January 2, 2017

Wah, Foxconn Berencana Gantikan Pekerja dengan Robot

Penulis: Desmal Andi
Wah, Foxconn Berencana Gantikan Pekerja dengan Robot  

MOBITEKNO – Saat ini, untuk alasan mengejar biaya yang lebih rendah dan kuantitas tanpa harus mengurangi kualitas, banyak pabrik yang bergerak di industri manufaktur mulai melakukan otomatisasi dengan memanfaatkan robot-robot industri untuk mengolah sebuah produk. Foxconn, industri manufaktur yang memproduksi iPhone dan berbasis di Tiongko tampaknya akan melakukan hal yang sama. Salah satu alasan Foxconn karena mereka ingin memindahkan produksi dari Tiongkok ke Amerika Serikat.

Informasi mengenai rencana Foxconn ini dilontarkan oleh Dai Jia-Peng, Manager Foxconn Automation Technology Development Commitee, seperti dikutip dari DigiTimes Taiwan. Menurut Dai,  Foxconn bahkan sudah merencakan tiga tahap untuk beralih menggunakan tenaga robot dalam pabriknya.

Tahap pertama adalah mengganti tenaga kerja manusaia dengan robot dalam sebuah individual workstation. Di sini, robot akan mengerjakan tugas-tugas yang dianggap berbahaya jika dilakukan oleh pekerja manusia atau bahkan pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan oleh tangan manusia. Tahap kedua adalah menggunakan robot dengan skala yang lebih besar daalam sebuah proses produksi. Tahap terakhir adalah menggunakan robot dengan meminimalkan jumlah pekerja manusia dalam proses pengawasan, pemeriksaan, dan pengujian.

Dai juga menilai bahwa pabrik yang dimiliki Foxconn saat ini yang berada di kota Chengdu, Shenzhen, dan Zhengzhou telah siap melaksanakan tahap kedua dan ketiga. Saat ini, hampir setengah jumlah iPhone di dunia diproduksi di pabrik Zhengzhou yang sudah memiliki proses otomatisasi.

Foxconn sendiri saat ini telah menggunakan sekitar 40.000 robot untuk bekerja di pariknya dan menurut Dai, Foxconn mampu untuk membangun sekitar 10 ribu robot setiap tahunnya.

Sumber: DigiTimes

Tags: , , , ,


COMMENTS