March 2, 2017

Ada Sesuatu yang Baru dari Gmail, Apakah Itu?

Penulis: Iwan RS
Ada Sesuatu yang Baru dari Gmail, Apakah Itu?  

MOBITEKNO – Gmail yang pengguna aktif bulanannya (MAU) sudah di atas 1 miliar sejak tahun lalu ini kembali menghadirkan peningkatan layanan bagi kenyaman penggunanya. Perbaikannya terletak fungsi e-mail yang sering gunakan pengguna, yaitu file attachment atau file lampiran.

Selama ini, Gmail selalu mematok ukuran file maksimum untuk attachment adalah 25 MB, baik untuk e-mail yang masuk (incoming) dan keluar/dikirim (outgoing). Hari ini, Google akhirnya sedikit melonggarkan aturan limit ukuran file maksimum sejalan dengan semakin besarnya kebutuhan file atau dokumen yang dikirimkan pengguna.

Terhitung mulai hari ini pengguna Gmail akan dapat menerima mail dengan attachment file hingga berukuran 50 MB. Perlu diketahui, ukuran attachment file ini tidak berlaku untuk e-mail yang akan dikirimkan. Jadi pengguna Gmail hanya dapat menerima e-mail dengan file attachment hingga 50 MB dari seseorang yang menggunakan layanan e-mail lainnya (di luar Gmail).

Tentu saja solusi ini tidak begitu penting jika pengguna Gmail sudah terbiasa berkirim file attachment fasilitas Google Drive yang selama ini sudah terintegrasi dengan Gmail. Selama ini Google lebih merekomendasikan fasilitas Drive bagi pengguna yang ingin mengirimkan atau sharing file berukuran besar. Bahkan Drive sanggup meladeni file berukuran hingga 5 TB dengan asumsi akun Drive pengguna (berbayar) sudah menyediakan kapasitas penyimpanan (storage) yang cukup menampung file tersebut.

 

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS