P1 yang sangat menggoda. Dalam video YouTube, Concept Creator hanya menyatakan spesifikasi Nokia P1 yang selama ini bocor, seperti kamera 22 MP, RAM 6 GB, dan memori internal 256 GB. 

Pada video ditunjukkan bagaimanan konsep Nokia P1 bersasis metal ini menyertakan slot SIM hybrid (sisi kiri) dan kamera utama (belakang) 22 MP yang didukung tiga LED flash. Adapun sisi kanannya ditemui tombol power dan volume, serta satu tombol lainnya (diperkirakan untuk memotret).

Pada bagian bawah memberi konfirmasi adanya port/jack audio standar 3.5 mm, USB tipe-C, dan speaker. Di bagian depan, terlihat bagaimana Nokia 8 datang dengan bezel tipis yang di bawahnya terdapat tombol fisik 'Home' yang kemungkinan besar juga menyertakan fungsi fingerprint scanner (sensor sidik jari).

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS