March 2, 2017

Nokia perkenalkan Nokia WING, Layanan Berbasis IoT untuk Buka Peluang Bisnis Baru

Penulis: Desmal Andi
Nokia perkenalkan Nokia WING, Layanan Berbasis IoT untuk Buka Peluang Bisnis Baru  

MOBITEKNO – Adanya Internet of Things (IoT) membuat berbagai hal menjadi semakin mudah, seperti dalam sektor transportasi, kesehatan, utilitas, hingga keamanan. Konektivitas yang fleksibel dalam IoT mampu mengurangi kompleksivitas bagi banyak perusahaan dalam mengatur bisnisnya. Inilah yang membuat Nokia menghadirkan IoT Network grid Global, atau Nokia WING, yang menawarkan konektivitas IoT untuk menjawab kebutuhan dalam bidang-bidang tadi. 

Nokia WING akan mengelola berbagai kebutuhan konektivitas dan layanan IoT untuk aset-aset konsumen sehingga aset tersebut dapat diakses dari manapun. Hal ini tentunya bisa menguntungkan banyak perusahaan, terutama jika harus melakukan kerja sama dengan banyak penyedia layanan teknologi di dunia. 

Mengacu pada teknologi canggih dan keahlian layanan Nokia, Nokia WING dapat diterapkan dengan mudah dan cepat untuk menyediakan konektivitas dimanapun, pengelolaan berlangganan dan perangkat, keamanan dan analisis bagi banyak perusahaan. Konektivitas dimungkinkan dengan peralihan cerdas antara jaringan seluler dan non-seluler. Misalnya, sebuah kontainer pengiriman yang terhubungkan dengan satelit di laut dapat beralih ke jaringan seluler yang ada di dekat pelabuhan. 

“Nokia menawarkan sebuah pendekatan inovatif untuk pemberdayaan IoT dengan konektifitas IoTnya sebagai sebuah penawaran layanan yang dikelola, kata Alexandra Rehak, head Ovum’s IoT Practice. “Penawaran baru ini memanfaatkan luasnya portofolio teknologi dan kekuatan keahlian Nokia dalam desain dan manajemen jaringan, dan seharusnya membuka peluang-peluang bisnis baru bagi para konsumen operator dan perusahaan besar. Penawaran tersebut menawarkan sebuah pendekatan baru untuk membantu para penyedia layanan dalam memperluas jaringan yang sudah ada dan perjanjian kemitraan mereka dan dengan cepat mengatasi tantangan di pasar-pasar baru sekaligus fokus pada kompetensi-kompetensi inti mereka,” tambah Rehak. 

Dalam Nokia WING, Nokia akan menawarkan sebuah model layanan lengkap yang meliputi penyediaan, operasional dan keamanan, penagihan, dan layanan khusus pelanggan perusahaan dari pusat layanan untuk operasi-operasi penting. Perusahaan tersebut akan menggunakan platform IMPACT IoT miliknya sendiri untuk manajemen perangkat, manajemen berlangganan, dan analisis. Manajemen berlangganan dari Nokia IMPACT untuk eSIM akan secara otomatis mengkonfigurasi konektivitas ke jaringan penyedia layanan komunikasi saat aset perusahaan melintasi batas geografis.    

“Konektifitas IoT sebagai sebuah layanan yang dikelola merupakan sebuah jawaban bagi banyak perusahaan untuk penerapan IoT saat ini yang terhambat oleh tambal sulam dalam perjanjian bisnis untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia,” ujar Igor Leprince, head Global Services Nokia. “Nokia WING akan memberikan satu jaringan IoT global. Kita tidak dapat melakukan ini sendiri, dan kami menghimbau para penyedia layanan komunikasi di seluruh dunia agar berkolaborasi dengan kami sehingga kami dapat memperluas manfaat dari dunia yang terhubungkan ke lebih banyak industri,” tutup Igor. 

Tags: , , ,


COMMENTS